Kemenpar Gelar APWI 2018

APWI 2018 (Ist)

Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata (Kemenpar) kembali akan menggelar Anugerah Pewarta Wisata Indonesia (APWI) 2018 sebagai ajang penghargaan bagi pewarta pariwisata seluruh Indonesia dengan hadiah total sebesar Rp300 juta.

Ajang APWI 2018 ditujukan kepada para pewarta yang membuat karya feature dari surat kabar, majalah, media online, televisi, hingga blogger. Pendaftaran dibuka mulai Kamis, 18 Oktober 2018 dan akan ditutup pada 8 November mendatang.

Kepala Biro Komunikasi Publik Guntur Sakti mengatakan, APWI 2018 kali ini mengangkat tema Destinasi Digital. “Seperti yang kita tahu, destinasi digital yang menjadi salah satu program prioritas Kemenpar pada tahun ini gencar digaungkan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Destinasi digital mengikuti trend perkembangan pariwisata di era digital dan generasi millennials, destinasi yang viral di dunia maya, hits di sosmed dan instagrammable” kata Guntur Sakti dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Kamis (18/10/2018).

Adapun ajang APWI 2018 dapat diikuti para pewarta wisata se-Indonesia dengan mengirimkan karya feature dan tayangan program pariwisata yang sudah ditayangkan serta terpublikasikan di media cetak, online, dan televisi serta blog pada periode Januari hingga 7 November mendatang yang dibuktikan dengan penerbitan di majalah, surat kabar, link berita, dan copy tayang.

Panitia penyelenggara APWI 2018 mensyaratkan setiap peserta hanya dibolehkan mengikuti satu dari lima kategori, yaitu Surat Kabar, Majalah, Media Online, Televisi dan Blogger. Para peserta dapat mengirimkan maksimal tiga artikel atau tayangan feature berupa hasil scan atau link berita ke alamat email panitia: apwi.kemenpar@gmail.com.

Selanjutnya bukti pemuatan karya feature para peserta wajib dikirim melalui pos dan disertai fotokopi indentitas penulis (KTP atau ID Pers) ke alamat panitia: Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata, Gedung Sapta Pesona Lantai 2, Jalan Medan Merdeka Barat No 17 Jakarta Pusat 10110 dengan menuliskan ‘Peserta APWI 2018’ di pojok kiri amplop.

Khusus untuk kategori tayangan televisi dikirim dalam bentuk DVD. Karya feature harus karya asli dan panitia berhak menggugurkan pemenang apabila dikemudian hari tulisan terbukti bukan karya asli. Acara penganugerahan kepada para pemenang APWI 2018 oleh Menpar Arief Yahya akan berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kemenpar pada 6 Desember mendatang.

Para pemenang sebagai juara juara I, II dan III serta harapan I dan II dari masing-masing kategori (Surat Kabar, Majalah, Media On-line, Televisi dan Blog) akan mendapat hadiah berupa uang dan trophy dari Menpar Arief. Akan ada satu pemenang dari lima kategori ini yang akan dipilih sebagai ‘best of the best’ dengan hadiah uang sebesar Rp100 juta.

Apresiasi ini dilakukan oleh Biro Komunikasi Publik sebagai bentuk penghargaan atas konsistensi, dediksi serta upaya para pewarta yang terus berkarya dan turut serta dalam mempublikasikan pariwisata Indonesia. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

SightSeeing

Menginap di Homestay Dekat dengan Masyarakat

Larasati Sedyaningsih Wisatawan yang traveling ke salah satu 10 Bali baru, yakni Joglosemar (Jogja, Solo, Semarang), utamanya yang memilih berkunjung ke Candi Borobudur dapat memilih menginap di homestay. Demikian disampaikan

Culture

Kontribusi Wisman Great Batam Tentukan Capaian Target 17 Juta

Kepala Biro Komunikasi Publik Kemenpar Guntur Sakt (kedua dari kiri) (Ist) Kontribusi wisatawan mancanegara (wisman) melalui pintu masuk utama (Great) Batam/Kepri sangat menentukan dalam pencapaian target  pariwisata nasional tahun ini

Destinations

Hotel Santika Premiere ICE BSD City Penuh untuk PATA Travel Mart 2016

Sky Lounge 15 di Hotel Santika Premiere ICE BSD City (Ist) Penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016 di venue Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten pada 7 hingga 9

World Heritage

Turis Asing ke Indonesia tak Melihat Kalender Event

Asyiknya keliling Solo dengan Sepur Kluthuk Jaladara (Ist) Upaya pemerintah daerah (Pemda) untuk memperkenalkan dan menjual keunggulan destinasi wisata yang ada di daerah masing-masing memang pantas diberikan apresiasi. Kendati demikian,

Destinations

Banten Harus Punya Homestay yang Memadai

Wisatawan Nusantara di Tanjung Lesung (Ist) Pemerintah memasang target membangun 20 ribu homestay tahun 2017 dan destinasi wisata yang termasuk 10 Bali baru akan menjadi priortias, seperti Tanjung Lesung di