Kemenpar “Goes To Campus” Bekali Mahasiswa UI Pelatihan Pariwisata

Suasana goes to campus di UI (Ist)

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) melalui program “goes to campus” membekali mahasiswa di Universitas Indonesia (UI) pelatihan pariwisata dalam upaya menciptakan kader sadar wisata aktif.

Asisten Deputi Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan antar Lembaga Kemenpar Wisnu Bawa Tarunajaya saat pelatihan dasar SDM Goes To Campus di Universitas Indonesia, Depok, Senin (13/5/2019) mengatakan, pelatihan yang digelar bertujuan meningkatkan wawasan kepariwisataan bagi mahasiswa.

Hal ini penting mengingat mahasiswa dapat menjadi kader atau agen kepariwisataan karena memiliki kecenderungan aktif pada berbagai platform media sosial.

“Saat ini kita bisa melihat kecenderungan mahasiswa atau bisa disebut kaum milenial, kalau berkunjung ke tempat wisata biasanya langsung mengupload foto atau video, sehingga mampu menarik orang lain untuk mengunjungi lokasi wisata tersebut, secara tidak langsung mereka telah membantu memperkenalkan potensi wisata yang dimiliki,” katanya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Rabu (15/5/2019).

Kegiatan yang dihadiri 500 mahasiswa Universitas Indonesia ini memiliki misi untuk mewujudkan mahasiswa yang memahami alur proses, bisnis pariwisata, dan kebijakan pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pariwisata.

“Mahasiswa sebagai ‘agent of change’ di lingkungan masyarakat merupakan tumpuan besar tujuan dalam mendukung pengembangan pariwisata. Karena mahasiswa memiliki idealisme dan prinsip yang dapat dikembangkan apabila dapat ditunjang dengan motivasi dan pembelajaran yang tepat,” kata Wisnu.

SDM Pariwisata Goes To Campus juga menghadirkan beberapa narasumber yang memiliki kompetensi di bidang pariwisata antara lain Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga, Pariwisata dan Kebudayaan Kota Depok Wijayanto, Direktur Pengembangan Karir Lulusan dan Hubungan Alumni Universitas Indonesia Erwin Nurdin, dan praktisi pariwisata Dian Octarin.

Wisnu juga menjelaskan, peran serta mahasiswa sangat diharapkan dalam memahami kondisi terkini pariwisata nasional, sehingga mereka dapat memahami peta konsep kepariwisataan nasional untuk bekal kewirausahaan dalam bidang pariwisata.

“Perguruan tinggi atau para akademisi sangat berperan dalam pengembangan sektor kepariwisataan salah satunya adalah peningkatan kapasitas SDM kepariwisataan melalui berbagai program pengabdian maupun riset,” kata Wisnu. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Heritage

Triathlon Semakin Digemari di Indonesia

Festival Pesona Tanjung Lesung (Ist) Olahraga triathlon rupanya kini semakin digemari di Indonesia. Penggemar olahraga yang menggabungkan renang, sepeda, dan lari ini kian berkembang di Tanah Air. Menariknya olahraga ini

Tourism

Mei, Yacht Australia ke Pulau Cinta

Pulau Cinta di Gorontalo (Ist) 40 yacht dikabarkan bakal memasuki kawasan timur Indonesia. Mereka berasal dari Filipina dan Australia rencana menuju Pulau Cinta, Gorontalo. “Kami terus berbenah, perbaiki destinasi menjelang

All About Indonesia

Legalitas Mutlak untuk Anggota FPMDI

FPMDI buka puasa bersama (Ist) Media online yang tergabung di Forum Pimpinan Media Digital Indonesia (FPMDI) menyadari pentingnya legalitas sehingga keberadaan FPMDI bisa semakin banyak mendapat pengakuan publik. Adanya legalitas

Tour Package

Travel Agent Perancis Promosikan Pariwisata Indonesia

Roadshow di Toulouse, Perancis (Ist) Sales Mission di empat kota Perancis yang diadakan dari 26 hingga 30 September 2016 berakhir dengan sukses. Kegiatan Roadshow ini menggunakan jurus 3 S yaitu Solid,

Airlines

Ninik Irawan, Woman Traveler yang Tertarik Raja Ampat

Ninik Irawan (tengah) (Ist) Ninik Irawan, seorang woman traveler mengaku pada tahun ini tertarik untuk traveling ke Raja Ampat, Papua Barat.  Koordinator Bidang Domestik dan Minat Khusus ASITA Jakarta ini

SightSeeing

Sumsel sebagai Center of Excellence Wisata Olahraga

Menteri Pariwisata Arief Yahya (berdiri) (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menetapkan Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai Pusat Layanan Unggulan atau Center of Excellence wisata olahraga di Indonesia. Menpar Arief Yahya