Kemenpar “Goes To Campus” Bekali Mahasiswa UI Pelatihan Pariwisata

Suasana goes to campus di UI (Ist)

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) melalui program “goes to campus” membekali mahasiswa di Universitas Indonesia (UI) pelatihan pariwisata dalam upaya menciptakan kader sadar wisata aktif.

Asisten Deputi Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan antar Lembaga Kemenpar Wisnu Bawa Tarunajaya saat pelatihan dasar SDM Goes To Campus di Universitas Indonesia, Depok, Senin (13/5/2019) mengatakan, pelatihan yang digelar bertujuan meningkatkan wawasan kepariwisataan bagi mahasiswa.

Hal ini penting mengingat mahasiswa dapat menjadi kader atau agen kepariwisataan karena memiliki kecenderungan aktif pada berbagai platform media sosial.

“Saat ini kita bisa melihat kecenderungan mahasiswa atau bisa disebut kaum milenial, kalau berkunjung ke tempat wisata biasanya langsung mengupload foto atau video, sehingga mampu menarik orang lain untuk mengunjungi lokasi wisata tersebut, secara tidak langsung mereka telah membantu memperkenalkan potensi wisata yang dimiliki,” katanya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Rabu (15/5/2019).

Kegiatan yang dihadiri 500 mahasiswa Universitas Indonesia ini memiliki misi untuk mewujudkan mahasiswa yang memahami alur proses, bisnis pariwisata, dan kebijakan pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pariwisata.

“Mahasiswa sebagai ‘agent of change’ di lingkungan masyarakat merupakan tumpuan besar tujuan dalam mendukung pengembangan pariwisata. Karena mahasiswa memiliki idealisme dan prinsip yang dapat dikembangkan apabila dapat ditunjang dengan motivasi dan pembelajaran yang tepat,” kata Wisnu.

SDM Pariwisata Goes To Campus juga menghadirkan beberapa narasumber yang memiliki kompetensi di bidang pariwisata antara lain Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga, Pariwisata dan Kebudayaan Kota Depok Wijayanto, Direktur Pengembangan Karir Lulusan dan Hubungan Alumni Universitas Indonesia Erwin Nurdin, dan praktisi pariwisata Dian Octarin.

Wisnu juga menjelaskan, peran serta mahasiswa sangat diharapkan dalam memahami kondisi terkini pariwisata nasional, sehingga mereka dapat memahami peta konsep kepariwisataan nasional untuk bekal kewirausahaan dalam bidang pariwisata.

“Perguruan tinggi atau para akademisi sangat berperan dalam pengembangan sektor kepariwisataan salah satunya adalah peningkatan kapasitas SDM kepariwisataan melalui berbagai program pengabdian maupun riset,” kata Wisnu. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Slideshow

Melihat Peruntungan di Tahun 2016

Logo President University (Ist) Komunitas Keluarga Mahasiswa Buddhist (KMB) Ashokavardhana President University mengadakan kegiatan Tahun Baru China yang biasa disebut Cap Gomeh bertajuk ‘Light up the Spirit of Chinese New

Destinations

Kemenpar dan BRI Luncurkan Kartu Kredit BRI Wonderful Indonesia

Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Esthy Reko Astuti (kanan) (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) melakukan kerja sama co-branding  Wonderful Indonesia yang diwujudkan dalam Kartu Kredit BRI

Travel Operator

‘Presiden Jokowi Care terhadap Pariwisata’

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kemeja putih) dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Perhatian pemerintah untuk sektor pariwisata Indonesia rupaya tidak main-main. Bahkan, Presiden Jokowi sangat serius memberikan dukungan untuk peningkatan kualitas

Tourism

patainanews.com Mengucapkan Selamat HUT ke-23 PT Pelindo III

Logo PT Pelindo III (Ist) Manajemen, redaksi dan staf patainanews.com mengucapkan selamat untuk PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III yang pada 1 Desember 2015 merayakan HUT ke-23. Sukses untuk PT Pelindo

Travel Operator

Akhir Pekan Traveling ke Pulau Pahawang

Pasir putih yang bersih menggoda wistawan untuk bermain di bibir pantai Pulau Pahawang (A Bobby Pr) Masih ingat film Finding Nemo? Film itu mengisahkan petualangan Ikan Nemo dan Ikan Dori.

Slideshow

CC Terbesar di Tanjung Perak Siap Beroperasi

Twinlift petikemas di TPS (Ist) Container Crane baru PT Terminal Petikemas Surabaya nomor 14 di dermaga internasional, Selasa (4/4/2017) telah resmi memberikan layanan bongkar muat penuh untuk kapal CSCL Santiago