Kemenpar Promosikan Paket Asian Games 2018 di Natas Travel Fair

WhatsApp Image 2018-03-27 at 19.22.30

Kementerian Pariwisata bersama pelaku bisnis pariwisata berpartisipasi di pameran pariwisata internasional National Association of Travel Agents Singapore (NATAS) Fair di Singapore Expo (Ist)

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bersama pelaku bisnis pariwisata kembali berpartisipasi pada pameran pariwisata internasional National Association of Travel Agents Singapore (NATAS) Fair di Singapore Expo pada 23 hingga 25 Maret 2018.

Pada pameran consumer show (B to C) terbesar di Singapura tersebut, delegasi Indonesia menempati ruang pamer (stan Wonderful Indonesia) seluas 81m2, desain booth adalah Kapal Pinisi dengan menampilkan daya tarik destinasi Bali dan Kepulauan Riau (Kepri) sebagai tema utama.

Kemenpar menggandeng 18 exhibitor, terdiri atas 11 pelaku usaha travel agent/travel operator dan 7 usaha akomodasi dari Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Yogyakarta, Bali, dan Nusa Tenggara Barat untuk berusaha merebut peluang dengan menawarkan paket-paket wisata unggulan destinasi masing-masing di ajang Natas Travel Fair 2018.

Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) I Gde Pitana mengatakan, hasil pengumpulan kuisioner dari penyebaran yang dilakukan melalui 18 exhibitor selama dua hari pameran di Natas Travel Fair 2018, diperoleh total potensial transaksi sebanyak 334 appointment dan diperkirakan sebanyak 2.190 penumpang, dengan nilai keseluruhan mencapai Rp6,001 miliar.

“Kita juga mengumpulkan data kuisioner dari pengunjung yang bersedia mengisi form online sebanyak 363 responden, menyatakan bahwa destinasi yang paling mereka minati adalah Kepri, Yogyakarta-Bromo-Malang, Bandung dan Bali,” kata I Gde Pitana dalam siaran pers yang diterima patainanews.com yang diterima patainanews.com, Selasa (28/3/2018).

Kemenpar juga mempromosikan paket wisata Asian Games 2018 kepada masyarakat di Singapura agar tertarik berkunjung ke Indonesia menyaksikan pesta olahraga terbesar se-Asia tersebut yang berlangsung di Jakarta dan Palembang.

“Beberapa paket wisata Asian Games 2018 yang telah dirancang oleh industri pariwisata juga ditawarkan, ada 151 paket wisata dengan 70%-nya terkonsentrasi di tiga lokasi venue Asian Games 2018 yakni; Jakarta, Jawa Barat/Banten dan Palembang,” ungkap I Gde Pitana.

Untuk menarik minat pengunjang dan exhibitor negara lain pada NATAS 2018, booth Wonderful Indonesia menyiapkan coffee testing dan pagelaran budaya, serta kegiatan pelayanan informasi dan distribusi bahan promosi. Natas Travel Fair 2018 diikuti 87 exhibitors lokal dan internasional, antara lain dari China, Jepang, Eropa, Mauritius, Ethiopia, Hawaii, Sri Lanka, Taiwan, Fiji, Uzbekistan, dan Selandia Baru.

Selama dua hari pameran pengunjung yang datang diperkirakan mencapai 70 ribu orang. Singapura merupakan salah satu negara anggota ASEAN yang menjadi fokus pasar pariwisata Indonesia. Tahun 2017 lalu jumlah wisman Singapura ke Indonesia sebanyak 1.512.813 wisman atau tumbuh 2,72% dibandingkan 2016, dengan pengeluaran mencapai US$ 157,73 per hari atau tertinggi nomor dua di Asia Tenggara dan nomor tiga di Asia setelah Brunei Darussalam (US$ 161,51) dan Sri Lanka (US$ 158,87).

Kemenpar tahun ini mentargetkan kunjungan wisman Singapura sebanyak 1,7 juta wisman dari target nasional sebanyak 17 juta wisman. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Culture

Anak Muda, Keliling Indonesia Lebih Seru Ketimbang ke Luar Negeri

Falentina Cotton (kanan) (Ist) Pemerintah tengah bekerja keras mewujudkan target Presiden Jokowi mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia hingga 2019 mendatang. Karenanya anak muda yang dikenal suka dengan

Slideshow

Batik Lindy Ann Tampil dalam Fashion Show Sahid J Walk

Batik Lindy Ann (Ist) Batik Lindy Ann memastikan tampil dalam pembukaan fashion show Sahid Jogja Walk atau yang biasa disebut Sahid J Walk yang akan digelar di Yogyakarta pada Desember

Heritage

Promosi Pariwisata Indonesia itu Penting

Founder dan Chairman Jababeka Group SD Darmono (kanan) Promosi menjadi kata kunci untuk memperkenalkan Indonesia, termasuk destinasi wisata yang tersebar di Nusantara sehingga bisa menarik minat wisatawan mancanegara semakin banyak

Airlines

Wonderful Indonesia Mejeng di Russia 2018

Wonderful Indonesia promosi di Russia 2018 (Ist) Kementerian Pariwisata memanfaatkan momentum Piala Dunia 2018 untuk semakin menggaungkan Wonderful Indonesia di mata dunia. Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, olahraga sepak bola

Heritage

Akses Kian Banyak, Jumlah Kunjungan Wisman Melonjak

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya boleh tersenyum. Upaya menjaring wisatawan mancanegara semakin menunjukkan progress positif. Kegetolan Menteri Pariwisata yang mantan Dirut PT Telkom ini dalam

Airlines

Gerakan Sadar Wisata di Labuan Bajo

Sadar Wisata di Labuan Bajo (Ist) Labuan Bajo, destinasi yang pernah dikunjungi Gwyneth Paltrow dan Valentino Rossi tak pernah sepi dari pemberitaan. Selain pembenahan infrastruktur fisik, ada juga Gerakan Sadar