Kemenpar Tingkatkan Kualitas SDM Pariwisata di Bali

Keindahan di Bali (Ist)

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terus berupaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pariwisata melalui roadshow pelatihan kepariwisataan ke berbagai kampus atau universitas di Indonesia.

Salah satunya dalam program Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan Bagi Guru SMA/SMK Kabupaten Karangasem dan Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan Goes to Campus di Politeknik Negeri Bali. Misinya untuk membentuk kualitas SDM Pariwisata berstandar global.

Asisten Deputi Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan Antarlembaga Wisnu Bawa Tarunajaya, di Politeknik Negeri Bali, Selasa (30/4/2019) menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan Kapasitas dan Awareness SDM Bidang Kepariwisataan bagi mahasiswa/i.

“Diharapkan pula setelah kegiatan selesai, Mahasiswa/i yang telah mengikuti pelatihan dapat mengenal konsep- konsep dasar dan produk kepariwisataan dan menjadi agent of change di bidang kepariwisataan,” kata Wisnu dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Kamis (2/5/2019).

Pesona Pulau Dewata menarik minat wisatawan (Ist)

Wisnu juga menjelaskan, kegiatan yang diikuti 180 peserta yang terdiri dari guru sekolah SMA dan SMK se-Kab Karangasem ini untuk meningkatkan Kapasitas dan Awareness SDM Bidang Kepariwisataan bagi Guru.

“Diharapkan pula setelah kegiatan selesai, para guru yang ada di Kabupaten Karangasem dapat menjadi perpanjangan tangan Kementerian Pariwisata dalam memviralkan destinasi pariwisata Indonesia dan branding Wonderful/Pesona Indonesia melalui media sosial,” ujarnya.

Wisnu juga berharap, peran sentral mahasiswa dan mahasiswi dalam berperan aktif untuk terus mempromosikan pariwisata Bali melalui media sosial.

“Generasi muda dapat menjadi ujung tombak dalam mengembangkan pariwisata di Bali melalui sosial media,” ujarnya.

Pihak Kemenpar sendiri berharap, kegiatan Goes To Campus seperti ini diharapkan bisa dilakukan secara berkelanjutan, mengingat pelatihan dasar tentang pariwisata sangat penting disampaikan kepada generasi muda terkhusus bagi mahasiswa/mahasiswi.

“Program untuk menciptakan SDM pariwisata yang berkualitas dan profesional sangat penting untuk mendukung pengembangan pariwisata Indonesia,” tambah Wisnu. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Nature

Kualitas Wisman Selaras dengan Kuantitas

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Mancanegara Kementerian Pariwisata I Gde Pitana, Ketua AKSES Suroto, GM Pacto Baliprima Holidays Rika Larasati, dan Praktisi MICE PNJ Christina L Raudatin menjadi narasumber dalam FGD

Festival

SVF 2019 Angkat Citra Sanur Sebagai Destinasi Wisata Berkelanjutan di Bali

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Penyelenggaraan Sanur Village Festival (SVF) 2019 yang berlangsung pada 21 hingga 25 Agustus 2019 diharapkan dapat semakin meningkatkan dunia pariwisata di Bali, khususnya Sanur sebagai

Airlines

Menanti Kerja Sama Putri Pariwisata Indonesia dengan Bupati Banyuwangi

Revindia Carina (1st Runner-up Putri Pariwisata Indonesia 2017) (paling kiri) yang akan berangkat menuju Miss Global Beauty Queen 2017, dan Johnie Sugiarto, CEO El John Indonesia (mengenakan Batik) (Ist) Revindia

Indonesia itu Bagus

Sanova Melayani Sepenuh Hati di Sanova Skincare

Sanova (Ist) Cantik, smart, dan ramah. Begitu yang terlihat dari sosok satu ini. Tak ketinggalan Sanova pun terlihat energik dalam mengelola Sanova Skincare. Ya, hobi yang ditekuni secara serius juga

World Heritage

Menpar Arief Yahya Promosikan Kopi Indonesia di ITB Berlin

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) (Ist) Kenikmatan kopi Indonesia turut dipromosikan dalam pameran pariwisata terbesar di dunia, Internationale Tourismus Borse (ITB) Berlin, Jerman. Promosi dilakukan langsung Menteri Pariwisata Arief Yahya

SightSeeing

Sumsel Manfaatkan Asia Triathlon 2017 Promosi Wisata Jaring Wisatawan

Kepala Dinas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga (kanan) berpose bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Pemerintah provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) optimistis kunjungan wisatawan Nusantara dan turis asing