Kemenparekraf Ajak Jurnalis India Eksplor Lombok

Wisatawan di Lombok (Ist)

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengajak jurnalis, dan travel blogger serta youtuber asal India lebih mengenal destinasi Lombok sebagai salah satu Bali Baru melalui familirization trip (fam trip) pada 3 hingga 10 November mendatang.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kemenparekraf Nia Niscaya mengatakan, Fam Trip bertema Bali and Beyond ini merupakan salah satu strategi pemerintah untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara khususnya dari India.

Adapun pemilihan Lombok sebagai destinasi yang dikunjungi bertujuan mengenalkan wisata unggulan lain di Indonesia yang juga kerap disebut ‘Bali Baru’.

“Sebagai salah satu destinasi wisata yang dipromosikan sebagai Bali Baru, Lombok punya potensi luar biasa untuk menarik kunjungan wisman termasuk dari India,” ujar Nia Niscaya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Selasa (5/11/2019).

Bekerja sama dengan Malindo Air serta Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Mumbai, para peserta yang berjumlah sembilan orang tiba di Bali pada Minggu (3/11/2019) setelah terbang menggunakan Malindo Air dengan rute Mumbai atau New Delhi-Kuala Lumpur-Bali. Mereka lalu melanjutkan perjalanan ke Lombok pada Senin (4/11/2019).

Rangkaian Fam Trip di Lombok meliputi kunjungan ke Bukit Merese, Pantai Tanjung Aan, Desa Ende Sasak, Desa Penghasil Kerajinan Tenun Sukarara, Desa Sentra Kerajinan Gerabah Banyumulek, Gili Meno, Gili Trawangan, serta menyicipi kajian kuliner khas Lombok.

Nia menjelaskan, belum adanya penerbangan langsung menjadi salah satu tantangan dalam mendatangkan wisman dari India. Karena itu Kemenparekraf berupaya menarik wisman India melalui hub Kuala Lumpur.

“Kita mau coba manfaatkan hub Kuala Lumpur selain Singapura, dan akhirnya kita kerja sama dengan Malindo Air,” jelas Nia Niscaya.

Selain mulai menjajaki kerja sama dengan airlines, Kemenparekraf juga merangkul Wholeseller dan Online Travel Agent (OTA) untuk mempromosikan pariwisata tanah air.

Tercatat sejak Januari hingga Oktober 2019 jumlah wisman asal India yang berkunjung ke Indonesia berjumlah 506.062, lebih besar dari periode yang sama di tahun lalu yakni sebanyak 487.256 wisman.

Untuk tahun ini ditargetkan kunjungan wisman India ke Indonesia mencapai 700.000 wisman.

Harapan serupa disampaikan oleh Kepala Badan Promosi dan Pengembangan Pariwisata Daerah (BPPD) Lombok Tengah Ida Wahyuni Sahabudin. Ia berharap melalui kegiatan ini jumlah wisman India yang berkunjung ke Indonesia, khususnya Lombok bisa meningkat

“Wisman paling banyak berkunjung ke Lombok berasal dari Australia dan Eropa Barat seperti Belanda, Jerman, dan Perancis. Kalau dari India jumlahnya masih terbilang kecil,” jelas Ida Wahyuni. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Airlines

Lembaga Keuangan Diharapkan Perbesar Peluang Pembiayaan Konsep Arsitektur Nusantara

Anneke Prasyanti, Ketua Tim Percepatan Pengembangan Homestay Desa Wisata (tengah) (Ist) Lembaga keuangan di Indonesia diharapkan semakin memperbesar dan memberikan porsi khusus bagi pengembangan konsep arsitektur Nusantara sebagai salah satu

World Heritage

Status Bandara Raden Inten II Diharapkan Dongkrak Wisman ke Lampung

Launching Lampung Krakatau Festival (LKF) ke-29 (Ist) Kenaikan status Bandara Raden Inten II menjadi bandara internasional diharapkan mampu mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Provinsi Lampung. “Naiknya status Bandara Raden

Hotel

Pelni Lifestyle Tawarkan Pengalaman Perjalanan Laut yang Unik

PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) telah mengembangkan bisnisnya ke arah pariwisata sejak Maret 2015 silam dengan meluncurkan “PELNI Lifestyle”. Adapun manajemen PT PELNI melihat bahwa transportasi laut kini tidak hanya

Tour Package

Wisatawan Keluhkan Kebersihan Destinasi Wisata di Cirebon

Foto: Rombongan wisatawan Nusantara dari Jakarta ketika mengunjungi Keraton Kasepuhan Cirebon, Gua Sunyaragi, dan Rumah Kerajinan Kerang Multi Dimensi di Cirebon, Jawa Barat (Ist) Pesona beberapa destinasi wisata di Cirebon,

Heritage

Berburu Kopi Liong Bulan Ketika Traveling ke Bogor

Kopi Liong Bulan (Ist) Anton Ristiono, seorang wisatawan Nusantara mengaku menikmati perjalanan wisata kuliner ke Taman Ria Ade Irma Suryani (Taman Topi) di Bogor, Jawa Barat. Menariknya ia yang traveling