Kemenparekraf Ajak Travel Agen Arab Saudi Famtrip ke Malang

Wisatawan di Coban Rondo (Ist)

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar kegiatan Familiarization Trip (Famtrip) untuk para Travel Agent asal Arab Saudi ke Malang dan Bali.

Famtrip yang digelar pada 25 Oktober hingga 2 November mendatang bertujuan memperkenalkan secara langsung kepada para peserta akan destinasi unggulan wisata Indonesia yang memiliki kriteria sesuai dengan wisatawan asal Arab Saudi.

Famtrip merupakan tindak lanjut dari Sales Call Arab Saudi yang telah dilaksanakan pada 9-14 Oktober 2019. Sebanyak lima peserta dari TA/TO yang sebelumnya telah ditemui pada kegiatan Sales Call akan meng-eksplore Bali dan Malang. Hal ini senada dengan pernyataan Asdep Pengembangan Pemasaran II Regional III Kemenparekraf R Sigit Witjaksono.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang berkesinambungan, setelah kita melakukan sales call untuk bisa bertemu dan menjalin kerja sama dengan wholesaler, mereka langsung diajak merasakan sendiri keindahan destinasi Indonesia. Diharapkan setelah kegiatan ini selesai wholesaler dapat membuat paket dan menawarkannya kepada calon wisman asal Arab Saudi,” kata Sigit dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Rabu (31/10/2019)

Dengan begitu jumlah wisatawan mancanegara (wisman) asal Arab Saudi diharapkan dapat meningkat melalui penjualan paket wisata yang dibuat oleh wholesaler Arab Saudi baik melalui platform B to B ataupun B to C.

Menurut Sigit, tingginya minat wisman Arab Saudi untuk berkunjung ke Indonesia perlu dibarengi dengan promosi destinasi wisata di Arab Saudi, terutama promosi destinasi baru, karena selama ini yang banyak dikenal wisman Arab Saudi hanya destinasi Jakarta, Puncak, Bandung, dan Bali. Hal ini diungkapkan oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kemenparekraf Nia Niscaya.

“Bali merupakan destinasi yang sangat cocok bagi wisatawan asal Arab Saudi, karena memiliki pantai yang indah juga daerah Ubud yang sejuk. Dan Malang sebagai salah satu destinasi baru yang terus dipromosikan tahun ini kepada masyarakat Arab Saudi, mempunyai daerah yang sejuk dan mempunyai banyak theme park yang cocok untuk keluarga asal Arab Saudi,” ujar Nia.

Peserta Fam Trip berada di Malang pada 25-29 Oktober 2019 dengan tujuan meliputi Gunung Bromo, Jatim Park 2, Museum Angkut, Air Terjun Coban Rondo, dan Kampung Jodipan. Sedangkan di Bali pada 29 Oktober-2 November 2019, peserta akan mengunjungi Bali Bird Park, Bali Pulina Plantation, Ayung River Rafting, Bali Hai Beach Club, dan melihat Kawasan Nusa Dua.

Bagi wisatawan Arab Saudi, Indonesia memiliki kondisi iklim alam yang berbeda dengan negaranya. Adanya berbagai destinasi seperti hutan hujan tropis, pegunungan yang hijau, sawah, serta curah hujan yang lebat menjadi daya tarik tersendiri bagi bangsa Arab untuk berwisata di Indonesia.

Selain itu, Arab Saudi pun merupakan salah satu pasar yang diharapkan dapat mendorong jumlah wisatawan dari negara-negara Teluk Persia dan sekitarnya. Peningkatan jalur konektivitas dari Negara Timur Tengah, khususnya Arab Saudi, diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan Arab Saudi. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Tour Package

Museum Lesung di Festival Pesona Bahari

Festival Pesona Bahari Tanjung Lesung (Ist) Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung, Banten bakal menggelar Pesona Bahari Tanjung Lesung pada 18 hingga 20 November 2016. Pastikan traveler berkunjung ke ujung barat

SightSeeing

patatravelmart2016.com, Pusat Informasi PATA Travel Mart 2016

President/CEO PAT Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (kiri) berpose bersama dengan Head of Sales and Marketing Siti Karmila (tengah) dan President Director Deutshe Mess Venue Operations Aage Hansen (Ist) PATA Indonesia Chapter

Festival

Grand Tjokro Hotels Tambah Hotel

Suasana peresmian Hotel Grand Tjokro Bandung (Ist) Hotel Grand Tjokro Bandung yang tergabung dalam Grand Tjokro Hotels Indonesia memperkenalkan diri kepada publik sebagai hotel bintang empat yang baru berdiri di

Slideshow

HPN 2016 Harus Lambungkan Wisata Halal

  Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) (Ist) Salah satu upaya pemerintah Indonesia mengejar target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 20 juta orang pada 2019 mendatang adalah dengan mempromosikan konsep wisata

Slideshow

PATA Travel Mart 2017 akan Tingkatkan Kunjungan Wisman ke Indonesia

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (ketiga dari kanan) di PATA Travel Mart 2017 di Makau (Ist) Penyelenggaraan PATA Travel Mart 2017 di Makau diyakini bisa memberikan dampak positif terhadap

Hotel

Kemenpar Inisiasi Pencanangan Gerakan Jurnalisme Ramah Pariwisata

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama wartawan Posisi Indonesia di peta dunia berada di daerah Cincin Api (Ring of Fire), yang merupakan julukan bagi daerah yang memiliki sejarah ujian bencana yang