Kementerian Pariwisata Promosi Danau Toba di Yogyakarta

Pembukaan Table Top misi penjualan destinasi wisata prioritas Danau Toba di Yogyakarta

Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggelar kegiatan misi penjualan destinasi pariwisata prioritas Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut) di Yogyakarta.

Misi penjualan dengan memfasilitasi industri pariwisata, yakni travel agent/travel operator untuk melakukan table top dan penjualan langsung paket-paket wisata ke Danau Toba yang berlangsung di Hotel Marriott Yogyakarta dan Hartono Mal Yogyakarta selama tiga hari mulai Jumat (7/9/2018) hingga Minggu, 9 September mendatang untuk meningkatkan perjalanan wisatawan Nusantara (wisnus) ke Danau Toba yang termasuk dalam 10 Bali baru sekaligus mendukung program Pesona Indonesia yang tahun ini mentargetkan 270 juta perjalanan wisnus di Tanah Air.

Kegiatan misi penjualan destinasi Danau Toba yang secara resmi dibuka Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Aris Riyanta bersama Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Masruroh tersebut selain menggelar table top yang mempertemukan industri pariwisata Sumut dengan pelaku bisnis pariwisata Yogyakarta dan sekitarnya juga ditampilkan kesenian dan talkshow menampilkan narasumber dari kalangan industri, pemerintah daerah/pusat, serta akademisi untuk memberikan informasi terkini seputar perkembangan destinasi wisata Danau Toba.

Acara tersebut juga diramaikan dengan games dan lomba serta demo kuliner dengan menyajikan kuliner khas Danau Toba dan Sumut.

Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Masruroh menjelaskan, kegiatan misi penjualan ini sebagai strategi untuk menarik pergerakan wisnus dari DIY sebagai salah satu sumber wisnus yang sangat potensial ke destinasi Danau Toba yang dikembangkan sebagai destinasi prioritas atau Bali Baru berkelas dunia.

“DIY dan Jateng merupakan dua provinsi di Indonesia sebagai sumber wisnus yang kita coba jaring agar berkunjung ke Danau Toba pada musim liburan tahun ini,” kata Masruroh dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Masruroh mengatakan, destinasi wisata prioritas Danau Toba yang dikembangkan sebagai destinasi kelas dunia telah didukung dengan unsur 3A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesilibitas) yang sangat memadai sehingga diharapkan menjadi destinasi favorit bagi wisnus dari DIY sekitarnya.

Setiap minggu Danau Toba memiliki atraksi atau festival budaya, sedangkan untuk amenitas di sana banyak tersedia dengan berbagai pilihan dari mulai hotel berbintang hingga homestay.

“Untuk aksesibilitas sangat menarik adanya penerbangan langsung dari Yogyakarta ke Bandara Internasional Silangit (Danau Toba) yang dilayani oleh 3 maskapai nasional; Garuda Indonesia, Lion Air, dan Wings,” kata Masruroh seraya mengatakan dalam beberapa bulan ini tiket pesawat Yogyakarta-Silangit PP dijual dengan harga diskon (murah) oleh perusahaan penyedia online dan diharapkan akan mendorong pergerakan wisnus ke Danau Toba.

Seperti diketahui pada 2016 silam distribusi perjalanan wisnus menurut daerah asal didominasi dari provinsi di Pulau Jawa yakni Jawa Timur sebesar 17,22%, Jawa Barat 16,21%, Jawa Tengah 14,91%, DKI Jakarta 5,59%, DIY 5,31%, dan Banten 2,60%. Sementara itu dari daerah asal Sumatera Selatan 2,78%, Sulawesi Selatan 3,47%, Sulawesi Utara 3,49%, dan Bali 3,56%. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Airlines

Progress Pariwisata NTB

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kanan) (Ist) Kondisi pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB) yang terus berkembang merupakan salah satu hasil dari kolaborasi yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dengan pemerintah daerah setempat.

Tour Package

Menteri Pariwisata Apresiasi Pariwisata Cilacap

Pesona Cilacap di Sodong Culture Symphony 2018 (Ist) Pesona Cilacap di Jawa Tengah bakal kembali bergairah. Eksotismenya, pantainya, keragaman budayanya bakal kembali dieksplor habis-habisan. Semuanya akan tersaji dengan keren di Sodong

Culture

Arief Yahya Siapkan 19 Calon Jawara di UNWTO

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Semangat 3 C (Calibration, Confidence, Credibility) terus digelorakan Menteri Pariwisata Arief Yahya untuk menjadi pemain global. Semua lini di konversi ke dalam global standar agar

Slideshow

Kemilau Indonesia Photo Contest 2017 Menggali Keunikan Baru di 10 Bali Baru

Press conference KICP 2017 (Ist) Kemilau Indonesia Photo Contest (KICP) 2017 diharapkan mampu menggali keunikan dan potensi-potensi wisata baru di 10 destinasi yang ditetapkan sebagai Bali Baru di Indonesia. Ketua

SightSeeing

Arief Yahya Sarankan Aceh Ikuti Standar GMTI

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Untuk mewujudkan mimpi Aceh menjadi destinasi wisata halal kelas dunia, maka Aceh harus mengikuti standar internasional. “Jika ingin menjadi pemain dunia, gunakan standar global,” saran

Indonesiaku

Tito Dirikan Posko Pengaduan Caleg Mantan Napi Korupsi

Tito Hananta (Ist) Pengacara Tito Hananta Kusuma mendirikan posko pengaduan bagi calon anggota DPR, DRRD, dan DPD. Siaran pers yang diterima patainanews.com, Selasa (10/4/2018) menulis bahwa Tito memberikan kesempatan kepada