Keno Optimistis Target 20 Juta Wisman Tercapai

WhatsApp Image 2017-08-13 at 12.35.14

Kenova Arundhati (Ist)

Pemerintah serius merealisasikan target Presiden Jokowi bisa mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia hingga 2019 mendatang. Selama ini upaya yang dilakukan pemerintah terlihat tak pernah berhenti dalam mempromosikan pariwisata Nusantara hingga ke mancanegara.

Karenanya Kenova Arundhati memberikan apresiasi terhadap kerja keras pemerintah menjawab pesan yang disampaikan Presiden Jokowi. Keno, begitu ia biasa disapa, menuturkan bahwa pariwisata negeri ini berkembang pesat dan menjadi kado manis untuk HUT RI ke-72.

“Perkembangan pariwisata hingga 72 tahun Indonesia Merdeka sangat luar biasa. Indonesia mampu membuktikan kepada dunia melalui campaign branding Wonderful Indonesia di luar negeri dan Pesona Indonesia di dalam negeri. Tim marketing, publikasi, dan kreatif di Kementerian Pariwisata telah berhasil membawa sektor pariwisata menjadi salah satu andalan dengan menaikkan sumber pendapatan negara, terutama di daerah-daerah,” tuturnya ketika dihubungi patainanews.com, Jumat (18/8/2017).

WhatsApp Image 2017-08-11 at 21.15.09

Keno, sapaan akrab Kenova Arundhati yang optimistis 20 juta turis asing tertarik ke Indonesia hingga 2019 mendatang (ist)

Perempuan berparas cantik ini menyebut sejumlah contoh destinasi wisata di Nusantara yang menarik bagi wisman. “Wilayah Indonesia tengah dan timur, seperti Raja Ampat, Lombok, Flores, Toraja, Bunaken, Wakatobi, Buton, Nusa Tenggara Timur, Sumba, dan lainnya. Masyarakat Indonesia telah aware akan kekayaan alam dan objek wisata yang tersebar di Tanah Air, dan mulai mengeksplor lebih dalam untuk spot-spot seru, baik sebagai peluang bisnis atau penikmat wisata dalam negeri. Saya sendiri merupakan bagian keduanya, pelaku bisnis dan penikmat wisata dalam negeri. Kalau kita bisa bisnis and pleasure dalam satu gebrakan, kenapa tidak?,” papar Keno yang juga Founder Vintage House Production PT RUMAH TUA MEDIA.

Keno yang diketahui juga menyukai budaya Nusantara, khususnya Batik Indonesia mengaku optimistis 20 juta wisatawan mancanegara akan tercapai jika semua pihak bergandengan tangan, terutama di daerah-daerah supaya semakin di-support untuk kegiatan dan event-event yang ada.

Baginya sinergi pentahelix, yakni pemerintah, akademisi, bisnis, komunitas, dan media massa memang diperlukan untuik mengembangkan dan memrpomosikan pariwisata Indonesia. “Salah satu contohnya adalah yang telah Vintage House Production lakukan dulu bersama Pemkab Buton dalam partisipasi kegiatan Fotografi Internasional Competition yang mampu mengundang hampir 100 fotografer dari 50 negara,” ungkapnya.

WhatsApp Image 2017-08-11 at 21.15.08

Kenova Arundhati penyuka Batik khas Nusantara (Ist)

Menurut perempuan yang mengakui juga menyukai traveling di Tanah Air ini, kegiatan yang digelar di daerah begitu beragam dan begitu banyak bisa dilakukan pemerintah daerah setempat, utamanya acara-acara di daerah digelar dinas pariwisata daerah dan kebudayaaan setempat.

“Seperti Cirebon misalnya untuk Festival Nadran, atau ritual-ritual lainnya di Keraton Kasepuhan Cirebon. Dan berbagai kegiaran menarik yang berkaitan dengan pariwisata dan budaya di daerah lainnya,” ujarnya. Ia pun tak melupakan peran KBRI di luar negeri untuk ikut mempromosikan pariwisata Indonesaa.

“Bekerja sama dengan KBRI di luar negeri akan sangat membantu promosi pariwisata Indonesia di skala internasional,” ucapnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Heritage

Memandang Laut dari Bintang Galesong Takalar

Sunset di Bintang Galesong (Ist) Wisata bahari sepertinya kental dengan Takalar. Sejumlah destinasi wisata bahari di kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan memang mengundang wisatawan, baik wisatawan domestik maupun turis

Heritage

Ulos Diusulkan ke UNESCO sebagai World Intangible Cultural Heritage

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan akan mendukung Ulos, kain khas masyarakat Batak, Sumatera Utara (Sumut) untuk diusulkan

Nature

Mahasiswa STP Bandung Antusias Ikut MariMenulis.org

Mahasiswa STP Bandung tengah mendengarkan pemaparan dari President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo mengenai pariwisata Indonesia (Ist) Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung tampak antusias belajar menulis mengenai beragam potensi

Heritage

ICE Kebanggaan Indonesia

Siti Karmila (Ist) Presiden Jokowi diketahui telah meresmikan ICE (Indonesia Convention Exhibition (ICE) yang berdiri di atas lahan seluas 22 hektare di Bumi Serpong Damai, Banten, Selasa (4/8/2015). Ya, ICE

Slideshow

Erupsi Gunung Agung, Wisatawan Masih Bisa Traveling ke Destinasi Wisata Indonesia

Rainier H Daulay (Ist) Erupsi Gunung Agung yang ada di Bali tak perlu membuat industri pariwisata Indonesia panik sebab wisatawan, khususnya turis asing masih tetap bisa datang ke Indonesia untuk

Tour Package

JAS Jadi Official Partner Wonderful Indonesia

Adji Gunawan, CEO JAS Airport Services (kelima dari kanan) foto bersama dalam PKS  Wonderful Indonesia Co Branding Forum. Kini JAS Airport Services resmi menjadi official partner Kementerian Pariwisata (Ist) JAS