Ketika Generasi Milenial Memilih Pariwisata

Press conference World Tourism Day 2018

PATA Indonesia Chapter, Ikatan Cendekiawan Pariwisata Indonesia (ICPI), dan Kementerian Pariwisata memperingati Hari Pariwisata Dunia atau World Tourism Day (WTD) 2018, dengan menggelar perayaan yang mengusung tema Tourism And The Digital Transformation pada 27 hingga 28 September 2018 di Jakarta.

World Tourism Day 2018 ini didukung antara lain Podomoro University, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Universitas Pancasila, Universitas Bunda Mulia, President University, Universitas Pelita Harapan, HILDIKTIPARI, El John Indonesia, Tanjung Lesung dan lainnya.

Adapun tema WTD 2018 menyoroti kebutuhan akan investasi dalam teknologi digital yang dapat membantu perkembangan lingkungan hidup masyarakat untuk inovasi dan kewirausahaan di bidang pariwisata. Rangkaian Hari Pariwisata Dunia 2018 juga diadakan Konferensi Pariwisata bagi Insan Pariwisata Muda atau kaum milinial yang dilaksanakan untuk kali pertama dengan mengambil tema Digital Technology Trends For The Youth Market.

Tujuan konferensi tersebut adalah untuk saling tukar menukar gagasan (ide) dan pengalaman diantara pegiat pariwisata muda termasuk mahasiswa pariwisata dari berbagai daerah yang memiliki keanekaragaman budaya dan ekologi sehingga interaksi mereka akan memprovokasi komunikasi dan dialog serta memberikan pengalaman belajar yang tak tertandingi guna mengangkat keunikan dan keotentikan daerahnya masing-masing sebagai suatu destinasi pariwisata yang berdaya tarik dan berdaya saing tinggi.

Mereka berkumpul dan berdiskusi serta menunjukkan berbagai kebolehan dan keunggulannya dalam mendesain dan memproduksi video pendek guna mempromosikan pariwisata di media sosial. Acara ini sekaligus memberikan penghargaan khusus kepada para pegiat dan pelaku pariwisata Indonesia yang telah memberikan kehidupannya untuk pembangunan pariwisata Indonesia.

Kategori penghargaan meliputi karya yang luar biasa dalam penciptaan dan diseminasi ilmu dan pengetahuan pariwisata atau Diseminasi Pengetahuan Pariwisata berupa Digital Marketing yang diberikan kepada Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Menariknya pada masa kini semakin banyak anak muda yang suka traveling dan mereka pun memilih kuliah di bidang pariwisata. Seiring semakin canggihnya teknologi dan tren masa kini orang yang suka traveling ternyata membuat banyak anak muda semakin tertarik untuk kuliah di bidang pariwisata.

“Generasi milenial pada masa kini semakin suka untuk melanjutkan kuliah di bidang pariwisata sebab masa depan mereka di sektor pariwisata tidak akan pernah mati,” kata Santi Palupi Arianti, Ketua Lembaga Sistem Penjaminan Mutu Internal Podomoro University menjawab patainanews.com di sela-sela perayaan World Tourism Day 2018 di Podomoro University di Jakarta, Kamis (27/9/2018).

Menurutnya, bisnis pariwisata di Tanah Air tidak akan pernah mati sebab pariwisata Indonesia semakin berkembang. Ia menuturkan bahwa sekolah pariwisata ikut membantu pemerintah untuk meningkatkan kualitas pariwisata negeri ini dengan menyiapkan sumber daya pariwisata.

“Pariwisata jadi favorit pariwisata di Podomoro University sehingga bisa menjadi tren,” ucapnya. Bahkan, lanjutnya, kondisi yang sama juga dialami di kampus lain. “Generasi milenial suka yang fun sehingga kampus pariwisata semakin diminati anak muda Indonesia,” tambahnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Travel Operator

Imelda Budiman Terkesan Pool Lumire Hotel

Imelda Budiman (Ist) Mrs Indonesia World Imelda Budiman menilai pool di Lumire Hotel & Convention Center Jakarta menarik sebab terlihat bernuansa Bali. Ia mengaku terkesan dengan Lumire Hotel. Imelda menyampaikan

SightSeeing

Banggai Brothers Gelar Banggai International Tuna Fishing Tournament 2019

Jumpa pers Banggai International Tuna Fishing Tournament (BITFT) 2019 (Ist) Turnamen mancing kelas dunia Banggai International Tuna Fishing Tournament (BITFT) 2019 yang akan digelar di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, pada 27-29

Festival

Rayakan Momen Spesial di Cafe Terbaik Hotel Santika Premiere BSD City

Acara ulang tahun di Sky Lounge 15 Hotel Santika Premiere ICE BSD City (Ist) Momen spesial tentu akan menjadi hari terbaik dalam kehidupan setiap orang, baik itu acara ulang tahun,

Airlines

Turis Asing Ramaikan Toba Gran Fondo

Ilustrasi turis asing di Indonesia (Ist) Wisatawan yang sedang ada di sekitar kawasan Danau Toba jangan hanya fokus ke Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba saja. Ada jelajah sepeda jarak jauh

World Heritage

Kereta Wisata Siap Layani Libur Akhir Tahun

Tampak dalam kereta wisata kelas Priority (Ist) Manajemen PT Kereta Api Pariwisata menyatakan telah siap melayani masyarakat Indonesia yang ingin melakukan perjalanan menggunakan jasa layanan kereta wisata ke sejumlah destinasi

Tourism

Orang Indonesia Pemegang Paspor Asing tak Bebas Visa?

Wisatawan Australia di Bali (Ist) Orang Indonesia yang ada di luar negeri, termasuk yang menetap di negeri orang yang sudah tidak memegang paspor RI, namun menggunakan paspor negara setempat tengah