Ketika Generasi Milenial Memilih Pariwisata

Press conference World Tourism Day 2018

PATA Indonesia Chapter, Ikatan Cendekiawan Pariwisata Indonesia (ICPI), dan Kementerian Pariwisata memperingati Hari Pariwisata Dunia atau World Tourism Day (WTD) 2018, dengan menggelar perayaan yang mengusung tema Tourism And The Digital Transformation pada 27 hingga 28 September 2018 di Jakarta.

World Tourism Day 2018 ini didukung antara lain Podomoro University, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Universitas Pancasila, Universitas Bunda Mulia, President University, Universitas Pelita Harapan, HILDIKTIPARI, El John Indonesia, Tanjung Lesung dan lainnya.

Adapun tema WTD 2018 menyoroti kebutuhan akan investasi dalam teknologi digital yang dapat membantu perkembangan lingkungan hidup masyarakat untuk inovasi dan kewirausahaan di bidang pariwisata. Rangkaian Hari Pariwisata Dunia 2018 juga diadakan Konferensi Pariwisata bagi Insan Pariwisata Muda atau kaum milinial yang dilaksanakan untuk kali pertama dengan mengambil tema Digital Technology Trends For The Youth Market.

Tujuan konferensi tersebut adalah untuk saling tukar menukar gagasan (ide) dan pengalaman diantara pegiat pariwisata muda termasuk mahasiswa pariwisata dari berbagai daerah yang memiliki keanekaragaman budaya dan ekologi sehingga interaksi mereka akan memprovokasi komunikasi dan dialog serta memberikan pengalaman belajar yang tak tertandingi guna mengangkat keunikan dan keotentikan daerahnya masing-masing sebagai suatu destinasi pariwisata yang berdaya tarik dan berdaya saing tinggi.

Mereka berkumpul dan berdiskusi serta menunjukkan berbagai kebolehan dan keunggulannya dalam mendesain dan memproduksi video pendek guna mempromosikan pariwisata di media sosial. Acara ini sekaligus memberikan penghargaan khusus kepada para pegiat dan pelaku pariwisata Indonesia yang telah memberikan kehidupannya untuk pembangunan pariwisata Indonesia.

Kategori penghargaan meliputi karya yang luar biasa dalam penciptaan dan diseminasi ilmu dan pengetahuan pariwisata atau Diseminasi Pengetahuan Pariwisata berupa Digital Marketing yang diberikan kepada Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Menariknya pada masa kini semakin banyak anak muda yang suka traveling dan mereka pun memilih kuliah di bidang pariwisata. Seiring semakin canggihnya teknologi dan tren masa kini orang yang suka traveling ternyata membuat banyak anak muda semakin tertarik untuk kuliah di bidang pariwisata.

“Generasi milenial pada masa kini semakin suka untuk melanjutkan kuliah di bidang pariwisata sebab masa depan mereka di sektor pariwisata tidak akan pernah mati,” kata Santi Palupi Arianti, Ketua Lembaga Sistem Penjaminan Mutu Internal Podomoro University menjawab patainanews.com di sela-sela perayaan World Tourism Day 2018 di Podomoro University di Jakarta, Kamis (27/9/2018).

Menurutnya, bisnis pariwisata di Tanah Air tidak akan pernah mati sebab pariwisata Indonesia semakin berkembang. Ia menuturkan bahwa sekolah pariwisata ikut membantu pemerintah untuk meningkatkan kualitas pariwisata negeri ini dengan menyiapkan sumber daya pariwisata.

“Pariwisata jadi favorit pariwisata di Podomoro University sehingga bisa menjadi tren,” ucapnya. Bahkan, lanjutnya, kondisi yang sama juga dialami di kampus lain. “Generasi milenial suka yang fun sehingga kampus pariwisata semakin diminati anak muda Indonesia,” tambahnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Airlines

Sambut GMT 2016, Gubernur Sumsel Promosikan Palembang

Jembatan Ampera di Palembang (Ist) Menyambut fenomena alam, gerhana matahari total (GMT) 2016 pada 9 Maret mendatang, Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin begitu percaya diri mempromosikan potensi wisata yang

Heritage

Menikmati Wisata Bahari di Pulau Pari Kepulauan Seribu

 “My beautiful Indonesia. we were there … Exploring… Enjoying… Embracing … Appreciating… Living life in my homeland”. Ayyen Tjahjadi, seorang wisatawan Nusantara yang merupakan pembaca patainanews.com bersama keluarga memanfaatkan libur Lebaran

Travel Operator

Kereta Api, Moda Transportasi untuk Traveling di Indonesia

Stasiun Gambir Indonesia adalah negeri yang kaya akan destinasi wisata yang diminati wisatawan, termasuk turis asing. Menariknya wisatawan banyak pilihan moda transportasi untuk menuju destinasi wisata, utamanya di Jawa. Pengalaman

Destinations

Turis Tiongkok Semakin Banyak ke Indonesia

Tedjo Iskandar (kanan) (Ist) Wisatawan asal Tiongkok disebut semakin banyak yang berkunjung ke Indonesia. Hal tersebut dikatakan Founder TTC Travel Mart Indonesia Tedjo Iskandar kepada patainanews.com dalam TTC Travel Mart

SightSeeing

Festival Gurame Hadir di Hotel Santika Premiere ICE BSD City

Festival Gurame (Ist) Hotel Santika Premiere ICE BSD City menghadirkan “Festival Gurame” sebagai menu andalan utama. Berbagai olahan Ikan Gurame mulai dari Gurame Asam Manis, Gurame Asam Pedas, Gurame Sambal

Hotel

Kapal Pesiar Seabourn Encore Tiga Kali Singgahi Pelabuhan Tanjung Perak

Kapal Pesiar Seabourn Encore Tiga Kali Singgahi Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya (Ist) Kedatangan kapal pesiar Seabourn Encore di Pelabuhan Tanjung Perak untuk ketiga kalinya mengundang banyak pengunjung ke Surabaya North Quay,