Ketika Teknologi Berperan Besar Promosikan Pariwisata Indonesia

pak AY

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist)

Pariwisata Indonesia kini semakin dikenal di dunia sehingga kunjungan wisatawan asing ke negeri ini semakin banyak yang tertarik datang ke beragam destinasi wisata yang ada di Nusantara yang tersebar mulai kawasan timur Indonesia hingga wilayah barat negeri ini.

Peningkatan kunjungan turis asing ke Indonesia tak lepas dari strategi Menteri Pariwisata Arief Yahya dan jajarannya di Kementerian Pariwisata dalam melakukan promosi Indonesia hingga ke mancanegara yang memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi.

Seperti diketahu, Presiden Jokowi mencanangkan target hingga 2019 mendatang ada 20 juta wisatawan mancanegara yang akan berkunjung ke Indonesia.

AY pun menggandeng Google untuk melakukan kerja sama guna mempromosikan pariwisata Indonesia di mancanegara. Rencana itu dibahas dalam pertemuan Menteri Pariwisata Arief Yahya dengan Co-Founder Google Sergey Brin di Jakarta (28/12/2015).

Kerja sama dilakukan dalam bentuk publikasi dan promosi ‘Wonderful Indonesia’ di media online internasional tersebut. Bagi AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata, promosi dalam media digital memang menjadi kebutuhan masa kini seiring kemajuan zaman dan kecanggihan teknologi. 

Belum lagi AY juga mendorong promosi melalui berbagai media sosial, seperi facebook dan twitter. AY juga dalam berbagai kesempatan menjelaskan kepada pers bahwa pentingnya melakukan promosi pariwisata nasional di berbagai jenis media massa nasional, termasuk media online.

Tak hany itu, AY menuturkan bahwa Kementerian Pariwisata mendukung Pokemon GO. Seperti diketahui, demam pokemon GO yang tengah melanda di masyarakat ternyata dianggap positif jika dilihat dari sektor pariwisata.

Menteri Pariwisata Arief Yahya bahkan mendukung jika permainan ini dimanfaatkan untuk mendorong gairah pariwisata Indonesia.

“Pemerintah umumnya normatif. Biasanya yang keterlaluan memang dilarang. Kalau saya biasa saja. Kalau main-main, ya main. Saya setuju dengan adanya pokemon. Dari segi Kemenpar ini menguntungkan,” urainya kepada pers di sela-sela Halal Bi Halal Kementerian Pariwisata di Jakarta, Senin (18/7/2016).

Ia menjelaskan bahwa pokemon menguntungkan jika bisa menunjukkan destinasi pariwisata Indonesia. “Apalagi jika diberikan reward dan publikasi,” urainya. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Slideshow

Sultan Keraton Kasepuhan Cirebon Apresiasi Kunjungan Wisatawan ke Cirebon

Rombongan wisatawan Nusantara dari Jakarta ketika mengunjungi Keraton Kasepuhan Cirebon (Ist) Sultan Keraton Kasepuhan Cirebon menyambut poisitif kunjungan wisatawan Nusantara (wisnus) ke sejumlah destinasi wisata yang ada di Cirebon, termasuk

Slideshow

Jakarta-Bandung Bebas Macet dengan Helicity Jababeka

Helipad Jababeka (Ist) PT Jababeka Infrastruktur secara resmi telah mengoperasikan Helipad Jababeka yang berlokasi di Jalan Techno Boulevard, Kawasan Industri Jababeka Tahap III. Adapun operasional secara resmi Helipad Jababeka itu

All About Indonesia

Lomba Hari Pers Nasional 2018

Logo HPN 2018 di Sumatera Barat (Ist) Sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat kembali menyelenggarakan Anugerah Jurnalistik Adinegoro, penghargaan tertinggi untuk karya jurnalistik Indonesia. Adinegoro adalah wartawan

Heritage

Cita Rasa Indonesia Semakin Kuat di Oasis Heritage Restaurant

Appetizer yang ada di Oasis Heritage Restaurant Menjadi kebanggaan tentunya kuliner asli Indonesia diminati wisatawan mancanegara. Bahkan, tak hanya sekadar bersantap menu masakan negeri ini, di Oasis Heritage Restaurant tamu

Destinations

Tanjung Lesung Gelar Rhino X-Tri

Ilustrasi bersepeda di Tanjung Lesung (Ist) Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Tanjung Lesung akan menggelar Rhino Cross Triathlon atau disebut Rhino X-Tri, sebuah ajang kejuaraan nasional cross triathlon pertama di Indonesia

Slideshow

Miss Earth Indonesia 2017, Duta Lingkungan Hidup yang Ikut Promosikan Pariwisata Indonesia

Miss Earth Indonesia 2017 Michelle Victoria Alriani (Ist) Michelle Victoria Alriani resmi terpilih sebagai Miss Earth Indonesia 2017 pada malam puncak grand final Miss Earth Indonesia 2017. Keberhasilan Michelle, begitu