#kitaIndonesia, Festival Anak Muda untuk Indonesia Lebih Baik

WhatsApp Image 2017-12-10 at 13.57.32

#kitaIndonesia (Ist)

Perubahan nyata harus melibatkan seluruh lapisan masyarakat sehingga semua akan turut serta berpartisipasi di dalam tahap awal dari titik perubahan menuju bangsa yang lebih baik. Anak muda sebagai penerus bangsa penting untuk mulai menyadari bahwa kaum mudalah yang akan berperan besar pada pembentukan citra bangsa atau biasa disebut nation branding, seperti apa Indonesia ingin dikenal itu tergantung pada aspirasi anak muda.

Atas dasar pemikiran itulah sekelompok anak muda yang peduli dengan perbaikan segala sektor di  Indonesia mengadakan sebuah acara yang bertajuk #KitaIndonesia sebagai ajang temu muka setelah beberapa saat mencari tahu bentuk dan berapa besar cinta dan bangganya kaum muda terhadap negeri ini melalui komunikasi di sosial media.

Festival yang menjaring partisipasi beragam komunitas anak muda dan masyarakat ini diadakan pada Minggu, 10 Desember 2017 di Lapangan Parkir Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwsata di Jakarta. Dalam festival #KitaIndonesia yang mengusung tagline ‘Dari Kami Untuk Indonesia’ ini menghadirkan beragam kegiatan menarik untuk masyarakat, khususnya anak muda.

Puluhan komunitas mulai dari komunitas sosial, kuliner hingga komunitas hobi akan turut berpartisipasi dalam booth yang ada di festival tersebut.  Salah satu daya tarik yang disiapkan adalah dengan dihadirkannya permainan ular tangga warna warni menggambarkan warna warninya Indonesia, representasi keberagaman Indonesia dengan ukuran sangat besar yang bisa dimainkan oleh pengunjung.

“Festival yang menjaring partisipasi berbagai komunitas mulai dari komunitas sosial, kuliner hingga hobi ini kami adakan sebagai langkah untuk mendukung upaya membangun kembali kesadaran masyarakat akan pentingnya persatuan Indonesia. Harapannya dengan tema #KitaIndonesia ini juga dapat memicu masyarakat untuk bersama-sama bersatu padu menuju perubahan Indonesia yang lebih baik. Terima kasih atas dukungan Kementerian Pariwisata yang telah mengijinkan penggunaan lokasi event ini. Dukungan pemerintah untuk pembentukan citra Indonesia di mata anak muda bisa dimulai dengan hal-hal seperti ini,” ujar Shireen Al Athrus dan Je Artofa dari perwakilan Youtuber dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Tidak hanya partisipasi komunitas, Festival #KitaIndonesia ini juga menghadirkan influencer media sosial yang saat ini digandrungi anak muda, youtuber¸ dan juga komunitas IndoMusikGram. Para pegiat media sosial ini akan berbagi pemikiran dan juga pesan persatuan #KitaIndonesia melalui diskusi dan juga musik.

Tidak hanya dihadiri oleh influencer media sosial, festival ini juga akan dimeriahkan oleh penampilan band Maliq & D’Essentials. Kegiatan yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB ini juga menghadirkan penampilan tarian tradisional Indonesia sebagai bentuk wujud keanekaragaman budaya Indonesia.

Tidak hanya itu, dari sisi kuliner akan ada banyak komunitas kuliner yang turut berpartisipasi dalam acara ini. Salah satunya akan ada Kopi Nusantara yang menghadirkan 82 varian kopi dari seluruh Indonesia. Festival #KitaIndonesia ini juga diharapkan bisa menjadi langkah awal masyarakat untuk bersama-sama membangun kembali kebanggaan akan tanah air dan menguatkan kembali semangat persatuan Indonesia.

Kegiatan ini diyakini bisa memberikan suntikan semangat kepada anak muda untuk melangkah maju menggapai cita-cita bangsa untuk berdiri sejajar dengan negara lain di dunia. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

World Heritage

Indahnya Kebersamaan LBI

Silaturahmi LBI (Ist) Indonesia kaya akan budaya khas yang diminati traveler, termasuk wisatawan mancanegara. Lintas Budaya Indonesia (LBI). Karenanya LBI sebagai wadah yang fokus dan peduli kebudayaan negeri ini yang

SightSeeing

Kalbar akan Sambut GMT 2016

Ilustrasi GMT 2016 (Ist) Fenomena alam langka, Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 yang melewati Indonesia pada 9 Maret mendatang akan menjadi momentum untuk mendongkrak sektor pariwisata. Adapun GMT ini bisa

Heritage

Melestarikan Nilai yang Terkandung dalam Songket Palembang

Songket Palembang (Ist) Palembang di Sumatera Selatan tak hanya dikenal dengan kuliner khas, seperti Pempek dan destinasi Pulau Kemaro lantaran masih ada daya tarik bagi wisatawan, yakni songket. Adapun songket

Culture

Percepat Pembangunan Homestay, Kemenpar Gandeng BTN

Kemenpar kerja sama dengan Bank Tabungann Negara untuk pengembangan homestay (Ist) Pengembangan dan ketersediaan homestay untuk meningkatkan jumlah wisatawan, terus menjadi fokus Kementerian Pariwisata, salah satunya melalui kerja sama dengan

Festival

Pemerintah Dorong 2 KEK Pariwisata di Sumbar

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B Panjaitan (Ist) Pemerintah menyiapkan kawasan wisata Mandeh dan Kepulauan Mentawai yang ada di Sumatera Barat menjadi destinasi wisata yang

Slideshow

Kaya Destinasi Wisata Bahari, Pemerintah Perlu Perhatikan Keamanan Transportasi Laut

Destinasi wisata bahari di Indonesia (Ist) Regulasi transportasi laut dan udara sudah menggunakan mazhab internasional. Hampir semua aturan sudah dibuat oleh Kementerian Perhubungan. Bahkan, SPM pelayanan angkutan penumpang kapal laut