KLHK Siapkan Program Pengelolaan Sampah Labuan Bajo

labuan bajo

Labuan Bajo (Ist)

Spirit Indonesia Incorporated kembali ditunjukkan untuk memperkuat pariwisata Indonesia di Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI) World Economic Forum (WEF). Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) ikutan action.

Sejumlah jurus ampuh langsung disiapkan untuk meningkatkan kebersihan satu dari 10 destinasi prioritas, yaitu di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. “Tujuan besarnya menjadikan Manggarai Barat yang bersih, semangat peduli lingkungan yang tinggi dari masyarakat, dan memberikan value yang lebih dari pengelolaan sampah itu bagi masyarakat,” ujar Direktur Pengelolaan Sampah KLHK Sudirman dalam siara pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Sudirman mengatakan, memberikan nilai lebih bagi masyarakat dalam pengelolaan sampah adalah hal yang penting. Sebab dengan memberikan manfaat circular economy akan lebih mudah memberi pemahaman kepada masyarakat.

Bahwa lingkungan yang bersih salah satunya bergantung pada masyarakat itu sendiri. Lalu, bagaimana caranya? Sudirman mengatakan, pihaknya akan membangun Pusat Daur Ulang (PDU) sampah dan bank sampah induk di Kabupaten Manggarai Barat.

Tidak tanggung-tanggung, kapasitas bank sampah induk pun besar. Begitu juga untuk pusat daur ulang sampah. Kapasitasnya bisa mencapai 5 ton per hari. Nantinya masyarakat atau komunitas yang ada akan diberikan pendampingan.

Bagaimana menjadikan sampah yang dihasilkan menjadi produk yang bernilai. “Sampah yang masuk nanti kita pilah-pilah dengan bagus. Yang (sampah) organik bisa jadi kompos. Yang (sampah) anorganik juga dipilah, dicacah menjadi macam-macam. Kita arahkan nanti,” ujarnya.

Bahkan untuk pengelolaan sampah organik menjadi kompos, KLHK sudah bekerja sama dengan Pupuk Indonesia. Nantinya Pupuk Indonesia akan mengambil bahan baku dari pusat daur ulang sampah di Manggarai Barat. “Nanti standarnya akan kita rapihkan. Bahan pupuknya akan disesuaikan dengan standar yang diminta Pupuk Indonesia,” jelas Sudirman.

Saat ini pematangan program dan kerja sama sedang dikerjakan. Ditargetkan, pusat daur ulang sampah di Manggarai Barat akan terealiasi di bulan Juni 2018 mendatang. “Kita akan ajak pemda dan edukasi masyarakat,” jelasnya.

Tidak hanya di Labuan Bajo, konsep serupa juga akan diterapkan ke berbagai destinasi lainnya di Indonesia. Hal ini dikatakannya merupakan komitmen yang tinggi dari KLHK dalam mendukung salah satu sektor prioritas nasional. Yaitu pariwisata.

Apresiasi langsung dilayangkan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Ia mengatakan hal ini merupakan bentuk dari semangat Indonesia Incorporated. “Inilah yang selalu saya sebut semangat Indonesia Incorporated. Bahwa pengembangan pariwisata tidak bisa berkembang sendiri,” ujar Menpar Arief Yahya.

Ia mengatakan, disatu sisi Kabupaten Manggarai Barat akan menjadi salah satu fokus pengembangan dalam menghadapi IMF-World Bank Annual Meeting 2018. Sebab Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi yang diprediksi bakal menjadi favorit para peserta atau delegasi pertemuan Bank Dunia itu.

“Dan sesuai arahan Presiden Jokowi, Labuan Bajo akan dijadikan destinasi wisata kelas dunia,” ujarnya. Karena itulah pengelolaan sampah tentunya menjadi sangat penting. Ia pun berharap dengan dukungan penuh dari KLHK akan semakin memperkuat posisi Indonesia dalam penilaian Travel and Tourism Competitiveness oleh World Economic Forum (WEF). (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Travel Operator

Wisata Bahari Tema PATA Travel Mart 2016

Menteri Pariwisata Arief Yahya (keempat dari kiri) berfoto bersama dengan PATA Internasional dan PATA Indonesia Chapter  Wisata bahari yang menjadi andalan pemerintah dalam upaya merealisasikan target Presiden Jokowi mendatangkan 20

Tourism

Mahasiswa Poltekpar Palembang Rancang E-Volunteer Pertemukan EO dengan Pencari Kerja

Mahasiswa Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang merancang sebuah aplikasi bernama E-Volunteer, startup yang memungkinkan EO dengan mudah mencari tenaga kerja untuk sebuah event (Ist) Mahasiswa Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang merancang sebuah

Travel Operator

Herliansa Chrisnasari Puspita Serius Ikut Putri Pariwisata Indonesia 2017

Herliansa Chrisnasari Puspita (Ist) Herliansa Chrisnasari Puspita mengaku serius untuk mengikuti pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2017. Ia menjelaskan, pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2017 akan digelar pada 12 hingga 26 Agustus

Tour Package

Mengembangkan SDM Pariwisata Beltim di President University

Bunga Setya Ningrum, Dayang Belitung Timur (Beltim) (ketiga dari kiri) dan  Agha Billianda Pradana, Bujang Kecamatan Damar, Beltim periode 2017-2018 (ketiga dari kanan) (Ist) Tak bisa dipungkiri kualitas sumber daya manusia

World Heritage

Kanomas Bidik Wisata Halal

Mirfad Najib Shabibi (Ist) Sebagai salah satu negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, potensi wisata halal di Indonesia begitu besar. Karenanya manajemen PT Kanomas Arci Wisata tertarik untuk ikut mempromosikan

Indonesiaku

Zecky Alatas Mundur dari Kuasa Hukum Dhawiya

Zecky Alatas Kendati Dhawiya tetap ingin Zecky Alatas menjadi kuasa hukumnya namun pengacara Zecky Alatas telah mengambil sikap tegas, yakni memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai kuasa hukum Dhawiya. Hal tersebut