KLHK Siapkan Program Pengelolaan Sampah Labuan Bajo

labuan bajo

Labuan Bajo (Ist)

Spirit Indonesia Incorporated kembali ditunjukkan untuk memperkuat pariwisata Indonesia di Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI) World Economic Forum (WEF). Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) ikutan action.

Sejumlah jurus ampuh langsung disiapkan untuk meningkatkan kebersihan satu dari 10 destinasi prioritas, yaitu di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. “Tujuan besarnya menjadikan Manggarai Barat yang bersih, semangat peduli lingkungan yang tinggi dari masyarakat, dan memberikan value yang lebih dari pengelolaan sampah itu bagi masyarakat,” ujar Direktur Pengelolaan Sampah KLHK Sudirman dalam siara pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Sudirman mengatakan, memberikan nilai lebih bagi masyarakat dalam pengelolaan sampah adalah hal yang penting. Sebab dengan memberikan manfaat circular economy akan lebih mudah memberi pemahaman kepada masyarakat.

Bahwa lingkungan yang bersih salah satunya bergantung pada masyarakat itu sendiri. Lalu, bagaimana caranya? Sudirman mengatakan, pihaknya akan membangun Pusat Daur Ulang (PDU) sampah dan bank sampah induk di Kabupaten Manggarai Barat.

Tidak tanggung-tanggung, kapasitas bank sampah induk pun besar. Begitu juga untuk pusat daur ulang sampah. Kapasitasnya bisa mencapai 5 ton per hari. Nantinya masyarakat atau komunitas yang ada akan diberikan pendampingan.

Bagaimana menjadikan sampah yang dihasilkan menjadi produk yang bernilai. “Sampah yang masuk nanti kita pilah-pilah dengan bagus. Yang (sampah) organik bisa jadi kompos. Yang (sampah) anorganik juga dipilah, dicacah menjadi macam-macam. Kita arahkan nanti,” ujarnya.

Bahkan untuk pengelolaan sampah organik menjadi kompos, KLHK sudah bekerja sama dengan Pupuk Indonesia. Nantinya Pupuk Indonesia akan mengambil bahan baku dari pusat daur ulang sampah di Manggarai Barat. “Nanti standarnya akan kita rapihkan. Bahan pupuknya akan disesuaikan dengan standar yang diminta Pupuk Indonesia,” jelas Sudirman.

Saat ini pematangan program dan kerja sama sedang dikerjakan. Ditargetkan, pusat daur ulang sampah di Manggarai Barat akan terealiasi di bulan Juni 2018 mendatang. “Kita akan ajak pemda dan edukasi masyarakat,” jelasnya.

Tidak hanya di Labuan Bajo, konsep serupa juga akan diterapkan ke berbagai destinasi lainnya di Indonesia. Hal ini dikatakannya merupakan komitmen yang tinggi dari KLHK dalam mendukung salah satu sektor prioritas nasional. Yaitu pariwisata.

Apresiasi langsung dilayangkan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Ia mengatakan hal ini merupakan bentuk dari semangat Indonesia Incorporated. “Inilah yang selalu saya sebut semangat Indonesia Incorporated. Bahwa pengembangan pariwisata tidak bisa berkembang sendiri,” ujar Menpar Arief Yahya.

Ia mengatakan, disatu sisi Kabupaten Manggarai Barat akan menjadi salah satu fokus pengembangan dalam menghadapi IMF-World Bank Annual Meeting 2018. Sebab Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi yang diprediksi bakal menjadi favorit para peserta atau delegasi pertemuan Bank Dunia itu.

“Dan sesuai arahan Presiden Jokowi, Labuan Bajo akan dijadikan destinasi wisata kelas dunia,” ujarnya. Karena itulah pengelolaan sampah tentunya menjadi sangat penting. Ia pun berharap dengan dukungan penuh dari KLHK akan semakin memperkuat posisi Indonesia dalam penilaian Travel and Tourism Competitiveness oleh World Economic Forum (WEF). (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Heritage

Pesona Lebaran 2016 Menyentuh Pantai Angsana

Wisatawan menikmati snorkeling di Batu Anjir, spot untuk melihat terumbu karang dari Pantai Angsana Tak sia-sia Menteri Pariwisata Arief Yahya menggelar Pesona Lebaran 2016 selama libur Idul Fitri 1437 H

SightSeeing

TIFF 2017, Tomohon Bidik Wisman

Launching Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2017 (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya diwakili Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Promosi Pariwisata Nusantara (BP3N) Kementerian Pariwisata Mumus Muslim dan Walikota Tomohon Jimmy Feidie

Airlines

Menjual Destinasi Maumere

Capa Resort Maumere (Ist) Manajemen PT Petrada Widya Radahasa sebagai holding company dari Capa Resort Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengajak pengusaha tour dan travel agent untuk ikut memperkenalkan

Travel Operator

ASITA Gelar Aksi Kemanusiaan

Berita Foto: Kegiatan kemanusiaan donor darah ASITA DKI Jakarta dalam HUT ASITA ke-46 di PMI DKI Jakarta, Sabtu (21/1/2017). Kegiatan sosial ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia oleh seluruh DPD

Travel Operator

Pariwisata Indonesia Semakin Percaya Diri

Malam Penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2016 (Ist) Tanpa terasa kegiatan Anugerah Pesona Indonesia 2016 (API 2016) telah sampai akhir penyelenggaraannya. Selama perjalanan penyelenggaraan kegiatan Anugerah Pesona Indonesia ternyata mendapat sambutan sangat baik

SightSeeing

Perlu Upaya Bersama Pertahankan Pertumbuhan Tinggi Pariwisata ASEAN dengan MRA TP

Jumpa Pers MRA TP (Ist) Perlu upaya bersama untuk mempertahankan pertumbuhan pariwisata ASEAN yang meningkat, antara lain melalui peningkatan layanan pariwisata berkualitas oleh tenaga profesional sebagaimana diharapkan dalam implementasi MRA TP