Koin Kemanusiaan Sharing is Caring

WhatsApp Image 2017-07-13 at 18.04.58

Koin Kemanusiaan yang terlihat akrab dengan anak-anak panti asuhan Putra Nusa (Ist)

Sudah sejak lama filosofi manusia tak bisa hidup tanpa manusia lain. Perhatian terhadap orang lain, khususnya sesama yang membutuuhkan diperlihatkan komunitas yang tergabung dalam Koin Kemanusiaan yang membuktikan sharing is caring.

Adalah komunitas Koin Kemanusian gabungan dari PT Jababeka Tbk dan anak perusahaan (Jababeka Group), partner dan networking yang selama ini telah menjalin kerja sama yang baik. Sebut saja dalam Jababeka Group ada pimpinan dan karyawan PT Banten West Java (BWJ), pengelola destinasi wisata Tanjung Lesung di Banten yang termasuk dalam 10 Bali baru, yakni destinasi wisata prioritas yang dipromosikan pemerintah hingga ke mancanegara.

Sekadar informasi Tanjung Lesung juga sudah menjadi kawasan ekonomi khusus (KEK) Tanjung Lesung. Sementara sejumlah partner PT Jababeka, yakni Tidar Heritage Foundation yang merupakan yayasan nirlaba yang bekerja untk melestarikan budaya dan nilai luhur bangsa dan memiliki visi menjalin persaudaraan antarsesama manusia, menjembatani perbedaan untuk terciptanya perdamaian dan keharmonisan.

Masih ada The President Post, dan PATA Indonesia Chapter, organisasi pariwisata internasional di bawah Pacific Asia Travel Association (PATA). Adapun PATA Indonesia Chapter memiliki patainanews.com, media online yang berisi informasi pariwisata nasional, budaya khas Nusantara, dan kearifan lokal negeri ini serta peluang investasi di Indonesia.

Sedangkan beberapa networking, seperti Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung, Ninik Irawan selaku Direktur PT Murni Wisata yang aktif di ASITA dan ASTINDO, dan komunitas Jalan Jalan Indonesia (JJI) yang menyukai jalan jalan mengunjungi museum dan tempat-tempat heritage di Indonesia.

Kebersamaan dan silaturahmi ini terus dijaga karena ternyata ada sejumlah mantan karyawan Jababeka Group yang juga tergabung dalam komunitas Koin Kemanusiaan. Sejak 2016 lalu, komunitas ini tergerak untuk berbagi dengan sesama, utamanya mereka yang membutuhkan.

Dan, sejak tahun lalu momen Idul Fitri dan Natal dipakai komunitas Koin Kemanusiaan untuk berbagi dengan sesama yang membutuhkan sebab setelah memastikan dana yang terkumpul dianggap cukup, maka komunitas ini pun melakukan aksi kemanusiaan.

Menariknya pada tahun ini menjelang Idul Fitri 1438 H, komunitas ini melakukan aksi kemanusiaan dengan ikut donasi untuk panti asuhan Putra Nusa di Jakarta. Selepas Lebaran 2017, komunitas ini pun memutuskan mengunjungi panti asuhan yang sama untuk donasi tas sekolah, buku dan alat tulis untuk anak-anak SD dan SMP lantaran sudah masuk tahun ajaran baru.

“Tugas kita bukan hanya membangun fisik tapi sebagai sesama manusia perlu membangun karakter manusia lainnya khususnya generasi muda,” kata Ignatius Anton Prasetyo, karyawan PT BWJ kepada patainanews.com di panti asuhan Putra Nusa Jakarta, Kamis (13/7/2017).

Ferina, karyawan BWJ lainnya mengaku senang bisa ikut berpartisipasi dalam Koin Kemanusiaan. Indira Juniati, karyawan PATA Indoneaia Chapter menjelaskan bahwa dirinya ikut senang bisa berbagi untuk sesama yang membutuhkan.

“Kegiatan Koin Kemanusiaan juga merupakan silaturahmi dan kebersamaan antara kami yang masih kerja dengan teman-teman yang sudah pindah dari Jababeka Gruop,” ucapnya. Tampak anak-anak SD dan SMP di panti asuhan Putra Nusa sumringah menerima tas, buku dan alat tulis dari Koin Kemanusiaan.

WhatsApp Image 2017-07-13 at 18.02.48

Suasana di panti asuhan Putra Nusa bersama Koin Kemanusiaan (Ist)

Sinergi untuk Kemanusiaan

Pada kesempatan ini, Koin Kemanusiaan melakukan sinergi dengan Ayu Hermanu yang mengaku sejak 2015 silam telah berhasil mencetak ransel anak yang diberi label Cessbi. Ayu tercatat member JJI dan member Womanpreneur Community (WPC).

WhatsApp Image 2017-07-13 at 18.02.47

Pembagian tas, buku, dan alat tulis di panti asuhan Putra Nusa oleh Koin Kemanusiaan (Ist)

Irma Sustika, Founder dan CEO WPC menuturkan, member WPC rupanya mendapat kesempatan dari International Trade Center (ITC) untuk hadir di PATA Travel Mart 2017 di Makau pada 13 hingga 15 September mendatang. “Tak hanya itu, WPC juga bisa mengikuti World Travel Market (WTM) 2017 di London, Inggris nanti 6 hingga 8 November 2017. Semuanya itu di bawah bendaera SheTrades,” paparnya ketika dihubungi patainanews.com.

Sebelumnya WPC mendapat kesempatan untuk menembus pasar dunia lantaran WPC menerima undangan khusus dari ITC UN (International Trade Center United Nation) bekerja sama dengan Facebook Indonesia dan #SheMeansBusiness, serta didukung Australian Aid, yakni ITC mengadakan pelatihan pemasaran digital dan e-commerce bagi usaha mikro, kecil dan menengah yang dimiliki atau dipimpin pengusaha perempuan di Indonesia.

Demikian diungkapkan Irma. Ia menuturkan, nama kegiatan tersebut adalah SheTrades Workshop: Digital Marketing and E-Commerce yang digelar di Jakarta pada 5 hingga 6 Juli lalu. “Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari inisiatif ITC SheTrades melalui proyek ‘Pemberdayaan Ekonomi Perempuan di Negara-Negara Asosiasi Lingkar Samudera Hindia (IORA)”,” paparnya.

Irma menjelaskan mengenai ITC, yakni badan internasional yang didirikan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) dan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). “ITC membantu usaha kecil dan menengah di negara berkembang dan negara tertinggal untuk menjadi lebih kompetitif dalam pasar internasional, yang mana berkontribusi dalam pembangunan ekonomi yang berkelanjutan,” ucapnya.

“Siapa yang berkesampatan mengikuti Workshop ini ? Untuk kali ini, diutamakan peserta yang bisnisnya berbasis pariwisata dan tehnologi. Untuk bidang pariwisata bisa tour operator (penyelenggara tur), tour guides, penyewaan kendaraan, catering, restoran, event coordination (MICE), budaya, hotel/akomodasi , pariwisata berbasis dampak lingkungan dan pemberdayaan ekonomi, souvenir & handicraft, ecotourism, wisata edukasi, dan hal lain yang menjadi turunan untuk mendukung penguatan pariwisata Indonesia,” urainya.

Melalui seleksi ketat, Ayu Hermanu termasuk yang terpilih untuk ikut SheTrades Workshop: Digital Marketing and E-Commerce. (Gabriel Bobby)

 

 

About author



You might also like

World Heritage

Kemenpar akan Perkuat Branding 10 Destinasi Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam Jumpa Pers Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba ‘Indonesia Kerja Nyata’ di Gedung Sapta Pesona Kemenpar (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya dan jajarannya di Kementerian Pariwisata

Tourism

Tak Perlu Terbang ke Luar Negeri, Cukup di Indonesia Saja

Kalibiru Yogyakarta (Ist) Tak perlu terbang ke luar negeri ketika traveler memutuskan ingin berlibur. Cukup di Indonesia saja sebab negeri ini dikenal kaya akan pesona wisata dan budaya yang selama

Culture

Korsel Dukung Tanjung Lesung Jadi Destinasi Wisata Dunia

Berita Foto: Foto bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama delegasi Indonesia, termasuk Presiden Direktur PT Jababeka Tbk Budianto Liman (keempat dari kiri) dengan Minister of Culture, Sports and Tourism of

Nature

Memaknai Hari Batik Nasional

Karnaval Batik Indonesia oleh DPP IWAPI (Ist) Hari ini, Senin, 2 Oktober begitu mudah dijumpai orang Indonesia yang menggunakan Batik. Tak salah mereka memakai kain tradisional warisan Nusantara itu sebab

Tour Package

Banten Promosi Pariwisata di Bandung

Menteri Pariwisata Arief Yahya mendampingi Presiden Jokowi melihat langsung Karnval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 di Bandung, Sabtu (26/8/2017) (Ist) Destinasi wisata yang ada di Banten terbilang banyak. Sebut saja Tanjung

Tour Package

ASITA DKI Jakarta Launching ASITA Jakarta Travel Mart 2016

Pengurus Baru ASITA DKI Jakarta (Ist) Sebagai upaya mempertemukan buyer dan seller di Indonesia dalam industri pariwisata nasional, maka DPD ASITA DKI Jakarta memperkenalkan ASITA Jakarta Travel Mart 2016. Launching