Kompetisi Drum Online Lambungkan Musik Indonesia

WhatsApp Image 2017-10-17 at 11.46.13

Para pemenang Tama Groove Session Indonesia 2017 (Ist)

Musik dalam perkembangannya terus menunjukkan beberapa area yang bisa dijangkau melewati batasan-batasan tertentu, termasuk ruang dan waktu yang beberapa tahun yang lalu tidak setiap orang bisa mengeksplorasikan kemampuannya sehingga dapat diperlihatkan kepada orang banyak.

Namun saat ini dengan adanya media daring/online, setiap orang punya kesempatan yang sama untuk berekspresi termasuk dalam bidang musik melalui media sosial yang saat ini lebih dari separuh penduduk dunia sudah masuk ke dalam jangkauan internet.

Berbicara tentang musik, akhir-akhir ini di Indonesia sedang marak diselenggarakan berbagai kontes bakat, khususnya di media sosial youtube. PT Mahkota Musik Indonesia (MMI) setelah kesuksesannya menggagas event Flying With Ibanez pada 2014 silam yang merupakan cikal bakal Ibanez Flying Fingers yang pada akhirnya menjadi event yang diterapkan di beberapa negara di dunia, kali ini kembali mengadakan event yang sama namun ditujukan kepada seluruh drummer di Indonesia.

Event ini bertajuk Tama Groove Session Indonesia 2017, dimana ratusan entry drummer mengkuti acara ini. “Ini merupakan pencapaian yang cukup menggembirakan buat kami dengan partisipasi dari ratusan entry dari kontestan di seluruh Indonesia karena sedikit berbeda dengan instrumen lainnya, proses merekam drum jauh lebih rumit. Karena memerlukan tempat, instrumen yang cukup besar dan proses rekam audio yang harus benar-benar dipersiapkan,” ujar Patricia Dharmawan selaku GM Sales and Marketing dari PT Mahkota Musik Indonesia (PT.MMI) dalam siaran pers yang diterima patananews.com, Selasa (17/10/2017).

Tahun ini Hata Arysatya muncul sebagai pemenang, pemuda asal Lamongan Jawa Timur ini berhasil mengalahkan ratusan kontestan lain dari berbagai daerah di Indonesia.

Semua juri yang terlibat diantaranya Dirk Verbeureun (Megadeth), Noriaki Kumagai (TRIX, Ex Casiopea) dan Anika Niles (Independent Musician) sepakat menunjuk Hata sebagai pemenang karena ia memiliki aspek yang sangat baik dibanding dengan peserta lain, diantaranya adalah groove, teknik dan time accuracy, bahkan untuk time accuracy ketiga juri sepakat memberikan nilai sempurna untuk Hata.

Untuk pemenang kedua jatuh kepada Sheva Albani dari Semarang, drummer yang sering menjadi langganan juara festival drum di Semarang tersebut berhak mendapatkan Snare Tama DMP1465MVM, kemudian untuk juara ketiga dimenangkan oleh Kalonica, kontestan asal Bandung tersebut merupakan satu-satunya peserta wanita yang berhasil menembus 10 besar finalis dan akhirnya menjadi juara 3.

Atas keberhasilannya, Hata Arysatya berhak mendapatkan hadiah Tama Starclassic Exotic Maple made in Japan dan perform di Shanghai Music Messe 2017 untuk tampil bersama Juara 1 Tama Groove Session China 2017 pada 12 Oktober 2017 lalu, selain itu pemenang juga berhak atas factory tour ke pabrik Tama di Guangzhou, China, pada 13 Oktober lalu.

Di Shanghai Music Messe yang berlokasi di SNIEC, Shanghai New International Expo Center, acara diawali oleh penampilan dari lima finalis dan tiga pemenang dari Tama Groove Session China 2017 dan dihadiri sekitar 200 penonton serta dihadiri beberapa peserta dari Tama Groove Session China 2017.

Saat itu, Hata membawakan 1 buah lagu yaitu ‘Everytime With You’ dari Lamb Of God. Acara pun ditutup dengan sukses oleh penampilan jam session dan drum battle antara Juara 1 dari China (Yizhou Li) dan Juara 1 dari Indonesia (Hata Arysatya).

Pada 13 Oktober lalu, Hata mendapat kesempatan untuk berkunjung ke pabrik drum Tama (Guangzhou Hoshino Gakki) di Guangzhou China. Selama di pabrik, Hata merasa sangat takjub dan bangga karena dapat melihat secara langsung proses pembuatan drum Tama.

Seluruh kunjungan Hata di Shanghai dan Guangzhou Hata ini difasilitasi PT Mahkota Musik Indonesia selaku distributor tunggal merk Tama di Indonesia bekerja sama dengan Hoshino Gakki, selaku produsen dan pemilik merk drum Tama.

Hata mendapatkan akomodasi sekelas bintang 4 dan diajak makan cukup berkelas oleh pihak Hoshino Gakki. Melihat beberapa kontes drum online yang sedang ramai di Indonesia saat ini, para drummer sepakat bahwa Tama Groove Session Indonesia 2017 merupakan kompetisi paling prestisius untuk instrumen drum saat ini karena pertimbangan nominal hadiah, kesempatan perform di ajang dunia sekelas Shanghai Music Messe, dan kesempatan kunjungan pabrik Tama serta tentunya adanya keterlibatan 3 musisi dunia di event ini.

Melalui ajang ini, Tama Indonesia berharap besar akan muncul bakat-bakat baru drummer Indonesia yang akan dikenal di dunia internasional. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Indonesia itu Bagus

Sedulur Jokowi Gelar Bukber dengan Yatim Piatu dan Kaum Duafa

Foto bersama Sedulur Jokowi dengan yatim piatu dan kaum duafa (Ist) Serangkaian program Sedulur Jokowi terus digulirkan di kalangan masyarakat, seperti bersih lingkungan, umrah gratis bagi korban travel nakal, pemberian

Indonesia itu Bagus

Dokter Terawan Raih Penghargaan dari RMOL

Mayor Jenderal TNI Dokter Terawan Agus Putranto meraih penghargaan dari Pemimpin Umum RMOL Teguh Santosa (Ist) Mayor Jenderal TNI Dokter Terawan Agus Putranto meraih penghargaan Democracy Award dalam Anugerah Malam Manusia Bintang RMOL di

All About Indonesia

Jababeka Bantu Korban Tsunami Banten

Bantuan dari Jababeka Group untuk korban tsunami di Banten (Ist) Jababeka Group menyerahkan bantuan kepada para pengungsi terdampak tsunami di posko pengungsian Kampung Cikadu, Desa Tanjung Jaya, Pandeglang, Banten. “Bantuan

Indonesia itu Bagus

Pesparani untuk Indonesia

Pesparani ikut mendukung kerukunan dan kedamaian di Indonesia (Ist) Usai menggelar  berbagai lomba, Lembaga Pembinaan dan Pengembangan PESPARANI Katolik Nasional (LP3KN) mengadakan seminar nasional dan musyawarah nasional (Munas)  di Islamic

All About Indonesia

Pinky Promise, Kisah Perempuan Hebat

Pinky Promise (Ist) Film Pinky Promise bercerita tentang kehebatan perempuan dan kekuatan persahabatan dalam menghadapi kehidupan. Dan, film ini telah premiere di Jakarta, Rabu (5/10/2016) dan rencana film yang disutradarai

Travel Operator

Soppeng, Kota Penikmat Kopi

Ilustrasi kopi Indonesia (Ist) Indonesia kaya akan beragam potensi wisata yang diminati wisatawan Nusantara (wisnus) maupun turis asing. Dan, wisata kuliner negeri ini ternyata menggoda wisnus dan wisatawan mancanegara. Sebut