Kota Budaya, Daya Tarik Turis Asing ke Yogyakarta

lusi alampersada tour

Lusi Evie Marya

Predikat kota budaya yang diberikan pada Yogyakarta mengacu pada keberadaan Keraton Yogyakarta yang dipandang sebagai pusat kebudayaan Jawa dan menjadi tujuan wisata dari turis asing dari berbagai negara.

“Predikat kota budaya juga didukung oleh berbagai kegiatan kebudayaan, seperti sekatenan, pertunjukan-pertunjukan Ramayana, gamelan maupun wayang kulit. Potensi-potensi budaya ini jika dikelola dengan baik akan menjadi aset pariwisata yang cukup handal dan mampu menarik wisatawan untuk datang ke Yogyakarta sehingga Yogyakarta akan lebih banyak dikunjungi wisatawan,” tutur Direktur Utama AlamPersada Tour & Travel Lusi Evie Marya ketika dihubungi patainanews.com, Senin (17/8/2015).

Seperti diketahui, Yogyakarta masih terus berkembang menjadi kota budaya berbasis pendidikan dan menjadi daerah tujuan wisata kedua setelah Bali. Lusi menjelaskan bahwa sebagai pelaku bisnis pariwisata nasional, dirinya melihat Yogyakarta telah berhasil mengembangkan kota budaya berbasis pendidkan.

“Mengemas pertunjukan-pertunjukan yang menjadi daya tarik dan identitas kota Yogyakarta. Dan, yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Yogyakarta sehingga Yogya menjadi daerah tujuan wisata kedua setelah Bali,” paparnya.

Yogyakarta, lanjutnya sebagai kota budaya berbasis pendidikan dan kota pariwisata karena sudah lama kota Yogyakarta menjadi daerah tujuan wisata, baik wisatawan domestik maupun turis mancanegara.

“Hampir setiap hari terutama pada saat musim liburan, banyak sekali wisatawan yang mengunjungi Prambanan, Keraton, Pantai Parangtritis, dan Malioboro untuk melakukan perjalanan wisata, baik wisata umum maupun studi wisata. Jika predikat kota budaya yang berbasis pendidikan dan pariwisata ini tetap dipertahankan dan ditambah lagi dengan penyempurnaan berbagai sektor pariwisata, dapat dipastikan akan mampu menarik wisatawan asing untuk berkunjung ke Yogyakarta,” paparnya. (Gabriel Bobby)

 

 

 

 

 

 

 

About author



You might also like

Tourism

Cinta Wastra Nusantara, PRibuMI Lahir

Karya di PRibuMI… (Ist) Empat tahun yang lalu kehidupan saya memasuki babak baru. Memasuki area yang selama ini jauh dari apa yang pernah saya mimpikan, yaitu menjadi seorang women entrepreneur.

Festival

Dari Yogya untuk Dunia

Menteri Pariwisata Arief Yahya Country branding ‘Wonderful Indonesia’ menebarkan pesonanya di Chingay Night Fiesta, Singapura. Dalam pre-parade di F1 Pit Stop, Singapura, Kamis (18/2/2016) sore waktu setempat, ada Grand Champion

Hotel

Gabung dalam PATA Travel Mart 2016

PATA Travel Mart 2016 (Ist) PATA akan menggelar PATA Travel Mart 2016 di Indonesia. Dan, PATA Indonesia Chapter dipercaya menjadi tuan rumah untuk event pariwisata dunia ini. Adapun penyelenggaraan PATA

Culture

Upaya Pariwisata Indonesia Mengejar Target 20 Juta Wisatawan Mancanegara

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Bulan lalu, pariwisata Indonesia yang diwakili Lombok, Nusa Tenggara Barat dan Hotel Sofyan mendapat kabar bagus lantaran negeri ini berjaya dengan menyabet tiga gelar dalam

Heritage

Akses Kian Banyak, Jumlah Kunjungan Wisman Melonjak

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya boleh tersenyum. Upaya menjaring wisatawan mancanegara semakin menunjukkan progress positif. Kegetolan Menteri Pariwisata yang mantan Dirut PT Telkom ini dalam

Nature

Rayakan Imlek di Hotel Neo Samadikun Cirebon

Promo menarik dari Hotel Neo Samadikun Cirebon (Ist) Imlek selama ini identik dengan budaya masyarakat Tionghoa. Dan, di Indonesia kebebasan merayakan Tahun Baru Imlek menjadi kenyataan dimulai di era Gus Dur.