Kota Tua Jakarta, Manhattan of Asia

AY di kota tua

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kemeja putih) dan President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (jas biru) menjadi narasumber dalam diskusi Sosialisasi Kota Tua Jakarta Menuju UNESCO World Heritage 2017 di Gedung OLVEH di kawasan Kota Tua Jakarta (Ist)

Sebagai upaya mempopulerkan dan mempromosikan pariwisata Kota Tua Jakarta, maka Menteri Pariwisata Arief Yahya menilai branding yang menarik untuk Kota Tua Jakarta adalah Manhattan of Asia.

Menurut AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata, selain mempromosikan pariwisata, Kota Tua Jakarta juga dikenal sebagai pusat bisnis di Jakarta.

Tak hanya itu, sejumlah upaya dilakukan pemerintah untuk merevitalisasi Kawasan Kota Tua Jakarta. Salah satu caranya adalah dengan membentuk Badan Otoritas Pariwisata.

AY mengemukakan, Badan Otoritas Pariwisata terbukti menjadi salah satu cara untuk mengembangkan destinasi wisata di Indonesia.

Setelah Borobudur dan Danau Toba, kini Menpar berencana untuk membentuk Badan Otoritas Pariwisata di Kawasan Kota Tua Jakarta. Hal itu pun diungkapkan oleh Menpar Arief Yahya saat diskusi Sosialisasi Kota Tua Jakarta Menuju UNESCO World Heritage 2017 di Gedung OLVEH di kawasan Kota Tua Jakarta, Rabu (23/3/2016).

Adapun patainanews.com menjadi media partner dalam diskusi Sosialisasi Kota Tua Jakarta Menuju UNESCO World Heritage 2017. Selain Menteri Pariwisata, hadir beberapa narasumber lainnya, termasuk President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo.

“Pokoknya Kota Tua ini harus dikelola single otoritas. Saya usulkan buat badan otoritas,” ucap AY. Sejauh ini, proses revitalisasi Kota Tua Jakarta masih dilakukan dari bawah ke atas, yakni melalui pameran hingga perencanaan revitalisasi yang dilakukan oleh sektor swasta ke pemerintah.

Fakta lainnya, banyak dari gedung bersejarah di Kota Tua dimiliki oleh perorangan hingga BUMN sehingga ada banyak kepala.

Menurut AT, strategi tersebut akan memerlukan waktu lama. Cara tercepat adalah melakukan proses top down, dari Presiden ke bawah.

“Kalau caranya bottom up sekarang nggak akan pernah selesai. 50 Tahun nggak selesai. Menurut saya hanya presiden yang bisa,” ujarnya.

Karenanya AY pun mengusulkan agar dibentuk Badan Otoritas Pariwisata untuk mengembangkan Kota Tua Jakarta. Berkaca dari Badan Otoritas Danau Toba dan Borobudur, Perpres yang dikeluarkan Presiden terkait Badan Otoritas Pariwisata akan membuat proses revitalisasi Kota Tua Jakarta berjalan lebih cepat lantaran semua pihak akan tunduk pada Perpres dan bekerja dalam satu manajemen badan otoritas.

“Ketika ada Perpres bahwa Kota Tua harus direstorasi, maka semua akan tunduk pada satu manajemen,” tuturnya. (Gabriel Bobby)

 



About author



You might also like

Hotel

World On Sale

Launching & Event Presentation Astindo Jakarta Travel Fair 2016 (Ist) Seiring dengan membaiknya perekonomian Indonesia pada semester kedua tahun ini serta sebagai sarana mempersiapkan musim liburan akhir tahun maupun tahun

Tourism

Hotel Horison NJ Semarang Bukber dengan Anak Yatim

  Bukber di Hoel Horison NJ Semarang (Ist) Mengisi kegiatan di bulan suci Ramadan 1438 H, Hotel Horison NJ Semarang mengadakan Silaturahmi, Buka Puasa Bersama Anak Yatim dan Media di

World Heritage

EL JOHN akan Gelar Final Putra-Putri Pariwisata Nusantara 2017

Malam Grand Final Putra-Putri Nusantara 2017 (Ist) Komitmen Yayasan El John Indonesia terlibat langsung dalam pengembangan dan promosi pariwisata Indonesia selama ini memang patut diacungi jempol. El John diketahui sudah lama fokus

Nature

‘Bangun Hotel Harus Ada Tourist Attractions’

logo PATA (Ist) Destinasi wisata di Indonesia memang beragam. Dan, berbagai destinasi wisata yang diminati wisatawan mancanegara itu tersebar di Nusantara sehingga ketika turis asing menghabiskan waktu berkunjung ke dstinasi

Travel Operator

Halimah Munawir Mencurahkan Perhatian untuk Pariwisata dan Budaya Indonesia

Halimah Munawir Anwar begitu mencintai pariwisata dan budaya Indonesia (Ist) Sosok satu ini dikenal begitu besar perhatiannya terhadap perkembangan pariwisata dan budaya Indonesia. Ya, Halimah Munawiw Anwar tak segan mencurahkan

Investments

Tiga Bank BUMN Dukung Kinerja PT Pelindo III

Logo PT Pelindo III (Ist) PT Pelabuhan Indonesia III menggandeng BNI, Bank Mandiri, dan BRI untuk meningkatkan kualitas layanan kepelabuhanan. Ketiga bank BUMN tersebut akan menyediakan layanan perbankan untuk memudahkan transaksi keuangan