Kota Tua Jakarta, Manhattan of Asia

AY di kota tua

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kemeja putih) dan President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (jas biru) menjadi narasumber dalam diskusi Sosialisasi Kota Tua Jakarta Menuju UNESCO World Heritage 2017 di Gedung OLVEH di kawasan Kota Tua Jakarta (Ist)

Sebagai upaya mempopulerkan dan mempromosikan pariwisata Kota Tua Jakarta, maka Menteri Pariwisata Arief Yahya menilai branding yang menarik untuk Kota Tua Jakarta adalah Manhattan of Asia.

Menurut AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata, selain mempromosikan pariwisata, Kota Tua Jakarta juga dikenal sebagai pusat bisnis di Jakarta.

Tak hanya itu, sejumlah upaya dilakukan pemerintah untuk merevitalisasi Kawasan Kota Tua Jakarta. Salah satu caranya adalah dengan membentuk Badan Otoritas Pariwisata.

AY mengemukakan, Badan Otoritas Pariwisata terbukti menjadi salah satu cara untuk mengembangkan destinasi wisata di Indonesia.

Setelah Borobudur dan Danau Toba, kini Menpar berencana untuk membentuk Badan Otoritas Pariwisata di Kawasan Kota Tua Jakarta. Hal itu pun diungkapkan oleh Menpar Arief Yahya saat diskusi Sosialisasi Kota Tua Jakarta Menuju UNESCO World Heritage 2017 di Gedung OLVEH di kawasan Kota Tua Jakarta, Rabu (23/3/2016).

Adapun patainanews.com menjadi media partner dalam diskusi Sosialisasi Kota Tua Jakarta Menuju UNESCO World Heritage 2017. Selain Menteri Pariwisata, hadir beberapa narasumber lainnya, termasuk President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo.

“Pokoknya Kota Tua ini harus dikelola single otoritas. Saya usulkan buat badan otoritas,” ucap AY.¬†Sejauh ini, proses revitalisasi Kota Tua Jakarta masih dilakukan dari bawah ke atas, yakni melalui pameran hingga perencanaan revitalisasi yang dilakukan oleh sektor swasta ke pemerintah.

Fakta lainnya, banyak dari gedung bersejarah di Kota Tua dimiliki oleh perorangan hingga BUMN sehingga ada banyak kepala.

Menurut AT, strategi tersebut akan memerlukan waktu lama. Cara tercepat adalah melakukan proses top down, dari Presiden ke bawah.

“Kalau caranya bottom up sekarang nggak akan pernah selesai. 50 Tahun nggak selesai. Menurut saya hanya presiden yang bisa,” ujarnya.

Karenanya AY pun mengusulkan agar dibentuk Badan Otoritas Pariwisata untuk mengembangkan Kota Tua Jakarta. Berkaca dari Badan Otoritas Danau Toba dan Borobudur, Perpres yang dikeluarkan Presiden terkait Badan Otoritas Pariwisata akan membuat proses revitalisasi Kota Tua Jakarta berjalan lebih cepat lantaran semua pihak akan tunduk pada Perpres dan bekerja dalam satu manajemen badan otoritas.

“Ketika ada Perpres bahwa Kota Tua harus direstorasi, maka semua akan tunduk pada satu manajemen,” tuturnya. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Airlines

Menteri Pariwisata Pompa Semangat Wisudawan STP Bandung

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Tiga puluh dua menit speech Menteri Pariwisata Arief Yahya di Hall Malabar Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung, 21 April 2016 dalam wisuda 674 lulusan sekolah pariwisata

Destinations

Gagal SBMPTN, Pintu Menjadi CEO Terbuka Lebar Kuliah di President University

Poernomo Siswoprasetijo (Ist) Kesedihan nampak dari raut wajah peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 ketika namanya tidak tercantum dalam pengumuman. Begitu juga dengan orang tua mereka yang

Heritage

Kemenpar Inisiasi Pencanangan Gerakan Jurnalisme Ramah Pariwisata

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama wartawan Posisi Indonesia di peta dunia berada di daerah Cincin Api (Ring of Fire), yang merupakan julukan bagi daerah yang memiliki sejarah ujian bencana yang

Festival

Kereta Wisata Siap Layani Libur Akhir Tahun

Tampak dalam kereta wisata kelas Priority (Ist) Manajemen PT Kereta Api Pariwisata menyatakan telah siap melayani masyarakat Indonesia yang ingin melakukan perjalanan menggunakan jasa layanan kereta wisata ke sejumlah destinasi

SightSeeing

Menteri Pariwisata Tularkan Semangat

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Penampilan Menteri Pariwisata Arief Yahya pada Munas Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) VI di Mataram, Lombok beberapa waktu lalu berdampak besar pada perubahan kualitas dan cara

Travel Operator

Asian Games 2018 Tetap Berjalan Sesuai Rencana

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kanan) (Ist) Rentetan teror yang terjadi di Surabaya dipastikan tidak mengganggu persiapan Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018. Hal ini ditegaskan Menteri Pemuda dan