Kota Tua Jakarta, Manhattan of Asia

AY di kota tua

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kemeja putih) dan President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (jas biru) menjadi narasumber dalam diskusi Sosialisasi Kota Tua Jakarta Menuju UNESCO World Heritage 2017 di Gedung OLVEH di kawasan Kota Tua Jakarta (Ist)

Sebagai upaya mempopulerkan dan mempromosikan pariwisata Kota Tua Jakarta, maka Menteri Pariwisata Arief Yahya menilai branding yang menarik untuk Kota Tua Jakarta adalah Manhattan of Asia.

Menurut AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata, selain mempromosikan pariwisata, Kota Tua Jakarta juga dikenal sebagai pusat bisnis di Jakarta.

Tak hanya itu, sejumlah upaya dilakukan pemerintah untuk merevitalisasi Kawasan Kota Tua Jakarta. Salah satu caranya adalah dengan membentuk Badan Otoritas Pariwisata.

AY mengemukakan, Badan Otoritas Pariwisata terbukti menjadi salah satu cara untuk mengembangkan destinasi wisata di Indonesia.

Setelah Borobudur dan Danau Toba, kini Menpar berencana untuk membentuk Badan Otoritas Pariwisata di Kawasan Kota Tua Jakarta. Hal itu pun diungkapkan oleh Menpar Arief Yahya saat diskusi Sosialisasi Kota Tua Jakarta Menuju UNESCO World Heritage 2017 di Gedung OLVEH di kawasan Kota Tua Jakarta, Rabu (23/3/2016).

Adapun patainanews.com menjadi media partner dalam diskusi Sosialisasi Kota Tua Jakarta Menuju UNESCO World Heritage 2017. Selain Menteri Pariwisata, hadir beberapa narasumber lainnya, termasuk President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo.

“Pokoknya Kota Tua ini harus dikelola single otoritas. Saya usulkan buat badan otoritas,” ucap AY. Sejauh ini, proses revitalisasi Kota Tua Jakarta masih dilakukan dari bawah ke atas, yakni melalui pameran hingga perencanaan revitalisasi yang dilakukan oleh sektor swasta ke pemerintah.

Fakta lainnya, banyak dari gedung bersejarah di Kota Tua dimiliki oleh perorangan hingga BUMN sehingga ada banyak kepala.

Menurut AT, strategi tersebut akan memerlukan waktu lama. Cara tercepat adalah melakukan proses top down, dari Presiden ke bawah.

“Kalau caranya bottom up sekarang nggak akan pernah selesai. 50 Tahun nggak selesai. Menurut saya hanya presiden yang bisa,” ujarnya.

Karenanya AY pun mengusulkan agar dibentuk Badan Otoritas Pariwisata untuk mengembangkan Kota Tua Jakarta. Berkaca dari Badan Otoritas Danau Toba dan Borobudur, Perpres yang dikeluarkan Presiden terkait Badan Otoritas Pariwisata akan membuat proses revitalisasi Kota Tua Jakarta berjalan lebih cepat lantaran semua pihak akan tunduk pada Perpres dan bekerja dalam satu manajemen badan otoritas.

“Ketika ada Perpres bahwa Kota Tua harus direstorasi, maka semua akan tunduk pada satu manajemen,” tuturnya. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Culture

Melestarikan Budaya Nusantara Hingga ke Negeri Orang

Anggi (paling kiri) bersama tim menarikan tari Topeng Kembang Jakarta  (Ist) Potensi pariwisata Indonesia memang beragam. Bahkan, pesona negeri ini tak hanya pariwisata sebab masih didukung budaya khas Nusantara. Ya,

Slideshow

KADIN Jabar Gandeng PATA Indonesia Resmikan Forum Bisnis Cirebon

Kamar Dagang Dan Industri Indonesia (KADIN) Jawa Barat bersama PATA Indonesia Chapter akan meresmikan Forum Bisnis Cirebon (FBC) yang sekaligus membahas tema menyongsong masa depan perekonomian wilayah Cirebon dengan dibangunnya

Heritage

Banten Sabet Juara Terbaik di GWBN 2017

Wisatawan Nusantara di Tanjung Lesung, Banten (Ist) Banten meraih juara 1 pada ajang Pameran Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara (GWBN) 2017 yang memasuki tahun ke-15 di Jakarta Convention Center (JCC).

Airlines

Tanjung Lesung yang Semakin Lengkap

Peletakan batu pertama Dive Center di Tanjuug Lesung (Ist) Destinasi wisata Tanjung Lesung di Pandeglang, Banten kini semakin lengkap sebab tengah dibangun Dive Center. Tak hanya itu, manajemen PT Banten

Slideshow

Menteri Yuddy Apresiasi Inovasi Pelayanan Publik Pelindo III

Direktur Keuangan PT Pelindo III U Saefudin Noer (kiri) menerima penghargaan dari Mepan RB Yuddy Chrisnandi (kemeja putih) (Ist)  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yuddy Chrisnandi memberikan

Hotel

Penilaian Trip Advisor akan Memotivasi Hotel di Indonesia

Menikmati perjalanan wisata biasanya membutuhkan tempat menginap, seperti hotel. Dan, hotel-hotel yang ada pun berlomba-lomba menawarkan layanan sehingga membuat wisatawan terkesan sehingga tidak menutup kemungkinan akan kembali menginap di hotel