Kukar Gelar International Folk Arts Festival

bupati kukar

Asdep Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar (tengah) Putu Ngurah memimpin Press Conference Erau Adat Kutai & 4th International Folk Arts Festival (EIFAF) di Gedung Sapta Pesona Kemenpar, Jakarta, Jumat (12/8/16) (Ist)

Pemerintah Kabupaten Kukar bekerja sama dengan lembaga internasional Council International Of Foklore Festival (CIOFF) menggelar event International Folk Arts Festival yang tahun ini memasuki tahun ke-4 dan diikuti sebanyak 10 grup atau 218 peserta dari Asia (2 grup), Eropa (6 grup), Amerika (2 grup), dan kesenian rakyat Nusantara (17 grup).

Para peserta festival pada kesempatan itu melakukan pentas seni budaya internasional serta pertunjukan jalanan (street performance), dan diakhiri dengan melakukan culture visit diantaranya mengunjungi Dayak Experience Center di Pulau Kumala.

Siaran pers yang diterima patainanews.com, Jumat (12/8/2016), Bupati Rita Widyasari mengatakan, Dayak Experience Center merupakan obyek wisata favorit Kukar dan banyak menarik minat wisatawan.

”Pada libur Lebaran kemarin obyek wisata ini dikunjungi sebanyak 22.433 wisatawan atau meningkat sekitar 15%,” katanya seraya menjelaskan, obyek wisata Kukar lain yang banyak diminanti wisatawan adalah Planetarium Jagad Raya, Waduk PanjiSukarame, Museum Kayu Tuah Himba, dan Pantai Tanjung Harapan Samboja.

Upacara adat Erau akan berlangsung di Keraton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, sedangkan kegiatan di luar keraton antara lain pesta rakyat yang tersebar di berbagai ruang publik dalam bentuk pertunjukkan seni budaya dan upacara tradisi masyarakat, lomba permainan tradisional, pertandingan olah raga tradisional, lomba pacu perahu motor tradisional, Erau expo dan bazaar, dan festival kuliner dan tradisi beseprah atau makan bersama duduk bersila yang dilaksanakan di jalan utama sepanjang 1 km bersama masyarakat. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Slideshow

Indonesia Incorporated, Meraih Target 15 Juta Kunjungan Wisman 2017

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar)  menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepariwisataan ke-IV sebagai upaya meningkatkan sinergitas semua unsur pariwisata dalam pentahelix (akademisi, pelaku bisnis, komunitas, pemerintah, dan media massa)

Heritage

GIPI Komitmen Bantu Pemerintah Kembangkan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas

Destinasi wisata Morotai termasuk 10 Bali baru (Ist) Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) berkomitmen membantu pemerintah dalam mengembangkan dan mempromosikan 10 destinasi pariwisata prioritas atau sering disebut ’10 Bali Baru’. 

SightSeeing

Wonderful Indonesia Mejeng di Russia 2018

Wonderful Indonesia promosi di Russia 2018 (Ist) Kementerian Pariwisata memanfaatkan momentum Piala Dunia 2018 untuk semakin menggaungkan Wonderful Indonesia di mata dunia. Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, olahraga sepak bola

All About Indonesia

Koin Kemanusiaan Sharing is Caring

Koin Kemanusiaan yang terlihat akrab dengan anak-anak panti asuhan Putra Nusa (Ist) Sudah sejak lama filosofi manusia tak bisa hidup tanpa manusia lain. Perhatian terhadap orang lain, khususnya sesama yang

Slideshow

Sambut ASIAN GAMES 2018, Palembang Siapkan Homestay

Logo ASIAN GaMES 2018 (Ist) Penyelenggaraan ASIAN GAMES 2018 di Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan membawa nama baik Indonesia di pentas internasional. Karenanya peran pentahelix, yakni pemerintah, akademisi, bisnis, komunitas,

Cuisine

Mandeh, ‘Raja Ampat’-nya Sumatera

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pesisir Selatan Zefnihan (paling kiri) berpose bersama Presiden Direktur PT Banten West Java Poernomo Siswoprasetijo (tengah) (Ist) Pantang hukumnya buat Menteri Pariwisata Arief