Kuningan Gelar Tour de Linggarjati 2016

AY putih

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist)

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Bupati Kabupaten Kuningan Acep Purnama meluncurkan event lomba balap sepeda internasonal Tour de Linggarjati (TdL) di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Selasa (13/9/2016).

Penyelenggaraan event wisata olahraga (sport tourism) berskala internasional yang ke-2 kali dan berlangsung di Kabupaten Kuningan, Jabar pada 28-30 Oktober mendatang ini sebagai upaya mempromosikan potensi pariwisata Kabupaten Kuningan serta memacu pembangunan infrastruktur daerah dan membuka akses wilayah untuk pasar dan investasi sekaligus mendukung program Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia dalam mewujudkan target tahun ini 12 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan 260 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air.

Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan TdL 2016 sebagai momentum yang efektif untuk memprosikan potensi pariwisata Jabar dan Kabupaten Kuningan khususnya dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah tersebut yang tahun ini menargetkan 3 juta wisnus dan 200 wisman serta meningkatkan ekonomi secara langsung (direct economic and tourism) bagi masyarakat Kuningan.

“Penyelenggaraan event sport tourism seperti ini efektif untuk berpromosi sekaligus dapat mendatangkan wisman dan direct economi. Dari penyelenggaraan TdL 2016 dapat mendatangkan 250 wisman dari Malaysia (ASEAN) sebagai peserta dan akan terjadi direct economic sebesar Rp 4,2 miliar,” kata Arief Yahya.

Bupati Kabupaten Kuningan Acep Purnama mengatakan, penyelenggaraan TdL 2016 dapat mendorong percepatan pengembangan kepariwisataan di Kabupaten Kuningan yang menjadi salah satu daerah tujuan wisata favorit bagi wisnus.

Adapun Kuningan ingin membuka akses pasar ke mancanegara untuk menjaring lebih banyak lagi wisman ASEAN, khususnya dari Malaysia.

“Tujuan penyelenggaraan TdL 2016 selain untuk meningkatkan kunjungan wisatawan juga sebagai upaya ‘revolusi mental’ pembinaan generasi muda melalui cabang olah raga balap sepeda sekaligus untuk memperingati Hari Jadi Kabupaten Kuningan ke-518 dan peristiwa sejarah Perundingan Linggarjati ke-70,” kata Ahmad Heryawan dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Selasa (13/9/2016).

Pelaksanaan TdL 2016 akan mengambil start dari Gedung Naskah Perundingan Linggarjati, Kabupaten Kuningan. Para atlet balap sepeda ini akan unjuk kekuatan untuk memperebutkan sebagai juara dengan total hadiah sebesar Rp500 juta dengan mengayuh sepeda sepanjang 245 km melewati 20 kecamatan dan 200 desa di antaranya tempat-tempat wisata menarik di Kabupaten Kuningan.

TdL 2016 melombakan tiga kelas, yaitu individual time trial (itt), road racecircuit race, dan criterium untuk kategori elite (senior), junior, dan youth (pemula). (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Destinations

HUT RI ke-73, Pelni Ajak Anak Indonesia Cinta Bahari

Pengibaran Bendera Merah Putih di.KM Kelud di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara merayakan HUT RI ke-73 Sebagai upaya ikut memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-73, PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT

Festival

Klarifikasi INACA mengenai Harga Tiket Pesawat

INACA (Ist) Sehubungan dengan berkembangnya issue perihal harga tiket mahal dan harga avtur baru-baru ini dimedia, Indonesia National Air Carriers Association (INACA) memastikan bahwa pihaknya tidak pernah bermaksud untuk menyudutkan

Hotel

Indonesia Berjaya di The 12th UNWTO Awards

The 12th United Nations – World Tourism Organization (UNWTO) Awards,  Rabu (20/1/2016) di Madrid, Spanyol saat Gala Ceremony The 12th UNWTO Awards mengumumkan: 1. The winner of the UNWTO Award

Travel Operator

Arief Yahya Sarankan Aceh Ikuti Standar GMTI

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Untuk mewujudkan mimpi Aceh menjadi destinasi wisata halal kelas dunia, maka Aceh harus mengikuti standar internasional. “Jika ingin menjadi pemain dunia, gunakan standar global,” saran

Tourism

HPN 2016, Ada Lomba Berhadiah Rp500 Juta

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) bersama General Manager d’Praya Lombok Hotel LA Hadi Faishal (Ist) Kementerian Pariwisata menyediakan hadiah senilai Rp100 juta untuk penulis terbaik lomba karya tulis bertema bahari

Travel Operator

‘7 Juta Orang Lihat Promosi Indonesia’

  Chef Anita Sobron (Restaurant Indonesia), Direktur FNAC, Manager FNAC Voyages, Eka MONCARRE dari VITO Perancis (Ist) Ada sekitar 7 juta orang diperkirakan akan mengetahui promosi mengenai Indonesia sebab event