Kuningan Gelar Tour de Linggarjati 2016

AY putih

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist)

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Bupati Kabupaten Kuningan Acep Purnama meluncurkan event lomba balap sepeda internasonal Tour de Linggarjati (TdL) di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Selasa (13/9/2016).

Penyelenggaraan event wisata olahraga (sport tourism) berskala internasional yang ke-2 kali dan berlangsung di Kabupaten Kuningan, Jabar pada 28-30 Oktober mendatang ini sebagai upaya mempromosikan potensi pariwisata Kabupaten Kuningan serta memacu pembangunan infrastruktur daerah dan membuka akses wilayah untuk pasar dan investasi sekaligus mendukung program Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia dalam mewujudkan target tahun ini 12 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan 260 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air.

Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan TdL 2016 sebagai momentum yang efektif untuk memprosikan potensi pariwisata Jabar dan Kabupaten Kuningan khususnya dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah tersebut yang tahun ini menargetkan 3 juta wisnus dan 200 wisman serta meningkatkan ekonomi secara langsung (direct economic and tourism) bagi masyarakat Kuningan.

“Penyelenggaraan event sport tourism seperti ini efektif untuk berpromosi sekaligus dapat mendatangkan wisman dan direct economi. Dari penyelenggaraan TdL 2016 dapat mendatangkan 250 wisman dari Malaysia (ASEAN) sebagai peserta dan akan terjadi direct economic sebesar Rp 4,2 miliar,” kata Arief Yahya.

Bupati Kabupaten Kuningan Acep Purnama mengatakan, penyelenggaraan TdL 2016 dapat mendorong percepatan pengembangan kepariwisataan di Kabupaten Kuningan yang menjadi salah satu daerah tujuan wisata favorit bagi wisnus.

Adapun Kuningan ingin membuka akses pasar ke mancanegara untuk menjaring lebih banyak lagi wisman ASEAN, khususnya dari Malaysia.

“Tujuan penyelenggaraan TdL 2016 selain untuk meningkatkan kunjungan wisatawan juga sebagai upaya ‘revolusi mental’ pembinaan generasi muda melalui cabang olah raga balap sepeda sekaligus untuk memperingati Hari Jadi Kabupaten Kuningan ke-518 dan peristiwa sejarah Perundingan Linggarjati ke-70,” kata Ahmad Heryawan dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Selasa (13/9/2016).

Pelaksanaan TdL 2016 akan mengambil start dari Gedung Naskah Perundingan Linggarjati, Kabupaten Kuningan. Para atlet balap sepeda ini akan unjuk kekuatan untuk memperebutkan sebagai juara dengan total hadiah sebesar Rp500 juta dengan mengayuh sepeda sepanjang 245 km melewati 20 kecamatan dan 200 desa di antaranya tempat-tempat wisata menarik di Kabupaten Kuningan.

TdL 2016 melombakan tiga kelas, yaitu individual time trial (itt), road racecircuit race, dan criterium untuk kategori elite (senior), junior, dan youth (pemula). (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Cuisine

Turis Asing Suka Maluku

Pantai Ora di Maluku (Ist) Destinasi wisata di Maluku ternyata diminati wisatawan, termasuk turis asing. Pengamatan patainanews.com selama ada di Ambon, Maluku pada 5 hingga 10 Februari 2017 terlihat cukup

Tourism

Segera ke Cirebon, Ada 10 yang Menarik di Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan Cirebon (Ist) Cirebon di Jawa Barat memang punya daya tarik tersendiri bagi wisatawan, termasuk turis asing. Destinasi yang tak terlalu jauh dari Jakarta dan Bandung ini memiliki beragam

Tour Package

Wapres JK Promosi Pariwisata RI dalam PATA Travel Mart 2016 di ICE

PATA Travel Mart 2016 di Indonesia (Ist) Wakil Presiden Jusuf Kalla mempromosikan ‘Wonderful Indonesia’ dengan berbagai keragaman seni, budaya, pantai, pegunungan hingga kuliner kepada pelaku industri pariwisata di kawasanAsia Pasifik

Festival

Wisman Suka Wisata Bahari

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) dan Wakil Ketua PHRI NTB LA Hadi Faishal (Ist) Kendati sudah terkenal di dunia, wisata bahari di Lombok, Nusa Tenggara Barat tak melulu Gili Trawangan.

All About Indonesia

Revolusi Mental melalui GERAKAN1000 Hadir di Kepulauan Seribu

GERAKAN1000 di Kepulauan Seribu (Ist) Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) sebagai suatu gerakan sosial bagi bangsa Indonesia bertekad mewujudkan tertanamnya nilai-nilai luhur keIndonesiaan sesuai tiga pilar Trisakti. Revolusi Mental adalah

SightSeeing

Grandkemang Jakarta Ikut Jakarta Wedding Festival 2016

grandkemang Jakarta (Ist) grandkemang Jakarta turut berpartisipasi kembali dalam pameran pesta pernikahan terbesar di Jakarta, yaitu Jakarta Wedding Festival (JWF) 2016, yang akan diisi lebih dari 500 vendor pernikahan di