Kunjungan Turis Thailand Meningkat ke Jatim

tari gandrung Tuys

Tari Gandrung, Banyuwangi, Jawa Timur (Ist)

Ada yang unik dalam tren kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Jawa Timur sepanjang Juli 2017 lalu. Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim mencatat sebanyak 1.599 turis asal Thailand berkunjung ke provinsi itu.

Jumlah itu meningkat signifikan dibandingkan kunjungan sepanjang Juni yang hanya 299 turis. Jika dipersentase, kenaikan kunjungan turis asal Thailand ke Jatim pada Juli lalu mencapai 434,78 persen.

Kepala BPS Jatim Teguh Pramono mengatakan, fenomena itu cukup unik. Sebab, Thailand dan Indonesia memiliki kesamaan iklim dan atraksi wisata. “Berbeda dengan wisatawan mancanegara dari AS dan Korea Selatan yang mengisi musim panas dengan perjalanan wisata,’’ papar Teguh dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Selain turis asal Thailand, kunjungan travelista dari Hong Kong sepanjang Juli 2017 juga meningkat tajam. Angkanya mencapai 149,16 persen secara month to month (mtm). Sementara turis asal Taiwan naik 117,7 persen (mtm).

Wisatawan asal Thailand, Hong Kong, dan Taiwan menjadi pendongkrak kunjungan turis asing ke Jatim. Sepanjang Juli lalu, jumlah wisman yang masuk melalui pintu utama Juanda mencapai 23.357. Angka itu meningkat 42,58 persen dibanding Juni 2017 yang berjumlah 16.382.

Turis asal Malaysia masih mendominasi kunjungan dengan jumlah mencapai 4.080 alias naik 21,10 persen dibandingkan Juni 2017. Posisi kedua diduduki turis asal Tiongkok yang berjumlah 1.999 atau melonjak 134,62 persen ketimbang Juni 2017.

Sementara turis asal Singapura berada di urutan ketiga dengan jumlah 1.937. Kunjungan turis asal Singapura pada Juli 2017 naik 4,65 persen dibandingkan periode Juni. Secara kumulatif, kunjungan wisman ke Jatim sepanjang Januari hingga Juli 2017 mencapai 125.157.

Artinya, ada kenaikan sebesar 7,64 persen dibanding periode yang sama 2016 lalu yang berjumlah 116.274. “Jumlah wisatawan dari Malaysia selama Januari hingga Juli 2017 mencapai 23.022 orang,” jelas Teguh. Sementara tingkat penghunian kamar (TPK) hotel berbintang pada Juli 2017 mencapai 58,63 persen.

Itu berarti ada kenaikan sebesar 7,53 poin dibanding Juni 2017 yang mencapai 51,10 persen. Teguh memerinci, sesuai klasifikasi bintang, TPK hotel berbintang dua pada Juli 2017 mencapai 63,08 persen. “Itu merupakan TPK tertinggi dibanding hotel lainnya,” ujar Teguh.

Sementara TPK bintang empat sebesar 60,34 persen, bintang tiga sekitar 56,91 persen, bintang lima hingga 57,29 persen, dan hotel berbintang satu mencapai 48,81 persen. Sedangkan Menteri Pariwisata Arief Yahya melihat Jawa Timur punya potensi besar dalam pariwisata. Ikon Bromo Tengger Semeru (BTS), Ijen Banyuwangi, Malang, sudah mendunia.

“Jatim berpotensi besar untuk maju,” ungkap Arief Yahya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Travel Operator

Menanti Emirates Terbang ke Lombok

Wisatawan mancanegara di Pantai Kuta, Lombok  Kalau tidak punya background pebisnis, tidak mudah bernegosiasi dengan petinggi Emirates Airlines! Apalagi ‘mendikte’ maskapai penerbangan milik Uni Emirat Arab yang bermarkas di Dubai

Slideshow

PATA Indonesia Dukung Batavia Fun Bike

:Logo PATA Indonesia Chapter (Ist) PATA Indonesia Chapter mendukung Batavia Fun Bike yang digelar majalah Sarasvati yang diadakan di kawasan Kota Tua Jakarta. Adapun Batavia Fun Bike dilakukan pada Minggu

Airlines

Citilink Gandeng PermataBank Fasilitasi Uang Tunai

Nota kesepahaman yang ditandatangani Direktur Operasional Citilink Hadinoto Soedigno (kedua dari kiri) dan Direktur Retail Banking PermataBank Bianto Surodjo (ketiga dari kiri) Maskapai berbiaya murah PT Citilink Indonesia memutuskan untuk

Tour Package

Desa Wisata Kental dengan Daya Tarik Budaya Pikat Wisatawan

Kementerian Pariwisata menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata II 2017 (Ist) Kementerian Pariwisata menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata II 2017 sebagai upaya memperkuat sinergitas semua elemen dalam mewujudkan target

Slideshow

Tarik Investor, Menteri Pariwisata Dorong Penguatan Atraksi di Belitung

Menteri Pariwisata Arief Yahya di Belitung (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mendorong atraksi di Belitung terus diperkuat sebagai bagian dari upaya menarik minat investor menanamkan modalnya di Belitung, khususnya

All About Indonesia

Folk n Vogue: 100% Indonesia

Lindy Ann Umarhadi (Ist) Sebagai upaya mendukung industri kreatif dalam negeri, Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) akan mengadakan pameran bertajuk ‘Folk n Vogue: 100% Indonesia’ pada 7-11 September