Kunjungan Wisman Awal 2018 Tumbuh 7,99%

WhatsApp Image 2018-03-24 at 13.23.58

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist)

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya optimistis target 17 juta wisatawan mancanegara pada akhir tahun ini tercapai.

Pada awal tahun ini pencapaian kunjungan wisman dalam dua bulan pertama, Januari-Februari 2018 rata-rata di atas 1,1 juta orang, pada Februari 2018 sebanyak 1,2 juta wisman atau naik 100 ribu wisman dari capaian pada Januari 2018.

Secara kumulatif jumlah kunjungan pada Januari-Februari 2018 sebanyak 2,3 juta wisman, mengalami pertumbuhan sebesar 7,99% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Menpar Arief menyambut baik perkembangan ini, dan sekaligus sebagai pertanda membaiknya kondisi destinasi Bali pasca-erupsi Gunung Agung.

Adapun kunjungan wisman pada Februari 2018 sebanyak 1,2 juta tersebut di dominasi oleh lima negara sebagai top five sumber wisman, yakni Tiongkok, Singapura, Malaysia, Timor Leste, dan India. Meningkatnya kunjungan wisman dari Tiongkok dan India sebagai top 5 sumber wisman merupakan indikator atas upaya promosi yang dilakukan Kemenpar di kota-kota besar Tiongkok telah menunjukkan hasil positif.

Dampak promosi dan upaya meningkatkan aksesilibitas, khususnya penerbangan langsung (direct flight) dari Mumbay ke Denpasar yang dilakukan maskapai penerbangan nasional, Garuda Indonesia telah menuai hasil positif dengan meningkatnya kunjungan wisman India ke Indonesia.   

“Apapun dinamika yang terjadi terhadap jumlah kunjungan wisman akan dievaluasi semuanya. Kalau ada kenaikan, pasti akan terus dimaksimalkan. Kalaupun ada yang turun juga akan disikapi dan terus diupayakan agar tumbuh. Yang jelas, ini masih ada waktu bagi seluruh pelaku bisnis pariwisata bekerja,” kata Menpar Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Sementara Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto menyebutkan bahwa pertumbuhan wisatawan mancanegara pada awal tahun ini menunjukkan tren positif. Menurutnya, ini menjadi sinyal bahwa beragam upaya pemulihan citra destinasi pariwisata dan promosi untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisman ada hasilnya.

BPS mencatat sebagai top five sumber wisman pada Februari 2018 adalah Tiongkok dengan jumlah 214.427 wisman, Malaysia 205.855 wisman, Singapura 125.153 wisman, Timor Leste 123.777 wisman, dan India 42.680 wisman. Jumlah kunjungan wisman yang menggunakan moda transportasi udara (direct flight) sebesar 62%, sedangkan yang menggunakan jalur laut (cruise) dan jalan darat atau pintu perbatasan sebanyak 16%.

Khusus untuk kunjungan wisman ke Bali, BPS melaporkan pada Januari dan Februari  2018 sebanyak 353.115 wisman dan 452.423 wisman atau secara kumulatif mencapai 805.538 wisman. Sebagai penyumbang terbesar kunjungan wisman ke Bali pada dua bulan pertama Januari-Februari tahun ini antara lain India sebanyak 55.530 wisman atau naik hingga 59,08% dibandingkan periode yang tahun lalu sebanyak 20.624 wisman.

Kenaikan yang signifikan ini karena adanya direct flight Garuda Indonesia dari Mumbay ke Denpasar. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Hotel

Kukar Gelar International Folk Arts Festival

Asdep Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar (tengah) Putu Ngurah memimpin Press Conference Erau Adat Kutai & 4th International Folk Arts Festival (EIFAF) di Gedung Sapta Pesona Kemenpar, Jakarta, Jumat

Heritage

Maret 2017, ASDP Indonesia Ferry Bakal Investasi di Labuan Bajo

Labuan Bajo (Ist) Semangat Indonesia Incorporated yang dipopulerkan Menpar Arief Yahya terus direspons berbagai kalangan. Giliran PT ASDP Indonesia Ferry yang berkomitmen mengembangkan pelabuhan penyeberangan di Labuan Bajo, ibukota Kabupaten

Slideshow

‘AKBP Irhamni akan Sukses di POLRI’

Ucapan selamat untuk AKBP M Irhamni (Ist) Sebagaimana pemberitaan media massa, salah satu penyidik senior KPK AKBP M Irhamni telah dikembalikan dari institusi KPK ke POLRI setelah mengabdi selama 10 tahun

Hotel

Samosir Kembangkan Destinasi Wisata

Turis asing ke Samosir (Ist) Pemerintah kabupaten Samosir di Sumatera Utara tampak serius mengembangkan dan mempromosikan destinasi wisata Pasir Putih Tandarabun, Pantai Parmonangan dan Pantai Langat guna meningkatkan kunjungan wisatawan.

Travel Operator

Go Digital, Raja Ampat Sambut 18 Titik Operator Telkomsel

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Go Digital be The Best! Itu bukan sekadar tagline untuk memperkuat branding. Go Digital itu semacam keniscayaan yang cepat atau lambat, disadari atau tidak, dicintai

Tourism

Garap Turis Negeri Jiran, Biro Perjalanan Malaysia ke Tanjung Lesung

Wisatawan di Tanjung Lesung (Ist) Manajemen Tanjung Lesung menyambut gembira kunjungan agen perjalanan dari Johor Bahru dan Kuala Lumpur, Malaysia karena diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.