Kunjungan Wisman Melalui Great Batam Meningkat

bintan
Asdep Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika, dan Afrika Nia Niscaya (kiri) (Ist)
Setelah sukses penyelenggaraan tahun 2015, ajang olahraga ‘manusia super’ Ironman 70.3 kembali  akan digelar di Bintan, Kepulauan Riau, pada 28 Agustus mendatang.
Terpilihnya kembali Bintan sebagai lokasi ajang triathlon IRONMAN 70.3 oleh IRONMAN bersama penyelenggara acara MetaSport ini semakin memperkuat posisi Bintan sebagai destinasi sport tourism kelas dunia.
Banyak even olahraga internasional digelar di Bintan tahun ini akan mendongkrak pariwisata Great Batam/Bintan. Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik digelarnya ajang triathlon IRONMAN 70.3 yang akan diikuti sekitar 1.000 peserta dari mancanegara.
Penyelenggaraan Ironman 70.3 di Bintan akan membawa dampak langsung pada peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman)  ke Indonesia yang tahun ini menargetkan 12 juta wisman, sebanyak  2,5 juta wisman diantaranya akan masuk melalui Great Batam/Bintan.
Pada acara launching Ironman, Asdep Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika, dan Afrika Nia Niscaya mewakili Menteri Pariwisata menyatakan dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Kamis (7/4/2016) bahwa penyelenggaraan  ajang triathlon IRONMAN 70.3 memberi direct impact  terhadap peningkatan kunjungan wisman dan perolehan devisa.
“Minimal sekitar 1.000 wisman akan masuk dan membelanjakan dollarnya di Bintan. Selain itu even seperti ini mempunyai media value yang tinggi. Banyak atlet IRONMAN 70.3 dunia datang  ke Bintan mengikuti ajang ini tentunya akan menjadi pemberitaan media internasional,” tuturnya.
Nia menjelaskan, Bintan memiliki keunggulan berupa daya tarik alam (nature), yakni pantai berpasir putih, taman laut dan hutan tropis serta dilengkapi dengan fasilitas infrastruktur kelas dunia.
Selain itu lokasinya yang dekat dengan Singapura,  hanya 45 menit menggunakan kapal ferry, menjadikan Bintan sebagai salah satu destinasi wisata andalan dalam mencetak wisman.
“Pertumbuhan wisman melalui  Great Batam/Bintan  trennya  terus meningkat. Pada Februari 2016 naik 10,5% menyamai pertumbuhan great Bali,” kata Nia. 
Adapun jumlah kunjungan wisman ke Indonesia pada Februari 2016 tercatat sebanyak 888,3 ribu wisman atau naik sekitar 5,26% ketimbang Februari 2015.
Sebagian besar wisman masuk melalui Great Bali sebanyak  367  ribu wisman atau tumbuh 10,19%, sedangkan wisman yang masuk melalui Great Batam/Bintan sebanyak  120.351 wisman atau tumbuh 10,53%.
Seperti pada penyelenggaraan tahun lalu, kompetisi IRONMAN tahun ini akan dipusatkan di Plaza Lagoi, sebagai pusat pengembangan pariwisata yang berada di Teluk Lagoi kawasan Bintan Resorts.
Para atlet IRONMAN 70.3 akan memulai dengan berenang sejauh 1,2 mil (1,9 KM) di air yang tenang dan jernih dengan pemandangan dasar laut yang indah, kemudian dilanjutkan dengan  bersepeda di jalanan Bintan yang mulus dan lebar sepanjang 56 mil (90 KM) serta diakhiri dengan lomba lari dalam tiga lap sepanjang 21 km. 
Di Plaza Lagoi tersebut juga menjadi tempat untuk acara expo yang akan berlangsung pada 27 Agustus serta tempat berkumpulnya para atlet.
Menurut CEO  Metasport Nathalie Marquet, IRONMAN 70.3 Bintan tahun ini banyak menjaring dari para peserta yang akan mengikuti kejuaraan dunia IRONMAN 2016 di Kona, Hawaii yang akan berlangsung pada pertengahan Oktober 2016 atau enam pekan selepas penyelenggaraan IRONMAN 70.3 Bintan.
Suasana Bintan yang mirip dengan Hawaii menjadi pertimbangannya. “Kami menargetkan 1.000 peserta untuk acara tahun ini. Terdapat minat yang terus bertumbuh dari Indonesia dan kami berharap 15% atlet dari Indonesia dapat ikut kompetisi ini. Banyak atlet pemula yang masih belum siap untuk melakukan ketiga tantangan secara utuh sehingga mereka mendaftarkan dalam tim estafet yang terdiri dari satu perenang, satu pengendara sepeda, dan satu pelari,” lanjut Nathalie.
IRONMAN 70.3 Bintan memiliki 30 slot untuk diperebutkan di Kejuaraan Dunia IRONMAN 70.3 tahun 2017 yang akan berlangsung di Chattanooga, Tennessee, Amerika Serikat.  
Nathalie menjelaskan, selain IRONMAN 70.3 Bintan, Metasport juga akan menyelenggarakan even Bintan Triathlon pada 28 hingga 29 Mei 2016.
Dengan jarak lomba lebih pendek dan suasana yang ramah, Bintan Triathlon dapat  digunakan oleh para calon atlet IRONMAN 70.3 sebagai kesempatan berlatih sekaligus menguji kondisi balapan. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

World Heritage

Sultan Keraton Kasepuhan Cirebon Apresiasi Kunjungan Wisatawan ke Cirebon

Rombongan wisatawan Nusantara dari Jakarta ketika mengunjungi Keraton Kasepuhan Cirebon (Ist) Sultan Keraton Kasepuhan Cirebon menyambut poisitif kunjungan wisatawan Nusantara (wisnus) ke sejumlah destinasi wisata yang ada di Cirebon, termasuk

Tour Package

Borobudur International Festival 2017 Sedot Perhatian Dunia

Launching BIF 2017 (Ist) Gaung Borobudur International Festival (BIF) 2017 dari Balairung Soesilo Sudarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta semakin mendunia. Tiga negara bakal ikut tampil di Magelang, Jawa Tengah pada

Heritage

25 Agustus, Pacu Jalur 2016 di Riau Dimulai

Ilustrasi Pacu Jalur (Ist) Sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Riau, baik kunjungan wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara, Pemerintah Provinsi Riau gencar mempromosikan event pariwisata unggulan daerah. Salah satu event

Hotel

Potensi Wisata Bahari Kei Curi Perhatian Pencinta Laut Indonesia

Ilustrasi potensi wisata bahari di Kei (Ist) Kepulauan Kei Kecil mulai menjadi primadona baru destinasi wisata bahari di kawasan Timur Indonesia. Tidak hanya kunjungan turis yang meningkat, awal Desember 2015

Heritage

Kunjungan Turis Malaysia akan Meningkat ke Lombok

Presiden Jokowi didampingi Menteri Pariwsata Arief Yahya (mengenakan Batik) (Ist) Sikap tegas yang disampaikan Presiden Jokowi saat peresmian Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata, Jumat 20 Oktober 2017 itu disambut gembira.

Travel Operator

Menanti Sumsel Jadi Destinasi Sport Tourism

Irene Camelyn Sinaga, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel (enam dari kiri) dan Phil Reader, Sports Development Representative International Dragon Boat Federation (lima dari kiri) berpose bersama dalam opening ceremony International Musi