Laksana Memperkenalkan Uji Guling Standard UN ECE-R66

Direktur Teknik Laksana Bus Stefan Arman

Stefan Arman, Direktur Teknik Laksana Bus (Ist)

Laksana Bus didirikan pada 1967 silam oleh Yusuf Arman dan mengawalinya dengan memproduksi bengkel mesin otomotif. Sejak berdiri, Laksana terus berevolusi dan berinovasi untuk memberikan hasil terbaik bagi konsumen dan kini Laksana telah menjadi karoseri bus yang modern dilengkapi dengan permesinan dan sistem yang canggih dimana setiap proses dan sistem produksi telah dilengkapi permesinan berbasis komputer.

Tidak hanya menggunakan sistem dan proses produksi yang canggih, Laksana juga memerhatikan estetika sehingga setiap bus yang dihasilkan mengikuti standar pengembangan otomotif dunia. Laksana sejak berdiri selalu berkomitmen mengutamakan safety dari setiap bus yang dihasilkan demi menyediakan sarana transportasi massal yang aman dan terpercaya.

“Kami di Laksana selalu berkomitmen mengutamakan standar safety yang tinggi demi menciptakan sarana transportasi massal yang aman dan terpercaya. Oleh karena itu untuk terus  meningkatkan standar safety dari setiap bus yang kami produksi, belakangan ini kami menunjukan komitmen kami dengan berinvestasi dalam proses riset untuk implementasi standar uji keselamatan UN ECE R66 pada uji guling” ucap Stefan Arman, Direktur Teknik Laksana Bus dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

UN ECE-R66 ‘Uniform Technical Prescription Concerning The Approval of Large Passenger Vehicles With Regards to The Strengthen of their Super Strtucture’ adalah standar pengujian kendaraan yang berlaku di negara-negara yang tergabung dalam Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE).

Standar ini mengatur tentang kekuatan super struktur kendaraan ketika dilakukan uji guling (rollover test). Pentingnya penerapan R66 ketika dilakukan uji guling dikarenakan kendaraan-kendaraan besar atau tinggi seperti bus harus memiliki struktur yang mampu memastikan tidak terjadinya deformasi rangka yang mengintrusi ke dalam ruang residual penumpang.

Oleh karena itu semua bagian dari bus termasuk struktur rangka dan panel baik eksterior maupun interior seperti rak bagasi dan komponen AC tidak diperbolehkan masuk ke dalam ruang residual (residual space). Sejalan dengan misi Laksana untuk menciptakan sebuah kendaraan bus yang memiliki tingkat keamanan bertaraf dunia, sejak tiga tahun lalu Laksana telah bekerja sama dengan Kementrian Perhubungan, ITB dan KNKT dalam melakukan studi untuk mengimplementasikan regulasi internasional ini pada produk bus Laksana.

Adapun sebagai bukti keseriusan komitmen Laksana akan safety dari setiap produk bus yang dihasilkan, secara resmi telah mengenalkan uji guling pada setiap produk bus Laksana. “Kami berkomitmen menerapkan standar safety international dari setiap bus yang kami produksi. Oleh karena itu kami berinvestasi pada pembelian software simulasi kekuatan kendaraan kelas dunia, Altair agar dapat terus melakukan riset secara berkelanjutan dan kontinyu. Ini tentu saja menjadikan Laksana sebagai karoseri pertama di Indonesia yang memiliki kemampuan untuk simulasi ini,” tutup Stefan Arman. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Festival

15 Hari Menjelang PATA Travel Mart 2016

Segera ikut PATA Travel Mart 2016 di ICE (Ist) Tak terasa 15 hari lagi menjelang penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016 di venue Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten

World Heritage

Indonesia Buat Gwyneth Paltrow Jatuh Hati

Gwyneth Paltrow (Ist) Jika Leonardo DiCaprio bersama Adrien Brody dan Fisher Stevens terharu dengan orang utan di Taman Nasional Gujung Leuser Aceh, Julia Robert ‘jatuh cinta’ di Ubud Bali, Lady

SightSeeing

Pesona Jember Fashion Carnaval, Karnaval Indonesia Diakui Dunia

JFC (Ist) Jember Fashion Carnaval (JFC) terus memesona. Memasuki edisi ke-16 pada tahun ini, karnaval fesyen pertama di jalan raya itu kian meneguhkan posisinya sebagai karnaval terbaik di Tanah Air.

Festival

Yogyakarta yang Kental akan Budaya Jawa

Wisatawan asing di Yogyakarta (Ist) Berkunjung ke Yogyakarta sepertinya tak terasa lengkap jika tak menyempatkan diri untuk bermalam, bahkan menginap satu malam. Menikmati suasana malam ketika di Yogyakarta, baik itu

Travel Operator

PATA Travel Mart 2016 Incar Turis Tiongkok

President/CEO PAT Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (kiri) berpose bersama dengan Head of Sales and Marketing ICE Siti Karmila (tengah) dan President Director Deutshe Messe Venue Operations Aage Hansen (Ist) Wisatawan mancanegara

Hotel

Bogor Kembangkan Potensi Pariwisata

Taman Safari di Bogor (Ist) Pemerintah kabupaten Bogor terus mengembangkan dan mempromosikan potensi pariwisata yang ada untuk meningkatkan kunjungan wisatawan Nusantara maupun wisatawan mancanegara. Adapun selama ini destinasi wisata yang