Lembaga Internasional Nyatakan Keuangan PT Pelindo III Stabil

Kegiatan bongkar petikemas di Terminal Teluk Lamong

Kegiatan bongkar petikemas di Terminal Teluk Lamong (Ist)

Tiga lembaga pemeringkat internasional Moody’s, Standard & Poor(S&P), dan Fitch telah memberikan rating Baa3, BB+, BBB- semuanya dengan outlook stable untuk PT Pelabuhan Indonesia III.

Direktur Keuangan Pelindo III U Saefudin Noer mengatakan bahwa Standard & Poor resmi memberikan peringkat BB+ untuk kredit korporasi jangka panjang dan axBBB untuk peringkat jangka panjang skala regional ASEAN bagi Pelindo III.

S&P memberikan outlook perusahaan dengan kategori stabil. S&P juga menyematkan BB+ untuk peringkat penerbitan jangka panjang bagi senior unsecured notes yang diterbitkan oleh Pelindo III.

“Pelindo III dinilai memiliki tingkat profitabilitas yang tinggi dengan arus kas yang stabil pada operasional berbagai pelabuhan di Indonesia bagian tengah dan timur,” ujar Saefudin, Kamis (10/11/2016).

Sejumlah pelabuhan di wilayah Pelindo III terutama di Tanjung Perak, Surabaya dan Tanjung Emas, Semarang dapat menjadi andalan untuk mendukung arus kas dan profitabilitas perseroan.

Kedua pelabuhan itu berada di kota terbesar kedua dan kelima di Indonesia. Pelabuhan tersebut berada di wilayah sentra manufaktur dan pusat industri Indonesia.

Pelabuhan Banjarmasin juga menjadi pelabuhan penting bagi pengapalan logistik ke Kalimantan dan sebagai pelabuhan muat  untuk dikirim keluar pulau.

Begitu juga dengan pelabuhan Benoa, Bali yang menyediakan akses bagi kapal barang maupun kapal pesiar. Pada saat bersamaan, lembaga rating Moody’s juga memberikan peringkat Baa3 untuk pertama kalinya bagi Pelindo III.

Moody’s memberi penilaian outlook stabil bagi Pelindo III. “Peringkat itu mencerminkan baseline credit assessment dari Baa3. Pelindo III sebagai perusahaan milik pemerintah akan mendapat dukungan keuangan yang kuat dari pemerintah,” lanjutnya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Lembaga pemeringkat Fitch Ratings juga memberikan peringkat jangka panjang bagi penerbitan utang valuta asing dan penerbitan utang pada level BBB-.

Sejalan dengan penilaian Moody’s, Fitch juga memberikan outlook stabil.

Fitch menegaskan bahwa peringkat utang berdenominasi dolar Amerika Serikat yang diterbitkan Pelindo III dinilai berada di level BBB-.

Penyematan rating tersebut salah satunya dipengaruhi oleh meningkatnya arus petikemas di wilayah kerja Pelindo III yang mana pada 2015 lalu tercatat sebanyak 4,36 juta TEUs. 

Peningkatan arus petikemas salah satunya dipengaruhi oleh penambahan kapasitas khususnya di Terminal Teluk Lamong. 

“Terminal Teluk Lamong menjadi andalan kami dalam mendulang pendapatan perseroan. Fasilitas yang tersedia disana memungkinkan untuk sandar kapal dengan muatan petikemas 3.000 TEUs,” ucapnya.

PT Pelindo III saat ini menjadi operator pelabuhan kontainer terbesar kedua di Indonesia yang menguasai 33% dari seluruh market share petikemas. 

Dari jumlah tersebut, 90% diantaranya menjangkau daerah-daerah di wilayah Indonesia bagian tengah dan timur. “Peringkat Pelindo III juga didasarkan pada peringkat Indonesia sebagai pemegang saham utama yang mendapatkan rating BBB- dengan outlook stabil,” pungkas Saefudin. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Culture

Soppeng Gencar Promosi Pariwisata

Soppeng menarik wisatawan dengan pesona Kalong (ist) Kabupaten Soppeng tak berhenti dan malah semakin menggencarkan promosi potensi pariwisata yang ada dengan berbagai upaya. Ketua BPPD.Kabupaten Soppeng Farouk Adam mengatakan bahwa

Heritage

Gorontalo Promosi Potensi Pariwisata

Pulau Cinta di Gorontalo (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Gubernur Gorontalo Ruslie Habibie memperkenalkan Calender of  Event Gorontalo 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor

Culture

Tanjung Lesung Jadi Saksi Milky Way, Fenomena Alam yang Ditunggu Masyarakat Dunia

Foto: LAPAN Manajemen PT Banten West Java (BWJ), pengelola Tanjung Lesung mengaku bersyukur destinasi wisata Tanjung Lesung bisa menjadi venue saksi fenomena alam yang luar biasa, Milky Way pada Sabtu,

Travel Operator

Pariwisata Banyuwangi Kian Populer

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) dan Presiden Direktur Sriwijaya Air Chandra Lie (Ist) Pariwisata Banyuwangi bakal semakin ngetop. Akses menuju Kota Gandrung itu, bertambah lebar setelah Nam Air, Group Sriwijaya Air

SightSeeing

Lombok Harus Giat Jual Wisata Pulau Seribu Masjid

Pesona Lombok tak hanya sekadar alam yang indah. Destinasi wisata yang ada di Nusa Tenggara Barat (NTB) juga memiliki daya tarik tersendiri yang bisa meningkatkan kunjungan wisatawan, baik dalam negeri

Culture

Kuliner, Diplomasi Budaya yang Efektif

Putri Pariwisata Indonesia 2017 akan ikut mempromosikan kuliner khas Nusantara (Ist) Pemerintah akan memberikan perhatian dan dukungan terhadap perkembangan wisata kuliner di Nusantara sebagai upaya mendorong peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara