Lembata Kaya akan Biota Laut

lembata buku

Peluncuran Buku Lembata Underwater (Ist)

Lembata yang terletak di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur mungkin bukan wilayah yang familiar bagi sebagian masyarakat Indonesia.

Meski begitu, pulau dengan luas 1.266,39 km persegi ini memiliki kekayaan dan keunikan biota laut yang luar biasa. Team Leader Photographer untuk buku ‘Lembata Underwater’, Muljadi Pinneng Sulungbudi mengatakan bahwa selama enam hari mengeksplorasi lautan yang mengelilingi Lembata, ia dan timnya menemukan berbagai biota laut yang kaya dan unik, termasuk menemukan hiu yang biasanya hanya berada di Raja Ampat saja, yaitu Hiu Karpet.

“Biasanya cari hiu ini di Raja Ampat. Tapi kemarin Hiu Karpet tak sengaja tertangkap nelayan, dilepas lagi,” ujar Pinneng berbagi pengalamannya selama mengelilingi sembilan lokasi menyelam di Pulau Lembata, di Jakarta, Kamis (3/12/2015).

Selain menemukan sepsies hiu yang biasanya hanya terlihat di Raja Ampat, Pinneng menuturkan bahwa ia dan timnya juga menemukan satu spesies hiu yang biasanya berhabitat di Amerika Utara.

Jenis hiu tersebut, lanjut Pinneng, ialah Horn Shark, sebuah spesies hiu berbintik dengan panjang yang bisa mencapai 1,2 meter. Yang tak kalah menarik, di sekitar perairan dekat gunung Batu Tara, Pinneng dan timnya juga menemukan spesies laut yang meninspirasi lahirnya karakter Pikachu dalam anime Pokemon, yaitu Pikachu Nudibranch yang memiliki nama latin Thecacera Pacifia.

Tak hanya satu, Pinneng dan tim menemukan tiga ekor makhluk kuning bercorak hitam ini di bawah laut. “Kami panggil Three Pikachus,” canda travel blogger Marischka Prudence yang ikut menimpali cerita Pinneng.

Adapun Prudence yang juga ikut bergabung dalam tim eksplorasi Lembata yang dipimpin Pinneng juga memiliki satu pengalaman tersendiri.

Saat melakukan eksplorasi bawah laut untuk mengambil foto, Prudence mengaku menemukan banyak sekali binatang laut kecil berjenis skeleton shrimp di bawah perairan sekitar Lembata.

Makhluk yang sulit terlihat dengan mata telanjang ini dapat Prudence lihat dengan jelas dari balik lensa kameranya. Prudence mengatakan skeleton shrimp memang dapat ditemui di beberapa wilayah laut.

Akan tetapi ia belum pernah menemukan sekelompok skeleton shrimp dalam jumlah yang sangat banyak seperti yang terdapat di laut sekitar Lembata.

“Saking banyaknya, saya sampai nggak mau landing ke bawah (khawatir merusak). Mereka kutu-kutu yang sangat cantik,” ungkap Prudence. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Festival

Menyelami Jalur Rempah

Logo Hari Pers Nasional (HPN) 2017 Sebagai upaya terus menyebarkan virus positif Wisata Jalur Rempah ke seluruh stakeholder dan masyarakat Maluku, Ambon, Kemenpar pun menggelar Talkshow. Temanya adalah Optimalisasi Target

Festival

Menjual Destinasi ‘Bunyi’ Indonesia ke Mancanegara

‘KORG Bagimu Negeriku Melestarikan Tradisi dengan Cara yang Tidak Tradisional’ (Ist) Indonesia selama ini dikenal kaya akan beragam potensi wisata dan itu memang sudah terbukti. Negeri ini tak hanya dikenal

Travel Operator

15 Juta Wisman akan Datangkan Devisa US$14,9 Miliar

Destinasi wisata di Indonesia disukai wisman (Ist) Indonesia berkomitmen penuh untuk mencapai target menjadikan pariwisata sebagai sektor utama perekonomian. Di 2017, Indonesia percaya diri menetapkan target kunjungan 15 juta wisatawan

Tourism

Menpar Arief Yahya ‘Disentil’ Perkembangan KEK Pariwisata Mandalika

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) dan LA Hadi Faishal, Wakil Ketua PHRI NTB (Ist) Raut wajah Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya pun sempat memerah ketika LA Hadi Faishal, Wakil Ketua

Travel Operator

Miss Earth Indonesia 2017, Duta Lingkungan Hidup yang Ikut Promosikan Pariwisata Indonesia

Miss Earth Indonesia 2017 Michelle Victoria Alriani (Ist) Michelle Victoria Alriani resmi terpilih sebagai Miss Earth Indonesia 2017 pada malam puncak grand final Miss Earth Indonesia 2017. Keberhasilan Michelle, begitu

Slideshow

Pelindo III Siap Sambut Lebaran 2016

Logo PT Pelindo III (Ist) Manajemen PT Pelabuhan Indonesia III telah menyiapkan setidaknya 13 terminal penumpang kapal laut di wilayah kerjanya yang tersebar di tujuh provinsi untuk mengantisipasi peningkatan arus