Lembata Kaya akan Biota Laut

lembata buku

Peluncuran Buku Lembata Underwater (Ist)

Lembata yang terletak di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur mungkin bukan wilayah yang familiar bagi sebagian masyarakat Indonesia.

Meski begitu, pulau dengan luas 1.266,39 km persegi ini memiliki kekayaan dan keunikan biota laut yang luar biasa. Team Leader Photographer untuk buku ‘Lembata Underwater’, Muljadi Pinneng Sulungbudi mengatakan bahwa selama enam hari mengeksplorasi lautan yang mengelilingi Lembata, ia dan timnya menemukan berbagai biota laut yang kaya dan unik, termasuk menemukan hiu yang biasanya hanya berada di Raja Ampat saja, yaitu Hiu Karpet.

“Biasanya cari hiu ini di Raja Ampat. Tapi kemarin Hiu Karpet tak sengaja tertangkap nelayan, dilepas lagi,” ujar Pinneng berbagi pengalamannya selama mengelilingi sembilan lokasi menyelam di Pulau Lembata, di Jakarta, Kamis (3/12/2015).

Selain menemukan sepsies hiu yang biasanya hanya terlihat di Raja Ampat, Pinneng menuturkan bahwa ia dan timnya juga menemukan satu spesies hiu yang biasanya berhabitat di Amerika Utara.

Jenis hiu tersebut, lanjut Pinneng, ialah Horn Shark, sebuah spesies hiu berbintik dengan panjang yang bisa mencapai 1,2 meter. Yang tak kalah menarik, di sekitar perairan dekat gunung Batu Tara, Pinneng dan timnya juga menemukan spesies laut yang meninspirasi lahirnya karakter Pikachu dalam anime Pokemon, yaitu Pikachu Nudibranch yang memiliki nama latin Thecacera Pacifia.

Tak hanya satu, Pinneng dan tim menemukan tiga ekor makhluk kuning bercorak hitam ini di bawah laut. “Kami panggil Three Pikachus,” canda travel blogger Marischka Prudence yang ikut menimpali cerita Pinneng.

Adapun Prudence yang juga ikut bergabung dalam tim eksplorasi Lembata yang dipimpin Pinneng juga memiliki satu pengalaman tersendiri.

Saat melakukan eksplorasi bawah laut untuk mengambil foto, Prudence mengaku menemukan banyak sekali binatang laut kecil berjenis skeleton shrimp di bawah perairan sekitar Lembata.

Makhluk yang sulit terlihat dengan mata telanjang ini dapat Prudence lihat dengan jelas dari balik lensa kameranya. Prudence mengatakan skeleton shrimp memang dapat ditemui di beberapa wilayah laut.

Akan tetapi ia belum pernah menemukan sekelompok skeleton shrimp dalam jumlah yang sangat banyak seperti yang terdapat di laut sekitar Lembata.

“Saking banyaknya, saya sampai nggak mau landing ke bawah (khawatir merusak). Mereka kutu-kutu yang sangat cantik,” ungkap Prudence. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Slideshow

Pelindo III Peduli Sesama di Pelabuhan Tanjung Perak

Direktur Utama PT Pelindo III Orias Petrus Moedak (kiri) saat menyerahkan paket sembako gratis. (Ist) Manajemen PT Pelabuhan Indonesia III tak melulu mengejar profit lantaran kembali membagikan paket sembako gratis

Tourism

Karnaval Kemerdekaan tidak Kalah dengan Rio De Janeiro

Jember Fashion Carnaval ikut serta dalam Karnval Kemerdekaan di Bandung, Sabtu (26/8/2017) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya menilai Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 tidak kalah dengan karnaval di Rio De

Tour Package

Bambu Spa akan Ikut Promosikan Wonderful Indonesia

Grand Opening Bambu Spa Tebet (Ist) Pemerintah tengah gencar mempromosikan pariwisata Indonesia hingga ke mancanegara guna memenuhi target Presiden Jokowi mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) hingga 2019 mendatang. Adapun

Tourism

Pemerintah Gandeng Accor Hotels Promosikan Pariwisata Indonesia

Batik asli Indonesia (Ist) Promosi pariwisata untuk market Perancis tidak pernah berhenti untuk Indonesia. Setelah partisipasi yang signifikan di pameran TOP RESA dan sukses di acara roadshow di empat kota

Airlines

International Musi Triboatton 2016 Bakal Semarak

Sumsel siap sambut International Musi Triboatton 2016 dengan beragam lomba (Ist) Kegiatan tahunan sport tourism Internasional Musi Triboatton 2016 akan kembali digelar di Sumatera Selatan (Sumsel) pertengahan Mei mendatang, yakni

SightSeeing

Indonesia Top Model 2016 Lestarikan Budaya Busana Nusantara

Indonesia Top Model 2016 lestarikan Budaya Busana Nusantara (Ist) Indonesia Top Model 2016 yang digelar Yayasan Pembina Model Indonesia (YAPMI) memperoleh apresiasi masyarakat, hal tersebut terbukti dengan banyaknya peserta yang datang