Libur Lebaran Keliling Indonesia

karimata

Menteri Pariwisata Arief Yahya (ketiga dari kiri) (Ist)

Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta masyarakat tidak perlu takut berwisata.

Terkait dengan situasi pasca bom Solo, Arief Yahya mengatakan bahwa kondisi berbagai destinasi wisata di Tanah Air tetap aman dan kondusif seperti sebelumnya.

“Sementara ini tidak ada indikasi terorisme ke arah tempat-tempat wisata sehingga wisatawan, baik wisnus maupun wisman tidak perlu khawatir. Tidak perlu menunda rencana bertamasya ke atraksi-atraksi wisata,” kata Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Selasa (5/6/2016).

Sebagaimana diketahui telah terjadi bom bunuh diri di depan Mapolresta Solo pada 5 Juli 2016 pk7.30 WIB.

Pelaku yang menggunakan sepeda motor berusaha masuk menerobos halaman Mapolresta, namun tidak berhasil karena saat menerobos seorang diri seorang anggota Provos menghalanginya.

Pelaku balik arah dan langsung meledakkan bom yang dibawanya. Kapolri Badrodin Haiti menyatakan bahwa pelaku langsung meninggal dunia, sedangkan anggota provos yang bernama Bripka Bambang Adi mengalami luka-luka.

Laporan dari kepolisian setempat menyatakan bahwa situasi sudah dapat dikendalikan, aman dan kondusif.

Sementara penjagaan di tempat-tempat ibadah serta tempat-tempat umum dan terbuka dijaga seperti biasanya, sebagaimana biasa dalam operasi pengamanan hari raya.

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti meminta agar jajaran Kepolisian meningkatkan kesiagaaan dan melakukan penyelidikan segera terhadap pelaku bom bunuh diri.

Presiden Jokowi dalam keterangannya mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan beribadah secara khusyuk, serta tidak takut terhadap aksi teror ini.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo menegaskan Solo tetap dalam kondisi aman dan nyaman untuk berlebaran.

Acara takbir bersama yang telah diagendakan akan tetap berjalan. Demikian pula semua acara yang telah disiapkan pemerintah kota untuk meramaikan lebaran di Solo tetap akan dilaksakan sesuai rencana.

“Saya imbau seluruh warga maupun pemudik yang akan datang ke Solo tetap tenang. Solo tetap dalam kondisi aman. Acara takbiran bersama akan tetap dilaksanakan nanti malam. Kami akan semakin meningkatkan pengamanan dengan melakukan koordinasi dengan semua pihak, baik TNI, Polri, Satpol PP hingga Linmas,” ujar FX Hadi.

Selain itu, sejumlah agenda kegiatan kesenian yang disiapkan Pemkot dalam rangkaian mata acara ‘Bakdan ing Solo’ juga tetap akan berlangsung.

“Tidak ada penundaan. Semua tetap berjalan. Aman. Jangan panik,” tegasnya.

Tanggapan dari warga Solo secara umum jika dipantau di berbagai media sosial terlihat tetap positif.

Mereka menggangap kondisi tetap aman dan mereka tidak terpengaruh terhadap isu bom yang baru saja terjadi di sana.

Seorang warga Solo, Deny, misalnya, menulis di laman facebook-nya bahwa Solo tetap aman, tenteram dan damai. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Heritage

Puncak HUT RI ke-71, Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba Siap Digelar Pemerintah

Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam Jumpa Pers Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba ‘Indonesia Kerja Nyata’ di Gedung Sapta Pesona Kemenpar (Ist) Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba dalam rangka perayaan HUT

Airlines

Turis Timur Tengah Suka Traveling ke Bogor

Festival Pesona Kabupaten Bogor 2017 (Ist) Wisatawan asing dari kawasan Timur Tengah diketahui suka traveling ke sejumlah destinasi wisata yang ada di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Hal tersebut dikatakan Kepala

All About Indonesia

Polygon Perkuat Posisi di Pasar Asia

Taipei International Cycle Show 2017 (Ist) Perubahan perekonomian global berlangsung sangat cepat dalam beberapa tahun terakhir ini dipengaruhi oleh gejolak politik, sosial budaya hingga teknologi. Pada akhirnya mendorong persaingan industri

Slideshow

Pelindo III Siap Sambut Lebaran 2016

Logo PT Pelindo III (Ist) Manajemen PT Pelabuhan Indonesia III telah menyiapkan setidaknya 13 terminal penumpang kapal laut di wilayah kerjanya yang tersebar di tujuh provinsi untuk mengantisipasi peningkatan arus

Airlines

Tanjung Lesung yang Semakin Lengkap

Peletakan batu pertama Dive Center di Tanjuug Lesung (Ist) Destinasi wisata Tanjung Lesung di Pandeglang, Banten kini semakin lengkap sebab tengah dibangun Dive Center. Tak hanya itu, manajemen PT Banten

Slideshow

Pemerintah Apresiasi Palu Serius Sambut GMT 2016

Ilustrasi GMT 2016 di Indonesia (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan apresiasi kepada Palu di Sulawesi Tengah yang serius menyiapkan acara menyambut fenomena alam langka, gerhana matahari total (GMT) 2016.