Lombok Bakal Punya Sirkuit F1

pantai kuta lombok

Pantai Kuta di Kawasan Mandalika, Lombok (Ist)

Pernah nonton balap F1 di Monaco? Sirkuit yang juga menyuguhkan pemandangan indah seperti laut, bukit-bukit, bangunan heritage, ngebut di dalam kota, dengan desain yang wow?

Nah, sirkuit seperti itu akan segera hadir di Indonesia. Lokasi yang dipilih, Mandalika, Lombok, sebuah kawasan yang bakal segera disulap menjadi ’10 Bali Baru’.

Jika sirkuit ini jadi, Lombok, NTB brnar-benar menjadi destinasi yang wow. “Sirkuit jalan raya akan segera dibangun di Mandalika, Lombok. PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) telah memastikan dibangunnya Street-Race Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Lombok Tengah,” ucap Ketua Pokja Percepatan 10 Destinasi Prioritas Kemenpar Hiramsyah S Thaib dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Senin (30/1/2017).

Membangun sirkuit balap kelas dunia di Mandalika? Kawasan yang sudah ditetapkan ke dalam 10 destinasi prioritas Kemenpar? Apa bisa?

Apa juga untungnya bagi Indonesia? Bukankah membangun sirkuit kelas dunia itu tidak murah? Prasyarat menggelar event dunia yang akan live TV di ratusan negara juga tidak gampang?

Nah, sejumlah kendala yang bakal menghadang tak ditampik Abdulbar M Mansoer, Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC),

Meski begitu, dia tak patah arang. Dia mengaku tidak ada yang mustahil dilakukan jika ada keinginan dan kerja keras. “Rencana pembangunan sirkuit jalan raya kelas dunia di Mandalika sudah diawali dengan penandatanganan MoU antara ITDC dengan Roadgrip Motorsports UK Ltd dan Mrk1 Consulting pada 20 Januari 2017 lalu,” sebut Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M. Mansoer.

Bagi Abdulbar, penandatanganan MoU seolah memberi isyarat ‘lampu hijau’ sebab Roadgrip Motorsports UK Ltd dan Mrk1 Consulting bukan perusahaan sembarangan.

Mrk1 Consulting sudah pernah menggarap Olimpiade dan Commonwealth Games, FIFA turnamen, termasuk Piala Dunia, Formula One, Australia V8 Supercars, World Rally Championship, FIM Eropa Speedway Championship dan World Superbikes, triathlon hingga event sepeda dunia.

Sementara Roadgrip Motorsports UK Ltd punya reputasi kuat dalam pembangunan jalan raya, landasan pacu dan lapangan udara, ritel, tempat parkir, arena olahraga dan sirkuit balap di berbagai penjuru dunia.

“Sirkuit di KEK Mandalika ini akan dibangun dengan standar FIM and FIA untuk kelayakan penyelenggaraan kejuaraan dunia balap motor,” tambah Abdulbar.

Lantas mengapa harus ngotot membangun sirkuit jalan raya kelas dunia di Mandlika? Mengapa juga  harus repot menggandeng Roadgrip Motorsports UK Ltd dan Mrk1 Consulting?

“Karena value dan opportunity-nya sangat besar. Jadi semuanya harus disesuaikan dengan standar dunia,” sebut Abdulbar.
Ucapan Abdulbar memang sangat masuk akal.

Jika terealisasi, sirkuit jalan raya kelas dunia tadi akan menjadi sorotan dunia. Ratusan juta pasang mata akan terfokus di objek wisata Mandalika yang sudah dilabeli kuat Wonderful Indonesia itu.

Dampak ekonominya pun tak sedikit. Abdulbar memprediksi setidaknya ada Rp3,9 triliun lebih yang bisa didulang dari setiap event kelas dunia yang digelar di Mandalika.

Itu belum termasuk potensi tourism yang disebut-sebut bisa mencapai sekitar Rp1,3 triliun. “Media value-nya lain lagi. Kalau event sekelas MotoGP bisa mencapai Rp2,6 triliun. Belum lagi income dari tiket. Itu sebabnya kami ngotot membangun sirkuit kelas dunia di Mandalika,” terang Abdulbar.

Dibangun di atas lahan seluas 500 hektar, sirkuit jalan raya Mandalika akan menjadi satu-satunya sirkuit jalanan di dunia yang menawarkan panorama indah.

Nantinya, para rider akan disuguhkan pemandangan laguna, solar cell farm, lapangan golf, area komersil dan perkotaan, serta panorama Samudera Hindia yang indah.

“Penonton juga dapat memandang sirkuit secara terbuka sembari menikmati keindahan tepi laut dan area terbuka hijau,” sambung Abdulbar.

Mirip dengan Singapura dan Monaco, sirkuit jalan raya di Mandalika akan bersifat musiman. Sirkuitnya terbuka untuk publik sepanjang tahun dan dapat diubah untuk menjamu event-event balap motor internasional.

Pengembangan desain akan segera dilakukan dalam beberapa bulan ke depan. Gerak cepat ini dilakukan untuk mengejar target rencana penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Balap Motor Grand Prix Mandalika pada 2019 yang penyelenggaraannya akan dibantu Roadgrip Motorsports UK Ltd.

Menpar Arief Yahya terus men-support kreasi membangun atraksi-atraksi baru di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika Lombok.

“Planning yang matang, lalu actions yang cepat dengan prinsip WinWay, Wonderful Indonesia Way, Solid, Speed, Smart. Makin hebat atraksi, makin global standart, makin kuat positioning Mandalika sebagai destinasi prioritas,” kata Menpar Arief Yahya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Destinations

Menanti Sinergi PT Goldena Inti Dinamika dengan Hotel Desa Wisata TMII

Frans Salton Lepong (Ist) Pada masa kini, sinergi sepertinya menjadi suatu kebutuhan guna mendukung kemajuan perusahaan atau organisasi. Hal tersebut disadari Hotel Desa Wisata TMII dan PT Goldena Inti Dinamika untuk

Festival

Ucapan Selamat HUT ke-3 patainanews.com dari Helicity

Berita Foto: Manajemen, staf dan redaksi patainanews.com mengucapkan terima kasih atas perhatian PT Whitesky Aviation yang mengelola Helicity yang mengucapkan Selamat dan Sukses HUT ke-3 patainanews.com

Destinations

Gowes di Cirebon

Start Family Fun Bike ‘Tour de Keraton Kasepuhan’ (Ist) Daya tarik Cirebon tak kalah dengan destinasi lainnya. Kini semakin banyak wisatawan, baik turis domestik maupun wisatawan mancanegara tertarik untuk berkunjung ke

Destinations

Agro Wisata di Lombok Positif untuk Masyarakat

Menteri ATR/Kepala BPN Ferry Mursyidan Baldan didampingi LA Hadi Faishal (baju batik) ketika menanam buah (Ist) Perkembangan pariwisata di Lombok, Nusa Tenggara Barat yang diketahui tengah mengembangkan agro wisata diperkirakan

Travel Operator

Kunjungan Wisman Januari-November 2016 Tumbuh 10,46%

Wisatawan mancanegara di Indonesia (Ist) Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada November 2016 mencapai 1.002.333 atau mengalami peningkatan sebesar 19,98% dibandingkan November 2015 berjumlah 835.408 wisman. Sementara secara

Destinations

‘Wonderful Indonesia’ Tenggelamkan Malaysia

‘Wonderful Indonesia’ (Ist) Country branding Indonesia, ‘Wonderful Indonesia’ semakin berjaya di pentas internasional lantaran mencetak prestasi membanggakan yang prestisius karena mampu menyingkirkan negeri jiran, Malaysia. Adapun Indonesia memboyong tiga kategori