Lombok Bersiap Menyambut Wisatawan Timur Tengah

lombok menang dlm halal tourism

Lombok sumbang dua gelar untuk Indonesia dalam World Halal Travel Awards 2015 (Ist)

Menggeliatnya industri pariwisata nasional menjadi peluang untuk menghasilkan devisa besar bagi negara. Dan, hingga saat ini Kementerian Pariwisata terus mengupayakan agar jumah wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke negeri ini terus bertambah.

Selain mengincar pasar wisman Tiongkok yang besar, diakui oleh pihak Kementerian Pariwisata bahwa potensi kunjungan turis asing dari Timur Tengah adalah pasar yang cukup menjanjikan untuk dikejar.

“Kini kami sedang gencar berpromosi di beberapa media Timur Tengah, namun karena cara beriklan di sana beda dengan tempat lain, maka meski materi iklannya sama, tapi konten yang kita berikan ke kawasan itu berbeda,” ujar Nia Niscaya, Asisten Deputi Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika, dan Afrika Kementerian Pariwisata kepada wartawan di Hotel Santika Cirebon pada akhir pekan lalu.

Hal itu harus dilakukan karena berpromosi di Timur Tengah agak ketat aturannya, seperti iklan tidak boleh terlihat orang, jadi misalnya mau promosi tentang Bali, tidak bisa menampilkan wanita penari Bali.

Kemudian agar promosi yang dilakukan efektif, pihak Kementerian Pariwisata menyasar media-media yang banyak ditonton wanita dan anak-anak. Pasalnya, saat akan jalan-jalan ke luar negeri, biasanya seorang ayah akan mengikuti permintaan istri atau anaknya.

Nia Niscaya

 

Nia Niscaya (youtube)

“Kita optimistis mereka akan senang ke Indonesia karena wisatawan Timur Tengah suka pemandangan alam yang serba hijau karena di negaranya, yang dominan hanya gedung beton dan padang pasir,” papar Nia dalam acara Sosialisasi Pemasaran Pariwisata Mancanegara kepada Media Nasional yang dilakukan pada 23 – 25 Oktober 2015 di Cirebon.

Untuk menarik kedatangan wisatawan Timur Tengah, Nia mengutarakan bahwa pihaknya akan menjagokan Lombok lantaran belum lama ini Pulau Seribu Masjid ini menang di ajang World Halal Travel Awards 2015.

PHRI NTB Apresiasi Menteri Pariwisata

Sementara Wakil Ketua Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI) Nusa Tenggara Barat LA Hadi Faishal menyampaikan apresiasi tinggi kepada Menteri Pariwisata Arief Yahya yang berhasil mencetak prestasi pariwisata Indonesia hingga dikenal hingga ke mancanegara dan berjaya dalam event pariwisata dunia, World Halal Travel Awards 2015.

“Menteri Pariwisata Arief Yahya rupanya mampu membangun program pariwisata Indonesia, termasuk untuk Lombok sehingga bisa menang dalam event dunia, World Halal Travel Awards 2015,” ucap Hadi, begitu ia biasa disapa, kepada patainanews.com di Jakarta akhir pekan lalu.

Hadi menjelaskan bahwa tentunya tidak mudah bagi sosok Arief Yahya sebagai seorang Menteri Pariwisata bisa mempersembahkan tiga gelar internasional untuk negeri tercinta ini dalam World Halal Travel Awards 2015.

“PHRI NTB menyampaikan apresiasi terhadap kinerja maksimal Menteri Pariwisata Arief Yahya yang telah bekerja keras memajukan pariwisata Indonesia, termasuk untuk Lombok yang bisa membawa nama Indonesia berkibar dalam World Halal Travel 2015,” kata Hadi yang juga sebagai General Manager d’Praya Lombok Hotel ini.

Seperti diketahui, Lombok baru-baru ini menyumbang dua gelar untuk Indonesia dalam ajang internasional, World Halal Travel Award 2015. Lombok berhasil mendapat World’s Best Halal Tourism Destination dan World’s Best Halal Honeymoon Destination.

Sedangkan satu gelar lagi untuk negeri ini dipersembahkan Hotel Sofyan yang mendapat World’s Best Family Friendly Hotel sehingga total Indonesia menyabet tiga gelar dalam World Halal Travel Awards 2015.

Menjadi kebanggaan bagi Hadi lantaran Lombok yang terletak di NTB berhasil membawa nama Indonesia semakin dikenal di dunia. Menurutnya, industri pariwisata di Pulau Seribu Masjid ini tengah sumringah karena Lombok akan menjadi destinasi menarik bagi turis asing sehingga wisatawan mancanegara tak hanya sebatas ke Bali saja.

Hadi yang juga Ketua Dewan Penasihat ASITA NTB ini mengemukakan bahwa tentunya keberhasilan negeri tercinta ini dalam World Halal Travel Awards 2015 akan membuat kunjungan wisatawan asing ke Lombok akan meningkat. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Slideshow

Dapur Solo Hadir di GIIAS 2016

GIIAS 2016 di ICE (Ist) Dapur Solo, resto yang dikenal menyajikan kuliner Nusantara ikut serta membuka booth di GIIAS 2016 yang digelar di venue Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD

Travel Operator

Astindo Fair 2016 Bidik Rp150 Miliar

Astindo Fair 2016 (Ist) Pihak penyelenggara Astindo Fair 2016 menargetkan bisa mendatangkan sebanyak 100.000 pengunjung dan terjadi kenaikan transaksi penjualan di Jakarta sebesar 15 persen dibandingkan tahun 2015. “Untuk penyelenggaraan

Nature

Klarifikasi INACA mengenai Harga Tiket Pesawat

INACA (Ist) Sehubungan dengan berkembangnya issue perihal harga tiket mahal dan harga avtur baru-baru ini dimedia, Indonesia National Air Carriers Association (INACA) memastikan bahwa pihaknya tidak pernah bermaksud untuk menyudutkan

Culture

Mempertahankan Budaya Lokal

Bupati Bogor Nurhayanti (kanan) Pada era globalisasi sekarang ini, negeri ini terus menghadapi serbuan budaya asing yang mengikis budaya lokal, termasuk budaya seni yang telah diwariskan nenek moyang. Pada momen

Indonesiaku

Silaturahmi Pembentukan Dai Muda Betawi

Suasana silaturahmi Dai Betawi (Ist) Silaturahmi dan pembentukan Dai-Dai Muda Betawi, Kamis 5 juli 2018 di RM Bebek Dower Ragunan, Jakarta Selatan dihadiri sejumlah tokoh, yakni Ketua BAMUS DPD Jaksel

SightSeeing

The Ranch yang Instagramable

The Ranch (Christabell)  Indonesia memang negeri eksotis yang tidak pernah berhenti membuat wisatawan berdecak kagum dengan berbagai keindahan alam yang disajikan. Indonesia yang disebut negara kepulauan ini tentu memiliki beragam