Lulusan STP Diminta Jeli Garap Peluang di Sektor Pariwisata

Ekspresi Menteri Pariwisata Arief Yahya aat menghadiri prosesi wisuda STP NHI Bandung tahun 2019 (Ist)

Lulusan Sekolah Pariwisata (STP) NHI Bandung diminta untuk jeli dan kreatif dalam menggarap peluang di sektor pariwisata.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengajak 610 orang wisudawan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) NHI Bandung untuk memberikan andil dan karya besarnya bagi pengembangan potensi pariwisata lantaran pariwisata saat ini menjadi salah satu sektor unggulan penghasil devisa terbesar bagi Tanah Air.

Menpar Arief saat menghadiri prosesi wisuda STP NHI Bandung tahun 2019 di Dome Malabar, Bandung, Senin (16/9/2019) berpesan agar para wisudawan/wisudawati tahun ini harus memiliki rasa bangga dan ikut berkontribusi bagi sektor pariwisata Indonesia.

“Para lulusan STP NHI harus jeli melihat pasar yang saat ini sedang berkembang, harus bisa mengembangkan diri dan lingkungan sesuai dengan standar global. Untuk standar global tersebut, benchmarknya ada di Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI) yang dirilis oleh World Economic Forum,” kata Menpar Arief dalsm siaran pers yang diterima patainanews.com.

STP NHI Bandung mengangkat tema wisuda tahun ini ‘Wonderful Human Resources 4.0’. Sebanyak 610 wisudawan terdiri dari 28 orang lulusan pascasarjana, 60 orang lulusan Strata 1, 191 orang Lulusan Diploma IV, dan 331 orang lulusan Diploma III.

Adapun wisudawan terbaik tahun 2019 diraih oleh Achmad Rifqi dengan predikat kelulusan sangat memuaskan (IPK 3,74) disertai dengan beberapa penghargaan seperti zero absensi 2015, 2016, dan 2017 dan Penghargaan Champion of The Year for FITE 2016, Best Speaker for English Debate Competition at Telkom University 2015, Outstanding Research Article, Summer Course at University of Anger France, dan Thesis Research in Collaboration dengan Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih.

Pada tahun 2019 STP NHI Bandung telah melahirkan 92 orang yang tergabung dalam Batch IV atau 13,2 persen dari total mahasiswa tahun ajaran 2018-2019 yang mengikuti Program Inkubasi Wirausaha.

Dalam rangka mendukung program Kementerian Pariwisata yakni mengembangkan entrepreneur di bidang pariwisata, STP NHI Bandung turut berkontribusi dengan menciptakan UPA (Unit Practice Assessment) ‘Enhaii Corner 186’ bagi mahasiswa yang memiliki minat kewirausahaan tinggi dan telah mengikuti inkubasi di Enhaiipreneur Center.

Program pembentukan UPA merupakan salah satu usaha yang di lakukan STP NHI Bandung di dalam mencapai target 10 persen dari lulusan setiap tahunnya.

Pada kesempatan kali ini Menteri Pariwisata Arief Yahya meresmikan Grand Launching Enhaii Corner 186 yang diharapkan dapat menjadi wadah bagi para mahasiswa yang ingin berwirausaha khususnya di bidang pariwisata.

Pengalaman praktik berbisnis secara nyata akan menjadi pengalaman serta pembelajaran yang sangat berarti bagi mahasiswa. Kehadiran Enhaii Corner 186 di STP NHI Bandung sebagai UPA, merupakan suatu terobosan baru yang diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi perguruan tinggi lain.

Menpar Arief Yahya yang juga hadir saat launching Enhaii Corner mengatakan, hal ini merupakan salah satu upaya mencapai target 10 persen entrepreneur sekaligus untuk meningkatkan praktik kewirausahaan di kalangan mahasiswa STP NHI Bandung.

“Melalui program ini diharapkan dalam jangka pendek bisa meningkatkan jumlah pemain di industri pariwisata dan dalam jangka panjang bisa mengembangkan ekosistem industri pariwisata Indonesia,” kata Menpar Arief. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Destinations

Keluarga Raja Arab Saudi Suka Bali

Pura Tirta Emphul di Tampak Siring, Bali. Salah seorang pangeran kerajaan Saudi, Pangeran Fahad Bin Faisal Al Saud pernah memposting liburannya di pura ini saat pergantian tahun 2017 via akun

World Heritage

IATA Gandeng PATA Indonesia Kembangkan Pariwisata Indonesia

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (batik) bersama Rektor President University Chandra Setiawan (tengah) dan Country Manager IATA Indonesia Rita Rompas berjabat tangan dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) (Ist) International

Destinations

3 Generations Fun Fair Gathering

Berita Foto: Tiga Generasi, yakni oma/opa, anak/menantu; dan cucu) tampil bersama dalam 3G Funfair Rabu, 22 Ags 2018 di Senior Living D’Khayangan yang dipandu oleh konduktor acara yang memahami relasi

Tourism

Loteng, Destinasi yang Diminati Wisman

Lombok Tengah (Loteng) setelah berdirinya Bandar Udara lnternasional Lombok (BIL) kini menjadi destinasi baru yang banyak diminati wisatawan mancanegara (wisman). Pantai selatan yang indah dan banyak wisata alam air terjun

Heritage

Menteri Pariwisata Manfaatkan Teknologi Pantau Wisatawan

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Seiring perkembangan zaman, teknologi pun semakin canggih. Karenanya pemerintah memanfaatkan teknologi, seperti mengetahui posisi wisatawan melalui nomor ponsel untuk mengikuti pergerakan wisatawan Nusantara dan wisatawan

Culture

ASITA dan PATA Indonesia akan Kembalikan Wisata Selat Sunda

Ketua Umum DPP ASITA Nunung Rusmiati (baju hitam) dan CEO/President PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (kanan) (Ist) DPP ASITA bersama PATA Indonesia Chapter sepakat mengembalikan potensi wisata Selat Sunda. Hal