Magelang, Destinasi Wisata Spiritual

WhatsApp Image 2017-03-20 at 11.51.03

Suasana seminar Wisata Spiritual (Ist)

Candi Borobudur di Magelang selama ini dikenal sebagai landmark unggulan di Jawa. Menariknya, tidak jauh dari Candi tersebut ada Gunung Tidar yang ternyata juga punya potensi wisata spiritual.

Tidak kalah dari Borobudur, Gunung Tidar yang dikenal sebagai tempat latihan militer di Magelang juga kaya akan potensi wisata spiritual. Hal itu pun diungkapkan dalam seminar Mengembangkan Pariwisata Berbasis Budaya dan Spiritual di President Lounge, Menara Batavia, Jakarta, Senin (20/3/2016).

Dalam seminar yang digelar Tidar Heritage Foundation dan Kemenpar itu turut dihadiri tokoh budaya seperti Prof Komaruddin Hidayat, Prof Dr Budi Susilo Supandji, Mohamad Sobary, Romo Mudji Sutrisno dan SD Darmono, Founder Jababeka Group.

“Tidar itu Pakunya Pulau Jawa, ada makam Syekh Subakir di Gunung Tidar, di sana itu ada Wisata Festival 5 Gunung, festival rakyat yang menghidupi memberi makna dari gunung,” ujar Sobary. Selain festival budaya yang telah diselenggarakan juga akan diselenggarakan Wayangn pada 25 Maret mendatang.

Tujuannya untuk mempromosikan Gunung Tidar sebagai salah satu destinasi wisata spiritual di Magelang. “25 Maret 2017 Wayangan dengan mengembalikan lagi ke esensi untuk sebuah narasi yang bersumber dari sebuah kekuatan spiritual,” ujar Romo Mudji Sutrisno.

Ia menjelaskan, narasi budaya menjadi akar penting dalam mengemas wisata spiritual. Tanpa cerita spiritual, wisatawan tidak akan tertarik datang ke sebuah objek wisata religi. “Pada mulanya adalah narasi, kisah, bagaimana wisata Spiritual bermula dari kisah, khusus Borobudur terutama dalam lingkup payung yayasan tidar, saya mendukung sekali,” ujar Romo Mudji.

Sementara SD Darmono selaku Founder Tidar Heritage Foundation sekaligus Chairman PATA Indonesia Chapter turut mendukung terselenggaranya acara tersebut. Bukan tidak mungkin kelak Gunung Tidar bisa jadi destinasi wisata spiritual, seperti Borobudur. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Investments

Kinerja Keuangan 2016, PT Pelindo III Bukukan Laba Rp1,51 Triliun

TPS bird view PT Pelindo III (Ist) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Pelabuhan Indonesia III atau Pelindo III menunjukkan peningkatan kinerja perusahaan dari berbagai sisi pada akhir tahun 2016. 

Nature

Perkuat Akses, Arief Yahya Road Show Keliling Perusahaan Airlines

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama rombongan Kementerian Pariwisata ketika berkunjung ke kantor pusat Lion Air (Ist) Akses! Menjadi concern Menteri Pariwisata Arief Yahya belakangan ini, selain Atraksi dan Amenitas (3A),

Hotel

Sultan Keraton Kasepuhan Cirebon Apresiasi Kereta Wisata Ajak Wisatawan ke Cirebon

Wisatawan di Keraton Kasepuhan Cirebon (Ist) Sultan Keraton Kasepuhan Cirebon menyambut positif rencana manajemen PT Kereta Api Pariwisata pada akhir tahun depan meluncurkan layanan traveling ke sejumlah destinasi wisata yang

SightSeeing

Pariwisata Swiss van Java Bakal Mendunia

Menteri Pariwisata Arief Yahya membuka Gebyar Pesona Budaya Garut 2018 didampingi Pjs Bupati Garut Koesmayadi Tatang Padmadinata dan Wakil Ketua Komisi X DPR Ferdiansyah di Garut, Kamis (22/2/2018) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya

Hotel

BBTF 2018 Sukses

I Gde Pitana (Ist) Transaksi Bali and Beyond Travel Fair (BBTF) 2018 menghasilkan kenaikan transaksi yang luar biasa. Event yang digelar 26 hingga 30 Juni lalu di Bali Nusa Dua

Slideshow

Pendidikan Karakter Meriahkan HPN 2017

Destinasi wisata di Maluku (youtube) PWI Pusat akan mengadakan pendidikan karakter untuk generasi muda Maluku. Kegiatan ini akan diikuti oleh mahasiswa dan siswa se Maluku. Hal itu diungkapkan Nurjaman Mochtar,