Magelang, Destinasi Wisata Spiritual

WhatsApp Image 2017-03-20 at 11.51.03

Suasana seminar Wisata Spiritual (Ist)

Candi Borobudur di Magelang selama ini dikenal sebagai landmark unggulan di Jawa. Menariknya, tidak jauh dari Candi tersebut ada Gunung Tidar yang ternyata juga punya potensi wisata spiritual.

Tidak kalah dari Borobudur, Gunung Tidar yang dikenal sebagai tempat latihan militer di Magelang juga kaya akan potensi wisata spiritual. Hal itu pun diungkapkan dalam seminar Mengembangkan Pariwisata Berbasis Budaya dan Spiritual di President Lounge, Menara Batavia, Jakarta, Senin (20/3/2016).

Dalam seminar yang digelar Tidar Heritage Foundation dan Kemenpar itu turut dihadiri tokoh budaya seperti Prof Komaruddin Hidayat, Prof Dr Budi Susilo Supandji, Mohamad Sobary, Romo Mudji Sutrisno dan SD Darmono, Founder Jababeka Group.

“Tidar itu Pakunya Pulau Jawa, ada makam Syekh Subakir di Gunung Tidar, di sana itu ada Wisata Festival 5 Gunung, festival rakyat yang menghidupi memberi makna dari gunung,” ujar Sobary. Selain festival budaya yang telah diselenggarakan juga akan diselenggarakan Wayangn pada 25 Maret mendatang.

Tujuannya untuk mempromosikan Gunung Tidar sebagai salah satu destinasi wisata spiritual di Magelang. “25 Maret 2017 Wayangan dengan mengembalikan lagi ke esensi untuk sebuah narasi yang bersumber dari sebuah kekuatan spiritual,” ujar Romo Mudji Sutrisno.

Ia menjelaskan, narasi budaya menjadi akar penting dalam mengemas wisata spiritual. Tanpa cerita spiritual, wisatawan tidak akan tertarik datang ke sebuah objek wisata religi. “Pada mulanya adalah narasi, kisah, bagaimana wisata Spiritual bermula dari kisah, khusus Borobudur terutama dalam lingkup payung yayasan tidar, saya mendukung sekali,” ujar Romo Mudji.

Sementara SD Darmono selaku Founder Tidar Heritage Foundation sekaligus Chairman PATA Indonesia Chapter turut mendukung terselenggaranya acara tersebut. Bukan tidak mungkin kelak Gunung Tidar bisa jadi destinasi wisata spiritual, seperti Borobudur. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Festival

Keindahan Danau Toba Dipromosikan dalam Festival Musik Internasional

Toba Caldera World Music Festival (TCWMF) 2019 (Ist) Keindahan destinasi wisata Danau Toba, Sumatera Utara dipromosikan dalam perhelatan musik internasional Toba Caldera World Music Festival (TCWMF) 2019 yang digelar pada

Culture

PATA Indonesia Yakin PATA Travel Mart 2016 Sukses

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (kiri) tengah berdiskusi dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) PATA Travel Mart 2016 yang akan digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) yang terletak di

Tourism

PRibuMI Menembus Pasar Dunia

Produk PRibuMI… (Ist) Sebagai produk buatan anak negeri, PRibuMI…sepertinya telah diterima pasar dunia lantaran produk-produknya sudah diminati sejumlah negara. Dan, menjadi kebanggaan sebab produk PRibuMI…rupanya disukai penggemar fesyen luar negeri.

Travel Operator

Tiket Pesawat Mahal, Mudik Lebaran 2019 dengan Kereta Wisata

Direktur Utama PT Kereta Api Pariwisata Totok Suryono (kedua dari kanan) Masyarakat Indonesia semakin berminat mencoba kereta wisata yang dikelola PT Kereta Api Pariwisata. Hal ini terlihat dari penjualan tiket

Journey

Media Massa Berperan Besar Sebarkan Selat Sunda Aman

Menteri Pariwisata Arief Yahya di Tanjung Lesung (Ist) Status daerah pasca bencana seperti Tanjung Lesung yang ada di Pandeglang, Banten yang terdampak tsunami Selat Sunda rupanya memiliki pengaruh besar terhadap

Destinations

Travel Agent Perancis Promosikan Pariwisata Indonesia

Roadshow di Toulouse, Perancis (Ist) Sales Mission di empat kota Perancis yang diadakan dari 26 hingga 30 September 2016 berakhir dengan sukses. Kegiatan Roadshow ini menggunakan jurus 3 S yaitu Solid,