Magelang, Destinasi Wisata Spiritual

WhatsApp Image 2017-03-20 at 11.51.03

Suasana seminar Wisata Spiritual (Ist)

Candi Borobudur di Magelang selama ini dikenal sebagai landmark unggulan di Jawa. Menariknya, tidak jauh dari Candi tersebut ada Gunung Tidar yang ternyata juga punya potensi wisata spiritual.

Tidak kalah dari Borobudur, Gunung Tidar yang dikenal sebagai tempat latihan militer di Magelang juga kaya akan potensi wisata spiritual. Hal itu pun diungkapkan dalam seminar Mengembangkan Pariwisata Berbasis Budaya dan Spiritual di President Lounge, Menara Batavia, Jakarta, Senin (20/3/2016).

Dalam seminar yang digelar Tidar Heritage Foundation dan Kemenpar itu turut dihadiri tokoh budaya seperti Prof Komaruddin Hidayat, Prof Dr Budi Susilo Supandji, Mohamad Sobary, Romo Mudji Sutrisno dan SD Darmono, Founder Jababeka Group.

“Tidar itu Pakunya Pulau Jawa, ada makam Syekh Subakir di Gunung Tidar, di sana itu ada Wisata Festival 5 Gunung, festival rakyat yang menghidupi memberi makna dari gunung,” ujar Sobary. Selain festival budaya yang telah diselenggarakan juga akan diselenggarakan Wayangn pada 25 Maret mendatang.

Tujuannya untuk mempromosikan Gunung Tidar sebagai salah satu destinasi wisata spiritual di Magelang. “25 Maret 2017 Wayangan dengan mengembalikan lagi ke esensi untuk sebuah narasi yang bersumber dari sebuah kekuatan spiritual,” ujar Romo Mudji Sutrisno.

Ia menjelaskan, narasi budaya menjadi akar penting dalam mengemas wisata spiritual. Tanpa cerita spiritual, wisatawan tidak akan tertarik datang ke sebuah objek wisata religi. “Pada mulanya adalah narasi, kisah, bagaimana wisata Spiritual bermula dari kisah, khusus Borobudur terutama dalam lingkup payung yayasan tidar, saya mendukung sekali,” ujar Romo Mudji.

Sementara SD Darmono selaku Founder Tidar Heritage Foundation sekaligus Chairman PATA Indonesia Chapter turut mendukung terselenggaranya acara tersebut. Bukan tidak mungkin kelak Gunung Tidar bisa jadi destinasi wisata spiritual, seperti Borobudur. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

All About Indonesia

Miss Earth Indonesia Fokus Kelestarian Lingkungan Hidup

Pemilihan Miss Earth Indonesia 2016 kembali digelar (Ist) Pemilihan Miss Earth Indonesia kembali digelar. Miss Earth Indonesia 2016 kali ini sedikit berbeda karena diisi dengan kegiatan-kegiatan yang berbeda dan bermanfaat.

Hotel

Selama Ramadan, Hotel Lombok Tetap Layani Wisman

Ramadan yang merupakan bulan suci bagi umat Islam kembali menyapa Indonesia. Kendati demikian, layanan hotel di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk wisatawan mancanegara (wisman) tak mengalami perubahan. Demikian disampaikan

Destinations

Traveling ke Semarang, Jangan Lupa ke Kota Lama

General Manager Hotel Horison NJ Aditya Maulana (kemeja abu-abu dan berkaca mata) tampak serius mendengarkan penjelasan mengenai sejarah kota Semarang di Kampung Batik Semarang di kawasan Kota Lama Semarang (Ist)

Heritage

Ribuan Atlet Ikut Bintan Triathlon 2016

Ilustrasi triathlon (Ist) Perhelatan berskala international kembali akan digelar di Indonesia, yakni¬†Bintan Triathlon yang akan dilaksanakan di Bintan pada 28 hingga 29 Mei 2016, mendatang.   “Data dari panitia ribuan

World Heritage

Wisata Halal Kebanggaan Indonesia

Penerima World Halal Tourism Awards 2016 (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama CEO International Travel Week Abu Dhabi Andy Buchanan menyerahkan piagam penghargaan World Halal Tourism Awards (WHTA) 2016 kepada Gubernur

Cuisine

Bali Pulau Terbaik Asia

Keris Bali daya tarik Pulau Dewata (www.ninaflynnphotography.com) Pulau Dewata menyabet penghargaan sebagai pulau tujuan wisata terbaik se-Asia. Penghargaan ini disematkan oleh situs wisata terbesar di dunia, TripAdvisor. Indonesia pantas bangga