Mahakarya Borobudur: Hairstyle & Fashion

borobudur

Candi Borobudur (Ist)

Candi Borobudur adalah sebuah mahakarya dari abad ke-9 yang dibangun untuk memuliakan Sang Buddha. Bagaikan magnet yang besar dan megah, bangunan cagar budaya ini memikat setiap pengunjungnya yang datang dari segala penjuru dunia untuk turut memaknai kehidupan melalui cerita yang terlukis sangat cantik pada setiap relief Candi Borobudur.

Tak hanya melambangkan sisi kehidupan dari alam semesta melalui pembagian vertikal (Kamadhatu, Rupadhatu dan Arupadhatu), relief-relief yang ada tersebut mengisahkan kehidupan manusia, terutama masyarakat Jawa kuno, dan perjalanan spiritualnya untuk mencapai derajat kesucian.

Idealisme yang diceritakan dengan sangat anggun dan elegan melalui relief-relief tersebut menambahkan nilai religi sekaligus cita rasa budaya yang tinggi yang melekat erat pada Candi Borobudur. Karenanaya sudah sepatutnya sebagai bangsa Indonesia, masyarakat Indonesia merasa bangga akan keberadaannya dan meneladani nilai-nilai luhur yang dikandung dalam cerita relief tersebut.

Terinsipirasi dari relief-relief yang terlukis di Candi Borobudur, maka sebagai anak bangsa yang peduli akan kelestarian nilai-nilai luhur yang terkandung pada relief Candi Borobudur, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko menggandeng Nira Creatives akan menggelar acara kreativitas yang akan memadukan seni dan keterampilan yang mumpuni bertajuk Mahakarya Borobudur: Hairstyle & Fashion, Sabtu, 30 September 2017 di Aksobya kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Didukung oleh hair stylist kondang dan disainer kebaya kenamaan Indonesia, Anne Avantie, acara ini akan memamerkan karya-karya fashion maupun tata rias dan mode serta gaya rambut terbaik dengan sumber inspirasi dari kekayaan budaya yang tergambar pada relief-relief pada candi Borobudur yang pernah dinobatkan sebagai salah satu keajaiban dunia oleh UNESCO.

Siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini menulis, sebuah persembahan yang fenomenal bagi para pencinta fashion & mode maupun tata rambut dari Tanah Air maupun mancanegara, yang akan mengangkat serta memadukan nilainilai seni dan budaya leluhur, terutama dari sisi fashion serta mode gaya tata rambut, yang selama ini terpahat pada relief Candi Borobudur.

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko atau TWC sebagai pengelola Candi Borobudur memiliki kewajiban untuk melestarikan warisan budaya bangsa yang adiluhung tersebut. Sebagaimana diketahui bersama bahwa Candi Borobudur telah diakui sebagai World Heritage oleh Badan Dunia UNESCO.

Penyelenggaraan event ini mendapat dukungan dari sinergi BUMN serta perusahaan swasta yang peduli terhadap warisan budaya dengan tetap memegang teguh komitmen untuk senantiasa mendukung pengembangan industri kreatif nasional, terutama yang berbasis pada nilai-nilai seni dan budaya Indonesia.

Acara ini akan menjadi salah satu persembahan anak bangsa yang berkarya di bidang hairstyle dan fashion serta mode untuk membawakan karyakarya terbaiknya dengan merujuk pada gaya tatanan rambut maupun fashion yang terlukis pada relief Candi Borobudur.

Sebagai salah satu warisan budaya luhur, Candi Borobudur selalu menjadi inspirasi bagi banyak hal. Oleh karenanya, melalui karya-karya hairstyle dan fashion yang kreatif, elegan serta inovatif ini yang lahir dari para hairstylist dan fashion designer terkemuka Indonesia, kami ingin menunjukkan semangat untuk terus menjaga dan melestarikan seni dan budaya asli Indonesia yang telah berabad-abad usianya. Selain itu, meskipun tren tata rambut dan fashion senantiasa berubah, namun pesona yang terkandung dalam tatanan rambut dan fashion yang terlukis di relief Candi Borobudur ini seolah tak lekang oleh waktu dan justru akan semakin memperkaya khazanah fashion dan gaya tata rambut di Tanah Air.

Penyelenggaraan acara ini tentunya menjadi wujud dari komitmen kita semua terhadap upaya pemerintah untuk mendorong perkembangan industri kreatif nasional serta menciptakan daya tarik yang lebih besar bagi Candi Borobudur dimata para wisatawan domestik maupun mancanegara sebagai salah satu destinasi wisata budaya yang harus dikunjungi di Indonesia.

Penyelenggaraan ‘Mahakarya Borobudur: Hairstyle & Fashion’ diharapkan tidak hanya akan membangkitkan kejayaan masyarakat Jawa kuno di masa lalu dan melahirkan tren dan inspirasi baru di bidang hairstyle dan fashion masa kini, namun juga membangkitkan sektor pariwisata setempat dengan Candi Borobudur sebagai sumber inspirasi dan magnet utamanya.

Penyelenggaraan kegiatan yang sarat nilai seni dan budaya ini juga diyakini akan meningkatkan citra Candi Borobudur sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata yang diprioritaskan oleh Pemerintah Republik Indonesia, serta dengan sendirinya juga mendukung program pemerintah untuk menarik wisatawan mancanegara untuk mengunjungi destinasi-destinasi wisata prioritas di Indonesia.

Penyelenggaraan event yang spektakuler ini tentunya akan mampu membawa para penikmat fashion dan tata rambut dari berbagai penjuru Tanah Air untuk mengagumi kembali kejayaan masa lalu. Acara ini akan dimulai pukul 19.00 WIB dan dibuka oleh tarian kolosal oleh UniYutta Dance Company yang merupakan kolaborasi mahasiswa jurusan tari ISI Yogyakarta dan akan dimeriahkan oleh penampilan artis-artis ibukota, yaitu Maria Calista (Pemenang Asia Broadcasting Korea Selatan),  Lucky Octavian (Finalis Indonesian Idol 2004).

Selain itu, Puteri Indonesia 2016 KeziaWarouw juga ditunjuk sebagai host untuk pagelaran fashion show yang menandai puncak acara Mahakarya Borobudur: Hairstyle & Fashion. Pagelaran fashion show ini akan memamerkan 25 koleksi terbaik Anne Avantie.

Sementara pagelaran hair show sendiri akan melahirkan kembali keindahan, keanggunan serta kecantikan tata rambut yang elegan yang dimiliki para ratu dan putri raja Jawa kuno sebagaimana dilukiskan dari relief-relief Candi Borobudur. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Destinations

Bali yang tak Pernah Membosankan

Kearifan lokal di Bali jadi daya tarik wisatawan (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya selalu meyakini culture Pulau Dewata, Bali selalu menjadi magnet yang sulit ditandingi oleh destinasi manapun di muka

World Heritage

Cinven, CPPIB Capai Kesepakatan Akuisisi Hotelbeds Group

Joan Vilà, CEO Hotelbeds Group (Ist) Cinven, perusahaan ekuitas swasta asal Eropa dan Canada Pension Plan Investment Board (CPPIB) mengumumkan kesepakatan untuk mengakuisisi Hotelbeds Group (Hotelbeds), penyedia layanan perjalanan global

Cuisine

Empat Tahun Pemerintahan Jokowi JK, Pariwisata Indonesia Peringkat 9 di Dunia

Menteri Pariwisata Arief Yahya Pariwisata menjadi salah satu sektor yang paling menggeliat dalam empat tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Sektor pariwisata tumbuh begitu pesat sehingga pemerintah berani memproyeksikan sektor pariwisata

Slideshow

Upaya Pariwisata Indonesia Mengejar Target 20 Juta Wisatawan Mancanegara

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Bulan lalu, pariwisata Indonesia yang diwakili Lombok, Nusa Tenggara Barat dan Hotel Sofyan mendapat kabar bagus lantaran negeri ini berjaya dengan menyabet tiga gelar dalam

Cuisine

Morotai Menuju Destinasi Wisata Kelas Dunia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Morotai, Maluku Utara akan menjadi destinasi wisata kelas dunia. Levelnya akan didorong sejajar dengan beragam kota wisata dunia satu level dengan Dubai, Abu Dhabi, Hongkong

Culture

TripAdvisor Pilih Hotel Neo Samadikun Cirebon

Gifta Oktavia Rappe (Ist) Situs perjalanan TripAdvisor mengungkap temuan menarik mengenai alasan wisatawan menulis ulasan tentang Hotel Neo Samadikun Cirebon. Ya, hotel yang ada di Cirebon, Jawa Barat ini tengah