Mahakarya Borobudur: Hairstyle & Fashion

borobudur

Candi Borobudur (Ist)

Candi Borobudur adalah sebuah mahakarya dari abad ke-9 yang dibangun untuk memuliakan Sang Buddha. Bagaikan magnet yang besar dan megah, bangunan cagar budaya ini memikat setiap pengunjungnya yang datang dari segala penjuru dunia untuk turut memaknai kehidupan melalui cerita yang terlukis sangat cantik pada setiap relief Candi Borobudur.

Tak hanya melambangkan sisi kehidupan dari alam semesta melalui pembagian vertikal (Kamadhatu, Rupadhatu dan Arupadhatu), relief-relief yang ada tersebut mengisahkan kehidupan manusia, terutama masyarakat Jawa kuno, dan perjalanan spiritualnya untuk mencapai derajat kesucian.

Idealisme yang diceritakan dengan sangat anggun dan elegan melalui relief-relief tersebut menambahkan nilai religi sekaligus cita rasa budaya yang tinggi yang melekat erat pada Candi Borobudur. Karenanaya sudah sepatutnya sebagai bangsa Indonesia, masyarakat Indonesia merasa bangga akan keberadaannya dan meneladani nilai-nilai luhur yang dikandung dalam cerita relief tersebut.

Terinsipirasi dari relief-relief yang terlukis di Candi Borobudur, maka sebagai anak bangsa yang peduli akan kelestarian nilai-nilai luhur yang terkandung pada relief Candi Borobudur, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko menggandeng Nira Creatives akan menggelar acara kreativitas yang akan memadukan seni dan keterampilan yang mumpuni bertajuk Mahakarya Borobudur: Hairstyle & Fashion, Sabtu, 30 September 2017 di Aksobya kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Didukung oleh hair stylist kondang dan disainer kebaya kenamaan Indonesia, Anne Avantie, acara ini akan memamerkan karya-karya fashion maupun tata rias dan mode serta gaya rambut terbaik dengan sumber inspirasi dari kekayaan budaya yang tergambar pada relief-relief pada candi Borobudur yang pernah dinobatkan sebagai salah satu keajaiban dunia oleh UNESCO.

Siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini menulis, sebuah persembahan yang fenomenal bagi para pencinta fashion & mode maupun tata rambut dari Tanah Air maupun mancanegara, yang akan mengangkat serta memadukan nilainilai seni dan budaya leluhur, terutama dari sisi fashion serta mode gaya tata rambut, yang selama ini terpahat pada relief Candi Borobudur.

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko atau TWC sebagai pengelola Candi Borobudur memiliki kewajiban untuk melestarikan warisan budaya bangsa yang adiluhung tersebut. Sebagaimana diketahui bersama bahwa Candi Borobudur telah diakui sebagai World Heritage oleh Badan Dunia UNESCO.

Penyelenggaraan event ini mendapat dukungan dari sinergi BUMN serta perusahaan swasta yang peduli terhadap warisan budaya dengan tetap memegang teguh komitmen untuk senantiasa mendukung pengembangan industri kreatif nasional, terutama yang berbasis pada nilai-nilai seni dan budaya Indonesia.

Acara ini akan menjadi salah satu persembahan anak bangsa yang berkarya di bidang hairstyle dan fashion serta mode untuk membawakan karyakarya terbaiknya dengan merujuk pada gaya tatanan rambut maupun fashion yang terlukis pada relief Candi Borobudur.

Sebagai salah satu warisan budaya luhur, Candi Borobudur selalu menjadi inspirasi bagi banyak hal. Oleh karenanya, melalui karya-karya hairstyle dan fashion yang kreatif, elegan serta inovatif ini yang lahir dari para hairstylist dan fashion designer terkemuka Indonesia, kami ingin menunjukkan semangat untuk terus menjaga dan melestarikan seni dan budaya asli Indonesia yang telah berabad-abad usianya. Selain itu, meskipun tren tata rambut dan fashion senantiasa berubah, namun pesona yang terkandung dalam tatanan rambut dan fashion yang terlukis di relief Candi Borobudur ini seolah tak lekang oleh waktu dan justru akan semakin memperkaya khazanah fashion dan gaya tata rambut di Tanah Air.

Penyelenggaraan acara ini tentunya menjadi wujud dari komitmen kita semua terhadap upaya pemerintah untuk mendorong perkembangan industri kreatif nasional serta menciptakan daya tarik yang lebih besar bagi Candi Borobudur dimata para wisatawan domestik maupun mancanegara sebagai salah satu destinasi wisata budaya yang harus dikunjungi di Indonesia.

Penyelenggaraan ‘Mahakarya Borobudur: Hairstyle & Fashion’ diharapkan tidak hanya akan membangkitkan kejayaan masyarakat Jawa kuno di masa lalu dan melahirkan tren dan inspirasi baru di bidang hairstyle dan fashion masa kini, namun juga membangkitkan sektor pariwisata setempat dengan Candi Borobudur sebagai sumber inspirasi dan magnet utamanya.

Penyelenggaraan kegiatan yang sarat nilai seni dan budaya ini juga diyakini akan meningkatkan citra Candi Borobudur sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata yang diprioritaskan oleh Pemerintah Republik Indonesia, serta dengan sendirinya juga mendukung program pemerintah untuk menarik wisatawan mancanegara untuk mengunjungi destinasi-destinasi wisata prioritas di Indonesia.

Penyelenggaraan event yang spektakuler ini tentunya akan mampu membawa para penikmat fashion dan tata rambut dari berbagai penjuru Tanah Air untuk mengagumi kembali kejayaan masa lalu. Acara ini akan dimulai pukul 19.00 WIB dan dibuka oleh tarian kolosal oleh UniYutta Dance Company yang merupakan kolaborasi mahasiswa jurusan tari ISI Yogyakarta dan akan dimeriahkan oleh penampilan artis-artis ibukota, yaitu Maria Calista (Pemenang Asia Broadcasting Korea Selatan),  Lucky Octavian (Finalis Indonesian Idol 2004).

Selain itu, Puteri Indonesia 2016 KeziaWarouw juga ditunjuk sebagai host untuk pagelaran fashion show yang menandai puncak acara Mahakarya Borobudur: Hairstyle & Fashion. Pagelaran fashion show ini akan memamerkan 25 koleksi terbaik Anne Avantie.

Sementara pagelaran hair show sendiri akan melahirkan kembali keindahan, keanggunan serta kecantikan tata rambut yang elegan yang dimiliki para ratu dan putri raja Jawa kuno sebagaimana dilukiskan dari relief-relief Candi Borobudur. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Indonesia itu Bagus

Menanti PESPARANI 2018 di Ambon

Pengurus LP3KN bertemu dengan Menteri AgamaLukman Hakim Saifuddin  beberapa waktu lalu (Ist) Apa bentuk event nasional dari umat Katolik di Indonesia dalam dalam rangka membina kerukunan dan menunjukkan bahwa bangsa

SightSeeing

Menteri Pariwisata Berdayakan UMKM di Mandalika

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya berharap PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku BUMN yang mengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika menjadi sentral koordinasi

World Heritage

2018, Bakal Ada Beach Flight dari Helicity

Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan CEO PT Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja (Ist) PT Whitesky Aviation pada tahun ini akan terus mengembangkan layanan untuk meningkatkan kualitas

SightSeeing

Berkunjung ke Destinasi Wisata Religi di Yogyakarta

Gua Maria Sendangsono (Ist) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selama ini identik sebagai destinasi wisata utama wisatawan Nusantara maupun wisatawan mancanegara. Menariknya DIY juga memiliki destinasi wisata religi yang menjadi favorit

SightSeeing

Samosir Andalkan Pariwisata

Launching event Grand Launching Kalender Event Pariwisata Samosir 2018 Horas Samosir Fiesta di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata (Ist) Calendar of Event Horas Samosir Fiesta 2018 resmi diluncurkan di Balairung

Slideshow

Wartawan Tiongkok Terkesan Sepak Bola Gajah

PWI berkunjung ke Tiongkok (Ist) Jianhua Chen tak menyangka ada kesebelasan sepak bola gajah di Lampung. Awalnya, Sekretaris Jenderal Asosiasi Wartawan Zhejiang ini mengira cerita soal sepakbola gajah yang disampaikan