Mahasiswa di Maluku Tenggara Dibekali Pelatihan Pariwisata

Kei, destinasi wisata di Maluku Tenggara (Ist)

Mahasiswa di Maluku Tenggara diberikan bekal pelatihan pariwisata sebagai upaya mencetak lebih banyak kader pariwisata di wilayah tersebut.

Kepala Sub Bidang Pengembangan SDM Kepariwisataan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Alfin Merancia saat Kegiatan Pelatihan SDM Kepariwisataan Goes To Campus di Kampus Politeknik Perikanan Negeri Tual, Maluku Tenggara, Selasa (18/6/2019) mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan juga “awareness” mengenai kepariwisataan bagi mahasiswa.

“Hal ini juga untuk memberikan pemahaman mengenai dampak ekonomi dari aktivitas pariwisata. Dan untuk menciptakan kader pariwisata yang aktif dalam pengembangan pariwisata. Khususnya, di wilayah Kei-Maluku termasuk Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara,” kata Alfin dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Kamis (20/6/2019).

Alfin menjelaskan, sebagai negara kepulauan, potensi wisata bahari yang dimiliki Indonesia sangat tinggi.

Menariknya destinasi wisata di Maluku Tenggara (Ist)

“Dan untuk mengelola itu, dibutuhkan SDM-SDM andal. SDM inilah yang akan memastikan wisata bahari Indonesia terjaga, serta tergali dengan maksimal. Karena bahari menjadi salah satu andalan pariwisata kita. Sedangkan pariwisata, adalah penyumbang devisa, dan salah satu yang terbesar,” paparnya.

Menurutnya, para mahasiswa Kampus Politeknik Perikanan Negeri Tual harus menyadari potensi tersebut.

“Pariwisata itu masa depan bangsa. Sektor yang sangat menjanjikan. Mahasiswa bisa mengambil bagian dalam sektor pariwisata. Pemahaman tentang inilah yang kita sampaikan. Maka narasumber yang kami hadirkan pun beragam. Bahkan hingga profesional,” papar Alfin.

Indahnya destinasi wisata di Maluku Tenggara (Ist)

Turut hadir dalam kegiatan kali ini antara lain Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Maluku Tenggara, Roy Rahajaan yang menyampaikan materi terkait Arah Kebijakan Pengembangan SDM Pariwisata di Kabupaten Maluku Tenggara.

Kemudian Direktur Politeknik Perikanan Negeri Tual Jusron Ali Rahajaan dengan materi yang disampaikan terkait Peran Perguruan Tinggi dalam Mendukung Pengembangan SDM Kepariwisataan.

Ada juga Manager Area III Traveloka.com, Louis Alfonso Kodoatie yang memberikan pemahaman mengenai Digital Millenial Tourism. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Cuisine

AP II Dukung General Aviaton untuk Majukan Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya hadir dalam Seminar General Aviatoon for Tourism (Ist) Manajemen PT Angkasa Pura (AP) II mengaku siap mendukung keembangkan General Aviation untuk majukan pariwisata Indonesia. Pemerintah pusat

Heritage

Nihiwatu Membanggakan Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan sambutan pada Press Conference Nihiwatu “#1 Hotel in the World” By Travel + Leisure Magazine’s bertempat di Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta Pusat, Senin (18/7/2016) (Ist)

Cuisine

Festival Border Aruk Mendulang Wisman Malaysia

Suasana Festival Border Aruk (Ist) Ibarat mesin diesel. Semakin lama kian mantap. Itulah hasil nyata kerja Menteri Pariwisata Arief Yahya menggeber Festival Wonderful Indonesia (FWI) di perbatasan, Aruk, Sambas, Kalimantan

Destinations

PT JAS Dukung Penyelenggaraan Asian Para Games 2018

Asian Para Games I2018 yang akan berlangsung di Jakarta mulai 6 hingga 13 Oktober mendatang akan diikuti 2.888 atlet difabel dan 1.826 ofisial dari 41 negara di benua Asia, termasuk

Destinations

Wisata Budaya Jawa Mengajak Wisman ke Yogya

Lusi Evie Marya Budaya asli Indonesia, termasuk budaya Jawa patut diacungi jempol lantaran menjadi alasan bagi wisatawan mancanegara (wisman) untuk berkunjung ke negeri ini, selain mereka datang untuk menikmati keindahan

Hotel

Bali yang tak Pernah Sepi

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama wisatawan mancanegara di Bali (Ist) Bali tetaplah Pulau Dewata yang keren. Tetap kece. Saking kecenya Kaka Slank pun mengajak istrinya berlibur ke Pulau Dewata. Buleleng