Mahasiswa Poltekpar Palembang Rancang E-Volunteer Pertemukan EO dengan Pencari Kerja

Mahasiswa Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang merancang sebuah aplikasi bernama E-Volunteer, startup yang memungkinkan EO dengan mudah mencari tenaga kerja untuk sebuah event (Ist)

Mahasiswa Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang merancang sebuah aplikasi bernama E-Volunteer, startup yang memungkinkan sebuah Event Organizer (EO) dengan mudah mencari tenaga kerja untuk sebuah event.

Direktur Poltekpar Palembang Zulkifli Harahap di Palembang, Selasa (2/7/2019), menjelaskan, startup pemula ini bergerak di bidang manajemen event yang dilengkapi dengan fitur-fitur yang mempermudah para user atau calon volunteer untuk mencari pekerjaan di bidang event.

Ia mengatakan, ide aplikasi ini menjadi bukti konkret Poltekpar Palembang concern untuk mendorong lahirnya 10 persen wirausaha baru dari tiap lulusan sesuai amanat Menteri Pariwisata Arief Yahya.

“Aplikasi yang dirancang mahasiswa ini mempermudah EO merekrut tenaga kerja yang sesuai kompetensi dengan skill yang dibutuhkan di setiap event,” katanya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Zulkifli Harahap mengatakan, E-Volunteer seperti aplikasi pencarian kerja lainnya namun lebih spesifik pada penyelenggaraan event yang membutuhkan tenaga kerja profesional, dan skill yang fokus pada penyelenggaraan kegiatan.

“Misalnya, EO MXGP membutuhkan LO (Liaison Officer) dengan kemampuan berbahasa asing berbeda-beda seperti Bahasa Inggris, Mandarin, Spanyol, atau Thailand. Tinggal cari atau umumkan saja dengan pencarian yang spesifik dan menampilkan lampiran. Begitu juga volunteer yang akan bekerja di sebuah event,” katanya.

Ide pengembangan aplikasi berawal dari pengalaman pribadi para founder; Sri Wulan D, Kantina Risna dan Anastasia, mahasiswa Pengelolaan Konvensi dan Acara di Poltekpar Palembang.

Sri Wulan mengungkapkan, pengalamannya direkrut EO sebagai volunteer untuk beberapa acara nyatanya banyak yang tidak menjelaskan tentang hak dan kewajiban masing-masing pihak.

“Kami memiliki keresahan terhadap hak dan kewajiban yang seringkali tidaklah sesuai dengan ekspektasi. Seperti deskripsi pekerjaan yang tidak sesuai, jadwal kerja yang melebihi kesepakatan, standarisasi fee, asuransi kerja, dan sebagainya,” ujarnya.

Melalui Exhibition Business yang diselenggarakan Inc.Preneur, sebuah unit kerja di bawah Poltekpar Palembang yang menstimulasi mahasiswa menjadi entrepreneur, Sri Wulan berharap E-Volunteer dapat ditemukan inventor yang mau mengembangkan apilkasi tersebut.

“Kami berharap ada yang bersedia bersama-sama mengembangkan Apps ini, demi mewujudkan harapan kami membantu banyak freelancer, volunteer, serta organizer dalam proses perekrutan sumber daya yang berkompeten, dan semoga kelak menjadi market leader di bidang manajemen event,” katanya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Indonesiaku

Natal 2018, Nico Kili-Kili Bahagia

Nico Kili-Kili (Ist) Kebahagian Natal bagi umat Kristiani ikut dirasakan oleh Nico Kili-Kili karena dihadiri kedua putrinya dari London. Menurut Nico Kili-Kili, Natal tahun ini sangat luar biasa. Nico mengaku

Tourism

Optimistis Pariwisata Indonesia Menyambut 2017

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya menggelar Jumpa Pers Akhir Tahun (JPAT) 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, kantor Kementerian Pariwisata Jakarta, Rabu (21/12/2016). Menpar

Cuisine

Kemenpar Promosikan Surfing International Krui Pro 2017 Lampung Selatan

Wisatawan menikmati surfing di Indonesia (Ist) Kementerian Pariwisata memperkenalkan spot baru surfing yang terhitung world class di Lampung Selatan. Persisnya di Kabupaten Pesisir Barat, Kawasan Pantai Tanjung Setia, Kecamatan Pesisir

Tour Package

Wonderful Noon 2018, Perkuat Branding Pariwisata Lewat Media Sosial

Pegiat media sosial (Ist) Matahari belum sepenuhnya tenggelam, satu per satu tamu undangan datang menuju Pelabuhan Benoa, Bali. Dengan memakai kostum ala pelaut bernuansa putih, undangan yang mayoritas adalah pegiat

Destinations

Weekend Jalan-Jalan ke Cirebon

Gifta Oktavia Rappe (Ist) Akhir pekan sudah di depan mata. Traveler masih bingung mau ke mana weekend ini? Jika traveler tak punya waktu cuti atau liburan panjang, maka tak perlu

World Heritage

28 April, Budi Daya Salak Birus di Tanjung Lesung

Wisata bahari seperti diving juga bisa dilakukan di Tanjung Lesung (Ist) Manajemen PT Banten West Java (BWJ) Tourism Development merencanakan pada 28 April mendatang melakukan budi daya Salak Birus kepada