Makna 10 Imlek di Bali

imlek-bali

Imlek di Bali (Ist)

Kementerian Pariwisata untuk kali pertama bersama para pelaku industri pariwisata menyambut gelombang wisatawan mancanegara (wisman) asal Tiongkok dengan perayaan Imlek di Bali. Temanya serba angka 10.

Diadakan pada 10 Februari 2016, dengan 10 macam menu makanan khas China, satu meja diisi oleh 10 orang. “Ada 1.388 wisman yang confirm ikut acara Imlek ini,” jelas Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam keterangan resminya, Kamis (11/02/2016).

Adapun jumlah yang charter flight lewat Garuda Indonesia ada 23.000-an turis. Mereka menyewa 65 pesawat milik maskapai yang seluruh badan pesawatnya ditempel logo Wonderful Indonesia itu. Yang non Garuda, dan pesawat reguler, lebih dari 50.000 yang ingin menikmati suasana budaya dan tradisi khas Bali.

Kebanyakan, lanjut AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata, wisman asal Tiongkok yang berwisata ke Bali itu berasal dari provinsi Xinjiang, Helongjiang, Hubei, Shanghai, Henan, Hunan, Liaoning, Beijing, Shenzhen, Guangzhou, Hangzhou, Wuhan, Chengdu, Chongqing, dan lainnya.

Perayaan Imlek Wonderful Indonesia yang pertama diadakan di Pulau Bali ini juga dihadiri oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara I Gde Pitana, dan Konsulat Jenderal Tiongkok untuk Pulau Bali.

Beberapa tokoh masyarakat Tionghoa Indonesia juga bersama-sama dengan 1.388 wisman asal Tiongkok merayaan Imlek ini dengan tema ’10’; dirayakan tanggal 10, berketepatan dengan Hari Raya Galungan.

“Menu masakan khas Imlek ini dipilih dengan sangat hati-hati. Tradisi kuliner China juga kaya akan falsafah luhur sangat tinggi. Saya kira baik juga kita memahami budaya kuliner mereka,” jelasnya. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai hingga Februari 2016 ini telah menerima permohonan sebanyak 200 penerbangan dari Negeri Tirai Bambu itu.

“Sampai akhir Februari, ada 200 flight yang sudah mengajukan permohonan mendarat di Bandara Ngurah Rai,” ucap General Manager PT Angkasa Pura I, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Trikora Harjo, di Denpasar, Bali, Senin (8/2/2016) seperti dikutip banyak media.

Menurut Trikora, saat ini telah mendarat sekitar 100 penerbangan dari Tiongkok ke Pulau Bali.
“Sejak pertengahan Januari lalu mereka sudah tiba hingga akhir Februari ini. Saat ini, sekitar 100 penerbangan sudah tiba. Untuk itu, kita pun berbenah melakukan berbagai persiapan,” ungkap dia.

Salah satu persiapan, kata Trikora, adalah melakukan pengetatan pengamanan. Selain itu, ujar Trikora, juga menambah pelayanan-pelayanan, di mana salah satunya adalah memberikan sambutan tarian Bali. Arief Yahya menambahkan, nama Bali memang sangat terkenal di Tiongkok. Laksamana Cheng Ho dalam muhibah berlayar ke Laut China Selatan memang sampai ke Bali.

Itu yang sedang dipromosikan sebagai Jalur Cheng Ho. “Yakni dari Aceh, Batam, Belitung, Palembang, Jakarta, Cirebon, Semarang, Tuban, Surabaya dan Bali,” pungkas Arief Yahya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Festival

Petualangan Wisata Bahari yang Seru ke Samber Gelap

Terumbu Karang di Samber Gelap Indonesia sebagai destinasi memang tak kalah menarik dengan negara lain. Di negeri ini, tak hanya Pulau Dewata, dan Lombok saja lantaran masih beragam potensi wisata

Nature

Budaya Indonesia Dipuji dalam Pembukaan Olimpiade Rio

Kostum tim Indonesia saat pembukaan Olimpiade Rio 2016 (Ist) Keputusan tim Indonesia untuk tampil total dalam pembukaan Olimpiade Rio 2016 tidak sia-sia. Banyak media asing yang memuji penampilan kontingen Indonesia

Slideshow

Kuningan Gelar Tour de Linggarjati 2016

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Bupati Kabupaten Kuningan Acep Purnama meluncurkan event lomba balap sepeda internasonal Tour de Linggarjati (TdL) di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung

Tourism

TNI AL-PWI Sukseskan HPN 2016

Berita Foto: Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (AL) Laksamana Pertama TNI M Zainudin, Kamis, (19/11/2015), menyerahkan replika peluru kendali anti kapal Exocet sebagai kenang-kenangan kepada Ketua Umum PWI Pusat Margiono

Heritage

Enaknya Jagung Rebus Terasi Takalar

Ilustrasi Sarabba, sejenis wedang Jahe khas Takalar (Ist) Kabupaten Takalar memiliki beragam potensi wisata kuliner yang beda dengan destinasi lainnya di Indonesia. Pemerintah kabupaten yang terletak di Sulawesi Selatan ini

Cuisine

Yogyakarta, Setiap Sudut tak Membosankan

Menikmati Kalibiru (Ist) Bagi banyak orang, termasuk wisatawan mancanegara boleh jadi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selalu akan menarik untuk dikunjungi. Bahkan, tak hanya sekali karena tak tertutup kemungkinan mereka akan