Mandeh Destinasi Sport Tourism Unggulan Sumbar

Press conference Mandeh BRI Mandeh Run 2019 (Ist)

Kawasan wisata Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) menjadi destinasi wisata sport tourism unggulan Sumatera Barat (Sumbar).

“Sumbar sudah lama memiliki event lomba balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) yang melintasi hampir ke seluruh kota dan kabupaten. Kini Sumbar memiliki Mandeh sebagai destinasi sport tourism yang akan mengawali dengan event lomba lari Mandeh BRI Mandeh Run 2019,” kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya didampingi Andrinof A Chaniago, tokoh penggerak Kawasan Wisata Mandeh yang juga Komisaris Utama Bank BRI, serta Bupati Pesisir Selatan Hendra Joni dalam press conference di Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kemenpar, Senin (14/1/2019).

Menpar Arief Yahya mengapresiasi penyelenggaraan BRI Mandeh Run 2019 dalam rangka mempromosikan Mandeh yang ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dengan mengandalkan wisata bahari sebagai atraksi unggulannya.

“BRI Mandeh Run 2019 sangat efektif untuk mempromosikan pariwisata Mandeh,” kata Arief Yahya seraya mengatakan, dalam lomba lari yang akan diikuti 2.000 peserta, 100 peserta diantaranya atlet mancanegara yang juga sebagai endorser akan memiliki media value tinggi dan menjadi ajang promosi yang sangat efektif.

Andrinof A Chaniago mengatakan, penyelenggaraan BRI Mandeh Run 2019 yang diiniasi Bank Rakyat Indonesia (BRI) bekerja sama dengan Karambia Runners dan BRI Runners serta didukung oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) sebagai upaya mempromosikan keindahan Mandeh.

“Penyelenggaraan event sport tourism ini untuk menguatkan Mandeh sebagai destinasi wisata olahraga sekaligus mengenalkan jalan baru sepanjang 43 kilometer yang baru selesai dibangun,” kata Andrinof dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Kawasan wisata Mandeh yang menyuguhkan gugusan pulau membentang melingkar seluas 18 ribu hektare di Teluk Carocok, Kabupaten Pesisir Selatan, menurut Bupati Hendra Joni, merupakan kawasan wisata bahari terpadu yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Juli 2015 lalu. “Kawasan wisata Mandeh menjadi ikon baru pariwisata Sumbar,” kata Hendra Joni.

Lomba lari BRI Mandeh Run 2019 akan berlangsung pada 3 Maret 2019 di kawasan outdoor Amphitheatre Kanagarian Sungai Nyalo Mudiak Aia, Kecamatan Koto XI Tarusan dan diikuti 2.000 pelari, termasuk 300 wisatawan dari dalam negeri dan mancanegara.

Para pelari yang terbagi dalam kategori 5K, 10K dan 21K akan unjuk kekuatan untuk memperebutkan hadiah hingga Rp 400 juta sambil menikmati keindahan alam Mandeh berupa pantai, bukit, dan kuliner serta budaya dan keramahtamahan masyarakatnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Tourism

Sulut Sambut Turis Tiongkok

Putra Putri Sulut menyambut wisman Tiongkok kloter pertama pada 4 Juli 2016 lalu di Bandara Sam Ratulangi Manado (Ist) Sulawesi Utara (Sulut) mulai rutin dikunjungi wisatawan Tiongkok. Setelah 4 Juli

Tourism

Tiga Negara Potensial PATA Travel Mart 2016 di ICE

President/CEO PAT Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (kiri) berpose bersama dengan Head of Sales and Marketing ICE Siti Karmila (tengah) dan President Director Deutshe Messe Venue Operations Aage Hansen (Ist) Tiga negara

Nature

Menteri Pariwisata Ajak Helicity Garap Nomadic Tourism

Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan CEO PT Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya mengajak manajemen PT Whitesky Aviation untuk mengembangkan nomadic tourism

Culture

Bebas Visa Efektif Jaring Wisman

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist) Tahun 2016 menjadi tahun kedua pemerintahan Jokowi-JK. Dua tahun pemerintahan Presiden Jokowi, banyak program di sektor pariwisata yang telah dilakukan pemerintah. Dan, kebijakan bebas

Heritage

Kembangkan Wisata Kuliner Indonesia, Dapur Solo Gelar Cita Rasa Solo 2015

Ny Swan (Ist) Restoran Dapur Solo Ny Swan kembali menggelar acara tahunan bertema kuliner dan budaya Jawa untuk ketiga kalinya. Tetap dengan nama Gelar Cita Rasa Solo (GCRS), acara ini

Festival

Orang Asing Suka Batik Lindy Ann

Batik Lindy Ann (Ist) Sosok satu ini mengaku bangga hasil karya ikut melestarikan wastra tradisional milik negeri ini, utamanya batik diminati orang asing, khususnya dari Jerman dan Belanda. Lindy Ann