Mandeh, ‘Raja Ampat’-nya Sumatera

manderh

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pesisir Selatan Zefnihan (paling kiri) berpose bersama Presiden Direktur PT Banten West Java Poernomo Siswoprasetijo (tengah) (Ist)

Pantang hukumnya buat Menteri Pariwisata Arief Yahya berkata-kata tanpa berbuat nyata. Selepas Rapat Koordinasi Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) bersama 19 Bupati-Walikota di Padang, 12 Mei lalu Arief Yahya langsung tancap gas, menyusun planning untuk Sumbar sebagai Halal Destination.

 

 

Ketua Pokja 10 Destinasi Prioritas Hiramsyah Sambudhy Taib pun langsung turun ke Mandeh, didampingi Bupati Pesisir Selatan Hendra Joni meninjau Carocok, Painan dan Sungai Nyalo.

 

 

Persis sehari setelah Rakor yang menghasilkan aklamasi dengan semua ‘CEO’ se-Sumbar tersebut. “Kami juga langsung bergerak,” ungkap Hiramsyah dalam siaran pers yang diterima patainanews.com baru-baru ini.

 

 

“Potensi Mandeh luar biasa. Alamnya bagus. Positioning-nya adalah Raja Ampat-nya Sumatera. Bisa dikembangkan sebagai wisata bahari yang indah. Sedang dibangun akses dari Bandara Padang ke kawasan Mandeh tembus ke Sungai Nyalo. Dari jalan saja sudah keren memandang laut yang tenang seperti danau,” papar Hiram yang pernah menjadi ketua kawasan pariwisata Indonesia itu.

 

 

Pesisir Selatan terletak di pinggir laut, dengan garis pantai sepanjang 218 kilometer. Topografinya lengkap, punya dataran, gunung dan perbukitan yang subur dengan pohon yang hijau.

 

 

Juga merupakan perpanjangan gugusan Bukit Barisan yang membentang di Pulau Sumatera. Kawasannya subur, 45,29 persen wilayah terdiri dari hutan, termasuk kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, Cagar Alam Koto XI Tarusan, dan rawa gambut yang bisa menjadi atraksi yang khas.

 

 

“Teluknya tenang, terlindung oleh beberapa pulau yang membuat Mandeh terkesan teduh,” ungkap Hiram yang mengaku sudah keliling menggunakan perahu di Mandeh itu.

 

 

Arief Yahya menjelaskan, Sumbar memang memiliki banyak keunggulan dari sisi atraksi kepariwisataan. Punya kota budaya di atas ketinggian, Bukit Tinggi, yang kondang dengan legenda Jam Gadang.

 

 

Punya kuliner yang kuat, bahkan rendang tahun 2014 sudah dinobatkan sebagai kuliner favorit oleh CNN Internasional. Punya wisata bahari di Mandeh, dan terbukti bisa menaikkan pendapatan masyarakat. 

 

 

“Dulu orang Carocok menjadi nelayan, pendapatannya Rp50 ribu per hari. Sekarang, dengan pariwisata membawa wisatawan ke beberapa site untuk melihat bawah laut, pendapatan mereka naik 4,5 kali, menjadi Rp225 ribu per hari. Boleh ditanya sendiri orang-orangnya! Karena itu mereka semakin menyadari bahwa semakin dilestarikan semakin mensejahterakan,” kata Arief Yahya yang sudah tiga kali mengunjungi Mandeh. 

 

 

Jika positioning-nya ‘halal destination’, maka originasi yang disasar adalah Malaysia, Singapura, dan Timur Tengah. Pasar Timur Tengah itu lebih dari 140 juta outbond ke luar negeri dalam satu tahun.

 

 

China juga punya lebih dari 50 juta orang yang beragama Islam, dan total outbond orang Tiongkok 110 juta setahun. Selama proses pengembangan destinasi, secara simultan juga sudah mulai dipikirkan direct flight yang lebih banyak dari Kuala Lumpur dan Singapura.

 

 

“Sama-sama punya budaya Melayu. Punya selera kuliner yang sama. Jaraknya juga tidak jauh, terbang tidak terlalu lama,” ungkap Arief Yahya yang asli Banyuwangi itu. (Gabriel Bobby)

 



About author



You might also like

Tour Package

Kuliner Indonesia Dipromosikan di Paris

Kuliner Indonesia (Ist) Festival Gastronomi Indonesia yang pertama pada 2017 di Paris merupakan inisiatif dari VITO Perancis kolaborasi dengan AGI (Akademi Gastronomi Indonesia). Adapun tujuannya untuk memperkenalkan dan mempromosikan kekayaan

SightSeeing

Daya Pikat Joglosemar untuk Menarik Wisatawan

Candi Borobudur ikon Joglosemar (Ist) Pemerintah diketahui tengah giat mengembangkan dan mempromosikan 10 destinasi wisata prioritas atau yang lebih dikenal dengan nama 1o Bali baru hingga ke mancanegara. Adapun upaya

World Heritage

Selamat Hari Batik Nasional

Avy Loftus (ketiga dari kiri) mampu membuat batik disukai di Kanada (Ist) Peringatan Hari Batik Nasional dilakukan setiap tahun sejak 2 Oktober 2009 silam. Manajemen, staf, dan redaksi patainanews com

Nature

Forwarpar Ikut Promosikan Destinasi Wisata Nusantara

Foto peserta lomba Forwapar Forum Wartawan Pariwisata Indonesia (Forwarpar) punya cara sendiri mendukung promosi Visit Wonderful Indonesia (ViWI). Program yang dicetus Kementerian Pariwisata tersebut diimplementasikan dalam sebuah perlombaan foto yang

Travel Operator

Indonesia Bidik Turis Mongolia

Peresmian Mongolian Tourism Information Center (Ist) Manajemen PT Banten West Java (BWJ) optimistis wisatawan asal Mongolia akan tertarik berkunjung ke Indonesia, termasuk menikmati keindahan Tanjung Lesung yang ada di Banten.

Slideshow

PT Pelindo III Perusahaan Informatif di Indonesia

PT Pelabuhan Indonesia III ditetapkan sebagai salah satu dari 10 BUMN terinformatif oleh Komisi Informasi Pusat. Penetapan tersebut diumumkan langsung oleh Ketua Komisi Informasi Pusat John Fresly di hadapan Wakil