Mandeh, ‘Raja Ampat’-nya Sumatera

manderh

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pesisir Selatan Zefnihan (paling kiri) berpose bersama Presiden Direktur PT Banten West Java Poernomo Siswoprasetijo (tengah) (Ist)

Pantang hukumnya buat Menteri Pariwisata Arief Yahya berkata-kata tanpa berbuat nyata. Selepas Rapat Koordinasi Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) bersama 19 Bupati-Walikota di Padang, 12 Mei lalu Arief Yahya langsung tancap gas, menyusun planning untuk Sumbar sebagai Halal Destination.

 

 

Ketua Pokja 10 Destinasi Prioritas Hiramsyah Sambudhy Taib pun langsung turun ke Mandeh, didampingi Bupati Pesisir Selatan Hendra Joni meninjau Carocok, Painan dan Sungai Nyalo.

 

 

Persis sehari setelah Rakor yang menghasilkan aklamasi dengan semua ‘CEO’ se-Sumbar tersebut. “Kami juga langsung bergerak,” ungkap Hiramsyah dalam siaran pers yang diterima patainanews.com baru-baru ini.

 

 

“Potensi Mandeh luar biasa. Alamnya bagus. Positioning-nya adalah Raja Ampat-nya Sumatera. Bisa dikembangkan sebagai wisata bahari yang indah. Sedang dibangun akses dari Bandara Padang ke kawasan Mandeh tembus ke Sungai Nyalo. Dari jalan saja sudah keren memandang laut yang tenang seperti danau,” papar Hiram yang pernah menjadi ketua kawasan pariwisata Indonesia itu.

 

 

Pesisir Selatan terletak di pinggir laut, dengan garis pantai sepanjang 218 kilometer. Topografinya lengkap, punya dataran, gunung dan perbukitan yang subur dengan pohon yang hijau.

 

 

Juga merupakan perpanjangan gugusan Bukit Barisan yang membentang di Pulau Sumatera. Kawasannya subur, 45,29 persen wilayah terdiri dari hutan, termasuk kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, Cagar Alam Koto XI Tarusan, dan rawa gambut yang bisa menjadi atraksi yang khas.

 

 

“Teluknya tenang, terlindung oleh beberapa pulau yang membuat Mandeh terkesan teduh,” ungkap Hiram yang mengaku sudah keliling menggunakan perahu di Mandeh itu.

 

 

Arief Yahya menjelaskan, Sumbar memang memiliki banyak keunggulan dari sisi atraksi kepariwisataan. Punya kota budaya di atas ketinggian, Bukit Tinggi, yang kondang dengan legenda Jam Gadang.

 

 

Punya kuliner yang kuat, bahkan rendang tahun 2014 sudah dinobatkan sebagai kuliner favorit oleh CNN Internasional. Punya wisata bahari di Mandeh, dan terbukti bisa menaikkan pendapatan masyarakat. 

 

 

“Dulu orang Carocok menjadi nelayan, pendapatannya Rp50 ribu per hari. Sekarang, dengan pariwisata membawa wisatawan ke beberapa site untuk melihat bawah laut, pendapatan mereka naik 4,5 kali, menjadi Rp225 ribu per hari. Boleh ditanya sendiri orang-orangnya! Karena itu mereka semakin menyadari bahwa semakin dilestarikan semakin mensejahterakan,” kata Arief Yahya yang sudah tiga kali mengunjungi Mandeh. 

 

 

Jika positioning-nya ‘halal destination’, maka originasi yang disasar adalah Malaysia, Singapura, dan Timur Tengah. Pasar Timur Tengah itu lebih dari 140 juta outbond ke luar negeri dalam satu tahun.

 

 

China juga punya lebih dari 50 juta orang yang beragama Islam, dan total outbond orang Tiongkok 110 juta setahun. Selama proses pengembangan destinasi, secara simultan juga sudah mulai dipikirkan direct flight yang lebih banyak dari Kuala Lumpur dan Singapura.

 

 

“Sama-sama punya budaya Melayu. Punya selera kuliner yang sama. Jaraknya juga tidak jauh, terbang tidak terlalu lama,” ungkap Arief Yahya yang asli Banyuwangi itu. (Gabriel Bobby)

 





About author



You might also like

SightSeeing

Berselancar di Pantai Sudah Biasa, Berselancar di Sungai Kampar Itu Luar Biasa

Ilustrasi Surfing (Ist) Pemerintah provinsi (Pemprov) Riau pada tahun ini menggelar sejumlah acara menarik bagi wisatawan Nusantara dan turis asing lantaran Riau tak kalah menarik dengan destinasi lainnya yang ada

Tourism

Pesona Gatronomi Indonesia Semakin Kuat di Paris

William Wongso, ahli kuliner Indonesia (Ist) Perhelatan gastronomi ‘Wonderful Indonesia’ di Shangri-la Hotel, Paris memecahkan rekam jejak selama 10 tahun terakhir. Selama enam hari penyelenggaraan event itu, angka kunjungan tamu

All About Indonesia

PT Pelindo III Serius Permudah Layanan Pengguna Jasa

MoU Pelindo III dengan BPD Jatim dan BPD NTB (Ist) Sebagai upaya memberikan kemudahan layanan transaksi para pengguna jasa kepelabuhanan, PT Pelindo III menggandeng dua Bank Pembangunan Daerah (BPD), yaitu

SightSeeing

Berkah dari Presiden Jokowi untuk Kereta Wisata

Testimoni Presiden Jokowi (Ist) Presiden Jokowi akhirnya memilih menggunakan kereta wisata untuk perjalanan dari Stasiun Gambir Jakarta menuju Sukabumi, Kamis, 31 Agustus 2017 dan kembali ke Jakarta Jumat , 1

Destinations

Mempertahankan Arsitektur Nusantara Daya Tarik Wisman ke Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan penghargaan kepada para pemenang Sayembara Desain Rumah Wisata (Homestay) Nusantara 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor

Slideshow

EL JOHN Pageants Gelar The Supermodel Indonesia 2017

Audisi The Supermodel Indonesia 2017 (Ist) Di awal tahun 2017 , EL JOHN Pageants kembali menggelar event. Audisi pemilihan The Supermodel Indonesia 2017 ini dihelat untuk menjaring model-model berbakat, untuk