Mapol Dukung Pencalonan Komisioner KPK dari Kepolisian

Rudi Kabunang SH, MH, CLI (Ist)

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian berharap ada anggota Polri dalam jajaran komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019 – 2023.

Bukan tanpa alasan, Kapolri Tito mengatakan, setidaknya ada unsur Polri dalam komisioner KPK adalah untuk kerjasama yang efektif dalam menindak kasus korupsi di 34 provinsi dengan lebih dari 500 kepala daerah di Indonesia, serta jajaran birokrasi tingkat pusat.

Hal tersebut juga didukung penuh oleh Ketua Masyarakat Pemerhati Kepolisian (Mapol) Rudi Kabunang SH, MH, CLI. Ia mengatakan, Mapol sangat mendukung adanya calon-calon komisioner KPK yang bersumber dari lembaga penegak hukum.

“Karena saya berpandangan lembaga KPK ini adalah lembaga penegak hukum. Lembaga anti korupsi indonesia, lembaga yang perlu SDM berpengalaman yang mempunyai kredibilitas, rekam jejak yang jelas dan mempuni dalam bidang penegak hukum khususnya di kepolisian indonesia,” kata Rudi, di Jakarta, Kamis (27/6/2019).

Rudi menuturkan, KPK pernah dipimpin oleh mantan petinggi Kepolisian seperti Basaria Panjaitan, Bibit Samad Rianto, Taufiequrachman Ruki yang membawa KPK menjadi lembaga penegak hukum yang Profesional. “Jadi diluar dari pada itu Mapol berpendapat bahwa mencalonkan dan dicalonkan adalah hak setiap masyarakat, siapapundia berhak mencalonkan diri sebagai komisioner KPK,” tuturnya.

Rudi menegaskan, masyarakat jangan apriori atau berasumsi yang keliru dan tidak mendasar dengan adanya pendapat unsur Polri di Internal KPK. “Dengan mengatakan KPK dari unsur kepolisian ada statement (pernyataan) mending KPK bubar, itu adalah pernyataan yang keliru dan tidak mendasar,” ucapnya.

Rudi mencontohkan, saat ini di dalam internal Polri, Wakabareskrim Irjen Pol. Drs. Antam Novambar adalah seorang petinggi polri yang memiliki SDM mempuni, mempunyai integritas, loyalitas, dan rekam jejak yang sangat jelas.

“Beliau seorang pimpinan kepolisian yang humanis, yang berhubungan dengan masyarakat sangat baik. Yang kami ketahui selama ini. Saya selaku advokat dalam kegiatan advokasi hukum sering berkomunikasi dengan kepolisian dan pencari keadilan. Beliau keseharianya sangat sederhana dan pemikiran tentang penegakan hukum itu sangat baik,” tegasnya.

Rudi berpendapat, Irjen Pol Drs Antam Novambar sangat pantas mencalonkan diri atau dicalonkan sebagai Komisioner KPK. Ia menuturkan, KPK akan bertambah kuat dalam melakukan pemberantasan Korupsi. “Karena beliau selama menjalankan karirnya memiliki track record (rekam jejak) jelas dedikasi loyalitas dalam penegakan hukum dan berpengalam tidak diragukan lagi,” kata Rudi.

Menurut Rudi, sangat tepat jika unsur-unsur atau SDM calon Komisioner KPK berasal dari Kepolisian, Kejaksaan atau lembaga-lembaga hukum lainnya.

Lebih lanjut, kata Rudi masalah pencalonan adalah hak setiap orang, apalagai di dalam proses pencalonan ini dibentuknya Panitia Seleksi (Pansel) yang bertugas untuk menyeleksi seluruh calon-calon yang mendaftar semua akan di seleksi dan melewati proses yang panjang.

“Baik itu track record-nya bekerja, dan dalam kehidupan bermasyarakat. Apalagi pansel ini terdiri dari orang-orang yang mempunyai integritas tinggi, mempunyai track record jelas jadi mereka dipilih sebagai anggota pansel,” katanya.

“Proses dari pansel sangat ketat dalam setiap tahapan dan panjang. Pada tingkat pansel akan di seleksi semua yang mendaftar mendapatkan 10 Calon lalu di ajukan ke Presiden lalu di ajukan ke dpr di fit n propertes akan mengahasilkan 5 calon yang akan di sahkan menjadi komisioner KPK,” tambah Rudi.

Tak hanya itu, Mapol mengundang semua yang memiliki kapasitas dan konsen pada penegakan hukum untuk memcalonkan diri agar kita mendapatkan calon yang mampu menjalankan tugas selaku komisoner KPK. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Slideshow

PT Pelindo III Jalin Kerja Sama Bisnis dengan Pertamina dan IBT

Kerja sama yang dilakukan Pelindo III (Ist) PT Pelabuhan Indonesia III atau Pelindo III melalui salah satu anak usahanya, PT Berlian Jasa Terminal Indonesia (BJTI) atau BJTI Port melakukan kerja sama

Cuisine

‘Tak Perlu Ekspose Kemiskinan, Turis Asing ke Indonesia untuk Menikmati Budaya’

Wisatawan asing dan masyarakat setempat menyatu di Gili Trawangan, Lombok (Ist) Wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia untuk menikmati budaya, keaslian alam, dan keramahtamahan masyarakat negeri ini sehingga ketika melakukan

Cuisine

Sulut Serius Tingkatkan Kunjungan Wisman

Gubernur Sulut Olly Dondokambey (kiri) dan Menteri Perhubungan Budi Karya (Ist) Sebagai upaya mendongkrak potensi pariwisata Sulawesi Utara, Kementerian Perhubungan bersama pemerintah provinsi Sulawesi Utara berkomitmen mengembangkan infrastrukur transportas,i yaitu di

Hotel

Obama, Endorser Gratis untuk Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya foto bersama wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Pariwisara (Forwapar) selepas buka puasa bersama (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya menyampaikan bahwa Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack

Indonesia itu Bagus

Sinergi Madrim dengan Pemprov Jatim Promosikan UMKM di Eropa

Madrim Kusumah Andhini (kanan) (Ist) The Brand Ambasador Indonesia Of Walonia Belgia / Puteri Galuh Pakuan; Bathari Hyang Janapati Madrim Kusumah Andhini terus berupaya membuka pintu pemasaran bagi produk-produk UKM

Investments

Investor Asing Incar Pariwisata Jateng

The Phoenix Hotel Yogyakarta (Ist) Pariwisata Jawa Tengah yang tengah bertumbuh menarik minat investor asing untuk ikut mendukung perkembangannya dengan membangun hotel di sejumlah daerah di provinsi tersebut. Kepala Seksi