Maskapai Penerbangan Nasional Mengkhawatirkan

batik air nih

Ilustrasi Batik Air (Ist)

Jasa moda transportasi udara selama ini masih menjadi andalan bagi wisatawan menuju destinasi wisata yang menarik. Namun, keselamatan penerbangan tentunya menjadi prioritas.

Lembaga survei penerbangan dunia, AirlineRatings.com merilis daftar maskapai penerbangan dengan catatan keamanan terburuk di dunia.

Daftar itu disusun berdasarkan survei terhadap hasil audit penerbangan yang dijalankan lembaga pemerintah, seperti hasil catatan kematian.

Adapun survei juga memeriksa hasil audit dan catatan kematian dari pemerintah. Termasuk juga catatan sejarah operasional maskapai, serta catatan kecelakaan dan keunggulan operasional.

Hasilnya, terdapat 10 maskapai penerbangan yang menyandang gelar memiliki catatan keamanan terburuk di dunia. Ironisnya maskapai penerbangan nasional mendominasi.

Bahkan, Batik Air menjadi yang terburuk catatan keamanannya. Survei ini dijalankan sepanjang tahun lalu, tahun yang disebut sebagai tahun penuh bencana bagi dunia penerbangan.

Hal ini membangkitkan lagi kekhawatiran mengenai standar keamanan dan keadaan kejiwaan para pilot. Mengutip dari independent.co.uk, Jumat (8/1/2016), terungkap sebagian besar penyebab kecelakaan penerbangan sepanjang tahun 2015 adalah pelanggaran aturan.

Selain itu, terdapat sebab lain yaitu pembunuhan, menurut laporan firma keamanan udara To70. Laporan itu memuat insiden hilangnya MH370 yang tidak dapat ditemukan serta tertembaknya MH17 di Ukraina juga fakta jatuhnya pesawat Germanwings di Alpen dan Metrojet di Sinai.

Dikabarkan 224 orang tewas ketika pesawat Airbus A321-231 milik maskapai Rusia Metrojet meledak beberapa saat setelah lepas landas dari Bandara Internasional Sharm El Sheikh di Mesir.

Sementara pada Maret lalu, pesawat milik Germanwings menabrak pegunungan Alpen dan menewaskan 150 orang. Setelah dilakukan penyelidikan, insiden ini terjadi lantaran ulah sang pilot, Andreas Lubitz yang berusaha bunuh diri.

Kendati demikian, editor AirlineRatings.com Geoffrey Thomas mengatakan maskapai ini bertahan pada peringkat tujuh bintang.

“Pada sistem pemeringkatan kami, yang didukung badan penerbangan berbiaya rendah Organisasi Penerbangan Sipil Internasional, jika kematian terjadi disebabkan aksi terorisme, pembajakan, atau pilot bunuh diri, insiden ini tidak termasuk kecelakaan,” katanya.

Namun, sejumlah ahli penerbangan mempertanyakan survei ini. Penyebabnya, survei ini tidak memberikan prioritas faktor-faktor yang menjadi dasar penetapan standar keselamatan, seperti rekam jejak maskapai terkait jutaan jadwal penerbangan yang tidak pernah menimbulkan kematian.

Berikut 10 maskapai penerbangan dengan standar keamanan terburuk di dunia, menurutAirlineRatings.com:

  1. Batik Air (Indonesia)
  2. Bluewing Airlines
  3. Citilink (Indonesia)
  4. Kal-Star Aviation (Indonesia)
  5. Lion Air (Indonesia)
  6. Sriwijaya Air (Indonesia)
  7. TransNusa (Indonesia)
  8. Trigana Air Service (Indonesia)
  9. Wings Air (Indonesia)
  10. Xpress Air (Indonesia) (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Culture

Perkuat Koneksi Perancis, Wonderful Indonesia Gandeng Tang Freres

Logo Wonderful Indonesia (Ist) Wonderful Indonesia menguatkan jaringannya di Perancis. Brand Kementerian Pariwisata tersebut menggandeng Tang Freres sebagai kolega bisnis baru. Beragam produk Indonesia dijamin deras membanjiri Perancis. Dan, program

Slideshow

Nur Mahmudi Didukung Pengacara Spesialis Korupsi

Forum advokat spesialis (Ist) Dua orang pria yang mengaku dari forum advokat spesialis tindak pidana korupsi mendatangi kediaman mantan Wali Kota Depok, Nur Mahmudi Ismail di Perumahan Griya Tugu Asri,

Tourism

Putra Putri Pariwisata Nusantara 2018 Promosi Digital Destination Pariwisata Indonesia

Suasana malam grand final Putra Putri Pariwisata Nusantara 2018 Pemenang Putra Putri Pariwisata Nusantara 2018 akan ikut membantu pemerintah dalam upaya merealisasikan target kunjungan 17 juta wisatawan mancanegara pada tahun

Destinations

Wonderful Noon 2018, Perkuat Branding Pariwisata Lewat Media Sosial

Pegiat media sosial (Ist) Matahari belum sepenuhnya tenggelam, satu per satu tamu undangan datang menuju Pelabuhan Benoa, Bali. Dengan memakai kostum ala pelaut bernuansa putih, undangan yang mayoritas adalah pegiat

Slideshow

Travel More, Explore More

Turis asing di Lombok (Ist) Kompas Travel Fair (KTF) 2016, sebuah pameran pariwisata persembahan harian Kompas kembali hadir tahun ini. Acara ini berlangsung di Main Lobby dan Plenary Hall, Jakarta

Tourism

Pelestarian Satu Juta Pohon Asli Banten di KEK Tanjung Lesung

Proses pembuatan Batik khas Tanjung Lesung (Ist) Setelah sukses mengadakan penanaman terumbu karang bekerja sama dengan Marinir TNI AL pada tahun lalu, kini PT Banten West Java TD sebagai anak