Maskapai Penerbangan Nasional Mengkhawatirkan

batik air nih

Ilustrasi Batik Air (Ist)

Jasa moda transportasi udara selama ini masih menjadi andalan bagi wisatawan menuju destinasi wisata yang menarik. Namun, keselamatan penerbangan tentunya menjadi prioritas.

Lembaga survei penerbangan dunia, AirlineRatings.com merilis daftar maskapai penerbangan dengan catatan keamanan terburuk di dunia.

Daftar itu disusun berdasarkan survei terhadap hasil audit penerbangan yang dijalankan lembaga pemerintah, seperti hasil catatan kematian.

Adapun survei juga memeriksa hasil audit dan catatan kematian dari pemerintah. Termasuk juga catatan sejarah operasional maskapai, serta catatan kecelakaan dan keunggulan operasional.

Hasilnya, terdapat 10 maskapai penerbangan yang menyandang gelar memiliki catatan keamanan terburuk di dunia. Ironisnya maskapai penerbangan nasional mendominasi.

Bahkan, Batik Air menjadi yang terburuk catatan keamanannya. Survei ini dijalankan sepanjang tahun lalu, tahun yang disebut sebagai tahun penuh bencana bagi dunia penerbangan.

Hal ini membangkitkan lagi kekhawatiran mengenai standar keamanan dan keadaan kejiwaan para pilot. Mengutip dari independent.co.uk, Jumat (8/1/2016), terungkap sebagian besar penyebab kecelakaan penerbangan sepanjang tahun 2015 adalah pelanggaran aturan.

Selain itu, terdapat sebab lain yaitu pembunuhan, menurut laporan firma keamanan udara To70. Laporan itu memuat insiden hilangnya MH370 yang tidak dapat ditemukan serta tertembaknya MH17 di Ukraina juga fakta jatuhnya pesawat Germanwings di Alpen dan Metrojet di Sinai.

Dikabarkan 224 orang tewas ketika pesawat Airbus A321-231 milik maskapai Rusia Metrojet meledak beberapa saat setelah lepas landas dari Bandara Internasional Sharm El Sheikh di Mesir.

Sementara pada Maret lalu, pesawat milik Germanwings menabrak pegunungan Alpen dan menewaskan 150 orang. Setelah dilakukan penyelidikan, insiden ini terjadi lantaran ulah sang pilot, Andreas Lubitz yang berusaha bunuh diri.

Kendati demikian, editor AirlineRatings.com Geoffrey Thomas mengatakan maskapai ini bertahan pada peringkat tujuh bintang.

“Pada sistem pemeringkatan kami, yang didukung badan penerbangan berbiaya rendah Organisasi Penerbangan Sipil Internasional, jika kematian terjadi disebabkan aksi terorisme, pembajakan, atau pilot bunuh diri, insiden ini tidak termasuk kecelakaan,” katanya.

Namun, sejumlah ahli penerbangan mempertanyakan survei ini. Penyebabnya, survei ini tidak memberikan prioritas faktor-faktor yang menjadi dasar penetapan standar keselamatan, seperti rekam jejak maskapai terkait jutaan jadwal penerbangan yang tidak pernah menimbulkan kematian.

Berikut 10 maskapai penerbangan dengan standar keamanan terburuk di dunia, menurutAirlineRatings.com:

  1. Batik Air (Indonesia)
  2. Bluewing Airlines
  3. Citilink (Indonesia)
  4. Kal-Star Aviation (Indonesia)
  5. Lion Air (Indonesia)
  6. Sriwijaya Air (Indonesia)
  7. TransNusa (Indonesia)
  8. Trigana Air Service (Indonesia)
  9. Wings Air (Indonesia)
  10. Xpress Air (Indonesia) (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Heritage

KORG Mengajak Anak Indonesia Mencintai Budaya Bangsa

Ilustrasi Kendang Kempul Jawa Timur (Ist) KORG adalah merek keyboard yang ikut peduli dengan budaya Indonesia dan turut melestarikan budaya negeri ini yang dipadukan dengan lagu-lagu anak-anak ciptaan Pak Kasur

Slideshow

Borobudur Golf Sukses Gelar The 3rd Annual Mongolian Golf Tournament

Suasana turnamen golf tahunan ‘The 3rd Mongolian Golf Tournament’ (Ist) Borobudur Golf & Country Club sukses mengadakan turnamen golf tahunan Mongolia yang mengusung tema ‘The 3rd Mongolian Golf Tournament’ yang diikuti oleh

Heritage

Pariwisata Indonesia Melambung Singkirkan Malaysia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist) Tidak sia-sia Menteri Pariwisata Arief Yahya bekerja keras sepenuh hati mengurus pariwisata Indonesia. Mengawali tahun 2018 di pentas ASEANTA 2018 di Chiang Mai, Thailand,

Nature

Tanjung Lesung Jadi Saksi Milky Way, Fenomena Alam yang Ditunggu Masyarakat Dunia

Foto: LAPAN Manajemen PT Banten West Java (BWJ), pengelola Tanjung Lesung mengaku bersyukur destinasi wisata Tanjung Lesung bisa menjadi venue saksi fenomena alam yang luar biasa, Milky Way pada Sabtu,

Hotel

Wisatawan Terkesan Tanjung Lesung

Direktur Utama PT Banten West Java (BWJ) Poernomo Siswoprasetijo ketika menyampaikan sambutan dalam pembukaan Festival Pesona Bahari Tanjung Lesung (Ist) Wisatawan Nusantara terkesan dengan pesona wisata bahari yang ada di

Festival

Festival Danau Sentani masih Murni

Suasana press conference FDS 2017 (Ist) Festival Danau Sentani selama ini banyak diminati wisatawan mancanegara, seperti turis dari Australia, dan Belanda. Demikian penjelasan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jayapura Chris