Masuk Pasar Dunia Butuh Dukungan Pemerintah

nancy margried

Batik yang merupakan warisan wastra Nusantara memang digemari wisatawan asing dan telah menjadi kebanggaan warga dunia lantaran sudah diterima pasar internasional.

Kendati demikian, pemerintah dinilai tetap tak bisa lepas tangan karena para pengusaha batik nasional masih butuh perhatian dan dukungan untuk terus mengembangkan warisan wastra negeri ini.  

“Harapan pada pemerintah, ya meningkatkan infrastruktur produksi dalam negeri agar material produksi untuk batik tidak lagi harus impor,” ucap CEO Batik Fractal Nancy Margried ketika dihubungi patainanews.com, Senin (10/8/2015).

Nancy, begitu ia biasa disapa, menuturka bahwa karena masih banyak material impor sehingga produksi batik jadi mahal. “Itu mengakibatkan harga jadi kurang bersaing di pasaran internasional,” ucapnya.

Adapun Batik Fractal tengah fokus untuk pasar Amerika Serikat dan Kanada. Selanjutnya baru masuk ke negara lain.

Serius Garap Pasar Dunia

Batik Fractal rupanya serius menggarap pasar dunia sehingga berupaya bisa hadir di banyak negara lantaran batik diminati masyarakat dunia. Ya, Batik Fractal berani masuk pasar internasional, seperti Kanada karena batik ini dikenal memberikan sentuhan inovasi dalam proses desain batik.

Tak hanya itu, Batik Fractal pun juga berusaha memenuhi permintaan untuk ada di pasar Negeri Paman Sam, Amerika Serikat. “Negara yang mau dituju kalau bisa sih ya semuanya. Tapi saat ini sedang fokus di Amerika Serikat dan Kanada,” tutur Nancy.

Ia mengaku bahwa kelebihan batik selama ini digemari wisatawan asing. Dan, Batik Fractal juga diminati turis asing yang berkunjung ke negeri ini. “Seperti pada sikap wisatawan pada umumnya, mereka tertarik pada batik Indonesia. Namun, khususnya untuk Batik Fractal, mereka tertarik karena adanya sentuhan teknologi dalam karya seni tradisional batik tersebut,” urainya.

Nancy menjelaskan, potensi pasar Batik Fractal sejak 2008 silam sudah menyentuh pasar global. Jadi, Batik Fractal mulai merambah pasar internasional, tak sebatas hanya ada di pasar dalam negeri saja.

“Namun, untuk mempersiapkan infrastruktur hingga bisa memasarkan produk ke pasar global dengan tersistemasi baru berjalan sejak tahun 2014. Kami bersyukur saat ini produk Batik Fractal sudah memasuki pasar ekspor dengan standar internasional,” paparnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Tour Package

Lombok Bakal Punya Sirkuit F1

Pantai Kuta di Kawasan Mandalika, Lombok (Ist) Pernah nonton balap F1 di Monaco? Sirkuit yang juga menyuguhkan pemandangan indah seperti laut, bukit-bukit, bangunan heritage, ngebut di dalam kota, dengan desain

Indonesia itu Bagus

Claudia Ingkiriwang Berbagi Ilmu tentang Mendidik Anak

Berita Foto: Claudia Ingkiriwang tengah berbagi ilmu untuk orang tua bagaimana mendidik anak-anak. Kegiatan perempuan berparas cantik ini dilakukan di Sekolah Surya Bangsa di Karawaci, Tangerrang, Sabtu (25/8/2018). Berikan kesempatan

Indonesiaku

Masyarakat di Asia Pasifik Merayakan Valentine’s Day

Happy Valentine’s Day (Ist) Menurut survei terbaru Mastercard bertajuk Consumer Purchasing Priorities, tahun ini akan menjadi Hari Kasih Sayang (Valentine’s Day) yang paling ramai dengan setengah dari masyarakat di Asia

Tour Package

Sumbar yang Kaya Potensi Wisata Jadi Tuan Rumah HPN 2018

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kanan) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut Sumatera Barat (Sumbar) kaya akan potensi wisata alam dengan ditambah masih kuatnya nilai adat leluhur yang dipegang masyarakatnya. “Sumatera

Cuisine

‘Potensi Wisata Bahari Indonesia Tinggi’

Nawang Wulan (Ist) Putri Pariwisata Indonesia Nawang Wulan memunyai pandangan menarik mengenai wisata bahari Indonesia. Baginya, potensi wisata bahari Nusantara sangat tinggi sehingga harus terus dipromosikan sebagai upaya meningkatkan kunjungan

World Heritage

Wisata Halal Kebanggaan Indonesia

Penerima World Halal Tourism Awards 2016 (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama CEO International Travel Week Abu Dhabi Andy Buchanan menyerahkan piagam penghargaan World Halal Tourism Awards (WHTA) 2016 kepada Gubernur