Masyarakat Kepulauan Seribu Mulai Nikmati Kapal Perintis

Kep 1000

Kapal yang ada di Kepulauan Seribu

Masyarakat di Kepulauan Seribu tidak lama lagi akan menikmati layanan kapal perintis. Kapal KM Sabuk Nusantara 46 dengan tipe 200 Deadweight Tonnage (DWT) yang dioperasikan oleh PT Pelni telah disiapkan Kementerian Perhubungan untuk melayani masyarakat di Kepulauan Seribu.

Berdasarkan siaran pers yang diterima patainanews.com, Rabu (27/1/2016,) kapal tersebut melayani rute, Sunda Kelapa (sebagai pelabuhan pangkal)-Pulau Untung Jawa-Pulau Pramuka-Pulau Tidung-Pulau Kelapa (pergi pulang/pp).

Adapun kapal perintis tersebut mampu mengangkut penumpang hingga 114 orang. Menteri Perhubungan Ignasius Jonan rencananya akan meresmikan pelayaran perdana kapal perintis KM.

Sabuk Nusantara 46 tersebut esok akan diresmikan di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara bersama dengan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Saat ini kebutuhan jasa transportasi laut masyarakat di Kepulauan Seribu cukup tinggi. Sementara sarana transportasi laut yang melayaninya masih sangat terbatas.

Untuk membiayai pengoperasian trayek kapal perintis tersebut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menganggarkan Public Service Obligation (PSO) sebesar Rp5,9 miliar yang berasal dari DIPA pada Satuan Kerja Sunda Kelapa, Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub.

Dengan beroperasinya KM Sabuk Nusantara 46 ini, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan meningkatkan aksesibilitas masyarakat di daerah Kepulauan Seribu dengan tarif yang terjangkau, dan tetap memperhatikan aspek keselamatan.

Selain itu, diharapkan keberadaannya turut mendongkrak perekonomian masyarakat setempat yang ditandai dengan tumbuhnya pusat-pusat perdagangan dan industri di daerah tersebut.

Sementara penugasan kepada PT Pelni untuk mengoperasikan kapal perintis milik negara sebagaimana diamanatkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Pelayanan Publik Kapal Perintis Milik Negara, dilatarbelakangi karena Pelni memiliki pengalaman dalam pengoperasian angkutan laut penumpang dan barang dan memiliki manajemen serta sumber daya yang memadai.

PT Pelni juga merupakan perusahaan BUMN di bidang angkutan laut nasional dalam negeri baik penumpang ataupun barang yang saat ini memiliki jaringan terbesar.

Selain itu, PT Pelni selama ini sudah mempunyai standar pelayanan kepada penumpang termasuk untuk perawatan kapalnya. Sehingga diharapkan, kualitas dan kontinyuitas pelayanan kepada penumpang akan tetap terjaga sepanjang tahun dan tidak mengalami gangguan yang dapat menurunkan pelayanan. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Nature

Pemerintah Serius Kembangkan Wisata Bahari

Menteri Pariwisata Arief Yahya  Presiden Jokowi memasang target untuk mendatangkan 20 juta wisatawan asing ke Indonesia hingga 2019 mendatang. Dan, pemerintah pun merespons dengan bekerja keras mengembangkan potensi beragam wisata

SightSeeing

Lombok Harus Giat Jual Wisata Pulau Seribu Masjid

Pesona Lombok tak hanya sekadar alam yang indah. Destinasi wisata yang ada di Nusa Tenggara Barat (NTB) juga memiliki daya tarik tersendiri yang bisa meningkatkan kunjungan wisatawan, baik dalam negeri

Tourism

Loteng, Destinasi yang Diminati Wisman

Lombok Tengah (Loteng) setelah berdirinya Bandar Udara lnternasional Lombok (BIL) kini menjadi destinasi baru yang banyak diminati wisatawan mancanegara (wisman). Pantai selatan yang indah dan banyak wisata alam air terjun

World Heritage

Yogyakarta bukan Hanya Malioboro

Menikmati Kalibiru (Ist) Yogyakarta bukan hanya Malioboro, Pantai Parangtritis, maupun Candi Prambanan. Menyaksikan Waduk Sermo yang berselimutkan kabut pada pagi hari dan pemandangan mentari yang terbenam di barat saat senja

Slideshow

GM d’Praya Lombok Hotel Undang Arief Yahya

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) bersama General Manager d’Praya Lombok LA Hadi Faishal (Ist) General Manager (GM) d’Praya Lombok Hotel LA Hadi Faishal secara resmi mengundang Menteri Pariwisata Arief Yahya

Slideshow

Wedang Coklat Ala Chef Chitra

Wedang Coklat ala Chef Chitra (Ist) Wedang selama ini dikenal identik sebagai minuman tradisional khas Indonesia, khususnya dari tanah Jawa. Minuman ini pas diminum saat udara dingin lantaran dianggap bisa