Masyarakat Pandeglang Banten Dibekali Cara Mengelola Desa Wisata

Pengembangan Desa Wisata di Pandeglang (Ist)

Masyarakat Pandeglang, Banten, dibekali oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) cara mengelola desa wisata termasuk langkah pengembangan destinasi, penyusunan story telling, dan pembentukan kelompok sadar wisata (pokdarwis).

Asisten Deputi Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan Antar Lembaga Kemenpar Wisnu Bawa Tarunajaya saat kegiatan Pengembangan Desa Wisata di Rumah Makan Cibaru Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten, Sabtu (18/5/2019) mengatakan, pihaknya mengadakan pendampingan dan fasilitasi pelatihan masyarakat desa wisata agar lebih siap menerima wisatawan yang datang.

“Langkah ini juga dilakukan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat desa wisata agar mampu meningkatkan dan mengembangkan desa wisata sebagai implementasi dari sinergi program pengembangan desa wisata,” kata Wisnu dalam siaran pers yang diterima patainanews.com pada akhir pekan lalu.

Wisnu menjelaskan, pengembangan desa wisata, menjadi stimulus positif pertumbuhan perekonomian pedesaan. Dengan itu diharapkan akan ada peningkatan percepatan kesejahteraan masyarakat desa.

Ia mengingatkan bahwa pariwisata merupakan cara tercepat untuk meraup devisa sehingga pariwisata perlu dikembangkan dalam membangun perekonomian desa.

“Artinya ‘multiplier effect’ pariwisata terjadi. Di seluruh negara di dunia, devisa sektor riil akan tumbuh ketika sektor pariwisata tumbuh. Itu sudah terbukti. Di desa pun jelas ini dapat diterapkan,” katanya.

Kegiatan yang diikuti 50 orang ini juga menghadirkan praktisi yang berkompeten di bidangnya seperti praktisi untuk Desa Wisata dan Pengelolaan Akomodasi Ari Ekoprianto, Tuti Rostiati Maulani, dan Nenden Suciyati Sartika.

Sebagai wujud keseriusan, Kemenpar dan Kemendes pun membuat MoU pada 2017 lalu untuk mendukung pembangunan Desa Wisata. Hal tersebut ditindaklanjuti dengan penyusunan Perjanjian Kerja Sama (PKS) bersama Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD).

Saat ini pariwisata merupakan sektor yang paling digalakkan pengembangannya oleh pemerintah. Sektor pariwisata sudah ditargetkan untuk dapat mendongkrak perekonomian masyarakat. Termasuk untuk mendukung sektor lain yang ada di objek wisata tersebut.

“Prinsipnya pengembangan desa wisata berbasis masyarakat, baik budaya maupun alam. Bimbingan teknis ini kita harapkan dapat menambah wawasan masyarakat. Kita mendukung pengembangan desa wisata. Karena lewat desa wisata ini masyarakat akan merasakan dampak ekonominya,” kata Wisnu. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Destinations

Jepang Suka Batik Indonesia

Canting batik (Ist) Beberapa orang Jepang yang mengikuti workshop ‘Experience The Wonderful of Indonesia Through Batik Workshop’ di ASEAN-Japan Centre, Tokyo mengaku suka dengan batik Indonesia. Salah satu peserta workshop

Culture

ICAD 2016 Seven Scenes

grandkemang Jakarta ICAD 2016 (Ist)  Yayasan Design+Art Indonesia berkolaborasi dengan Artura Insanindo, grandkemang Jakarta, Mesa Hotels and Resorts dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali menggelar Indonesian Contemporary Art & Design

All About Indonesia

Kalyana Leather Handbags Konsisten Memadukan Batik Campur dengan Teknologi Laser

Kalyana Leather Handbags (Ist) Berita Foto: Kalyana Leather Handbags merupakan salah satu produk premium tas lokal berasal dari Jawa Timur. Berdiri sejak 2010 silam, Kalyana Leather handbags konsisten mengeluarkan jenis

Festival

Libur Lebaran Keliling Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (ketiga dari kiri) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta masyarakat tidak perlu takut berwisata. Terkait dengan situasi pasca bom Solo, Arief Yahya mengatakan bahwa kondisi berbagai

Indonesiaku

‘UAS Cocok Jadi Cawapres Prabowo’

Zecky Alatas (tengah) (Ist) Ustaz Abdul Somad (UAS) dianggap pas mendampingi Prabowo dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2019 mendatang. Zecky Alatas di kediaman Jenderal TNI (purn) Djoko Santoso (Ist) Hal tersebut

Slideshow

Menikmati Traveling di Tanjung Lesung

Foto: Rombongan Kiswanto dari PT Trakindo di Cilandak, Jakarta selatan menikmati traveling ke Tanjung Lesung, Banten, Sabtu (14/10/2017). Tampak keceriaan ketika mereka menyusuri salah satu destinasi wsiata yang termasuk dalam 10