Maumere, Surga Tersembunyi di NTT

ikat weaving (2)

Pengerjaan tenun ikat yang masih tradisional (Ist)

Indonesia memang menarik bagi wisatawan asing. Itu terbukti lantaran beragam potensi wisata di negeri ini tersebar mulai dari kawasan timur Indonesia hingga wilayah barat negeri ini sehingga destinasi yang sudah terkenal di dunia ini tak hanya sebatas Bali saja.

Ya, sebut saja Maumere yang terletak di Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur. Di Maumere, rupanya potensi wisata beragam. Semua ada di Maumere. Tak hanya Taman Laut di Teluk Maumere yang terkenal dengan keindahannya, ternyata Maumere juga punya potensi wisata religi.

Di Maumere, ada patung Bunda Maria Bunda Segala Bangsa. Tentu tak salah ada wisata religi pada Mei dan Oktober lantaran menjadi dua bulan tersebut menjadi devosi bagi Bunda Maria sebab bagi umat Katolik setiap Mei sebagai bulan Maria dan setiap Oktober sebagai bulan Rosario.

Bagi umat Katolik di Maumere ini tentu merupakan berkat yang tidak terhingga. Sampai sekarang mereka percaya, campur tangan Bunda Maria yang memungkinkan hal itu terjadi.

Maumere juga pernah menjadi tujuan Paus Yohanes Paulus II ketika mengunjungi Indonesia pada 1989 silam. Tak hanya itu, ada juga patung Kristus Raja. Kini Maumere tengah bangkit sejak dilanda gempa dan tsnami pada 1992 silam.

Sementara Taman Laut Teluk Maumere dianggap yang terindah di dunia sebab banyak biota laut yang beda dengan tempat lainnya. Taman Laut di Teluk Maumere ini diminati wisatawan mancanegara, khususnya turis dari Eropa, yakni Spanyol.

Teluk Maumere diperkirakan akan menjadi wisata bahari yang menarik. apalagi tahun depan direncanakan tahun depan aka nada Festival Teluk Maumere.

Menurut Priadi Wibisono, Marketing Manager PT Petrada Widya Radhasa, Maumere sebagai destinasi wisata akan meningkat selepas dilanda tsunami pada 1992 silam.

“Sekarang ada 3 penerbangan terbang ke Maumere dari Denpasar, Wings Air, NAM Air dan Kalstar. Garuda Indonesia akan terbang ke Maumere segera,” ucapnya kepada patainanews.com belum lama ini.

Wisata budaya di Maumere juga tak kalah menariknya sebab ada kain tenun khas yang bisa mempercantik orang yang memakainya. Pengerjaan kain tenun ini terlihat masih tradisional sehingga diperkirakan wisatawan akan terkesan melihat cara pengerjaan kain tenun ini.

Belum lagi legenda setempat yang akan menjadi daya tarik turis untuk datang ke Maumere. Menariknya infrastruktur di Maumere terbilang cukup bagus sehingga memudahkan wisatawan.

Keramahan warga setempat juga membuat Maumere akan menarik minar wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Destinations

‘Terima Kasih Leonardo DiCaprio’

Leonardo DiCaprio disambut anak-anak Ketambe (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya menyampaikan terima kasih kunjungan Leonardo DiCaprio ke Indonesia. Kedatangan aktor papan atas internasional sekelas Hollywood ini ke Aceh memberi berkah

SightSeeing

BWJ Bangun Taman Wisata Laut di Tanjung Lesung

Terumbu Karang PT Banten West Java Tourism Development Corporation (BWJ) sebagai pengelola Kawasan Tanjung Lesung membangun taman laut. “Taman wisata laut di Tanjung Lesung dikerjakan dari Juni dan berakhir di

Tourism

Menikmati Hidup dengan Traveling

Marischka Prudence (Ist) Marischka Prudence diketahui mulai dikenal menjadi travel blogger sejak 2012 silam. Pada masa itu, meski belum seperti saat ini tren melancong sudah mulai terlihat dimana pameran wisata

Nature

Menanti Turis Tiongkok ke Indonesia Usai PATA Travel Mart 2016

Menteri Pariwisata Arief Yahya (ketiga dari kiri) dan SD Darmono, Chairman PATA Indonesia Chapter (paling kanan) (Ist) Indonesia kembali dipercaya menjadi tuan rumah PATA Travel Mart 2016 yang diselenggarakan di

Culture

Mengemas Potensi Wisata Cirebon untuk Wisatawan

Di sela-sela peluncuran KA Ranggajati dengan rute Cirebon-Jember (PP), Selasa (1/11/2016) Hotel Manager Hotel Neo Samadikun Cirebon Gifta Oktavia Rappe foto bersama dengan Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra dan Sultan Kanoman serta

Travel Operator

Wonderful Tanjung Lesung

Tanjung Lesung mendukung Post Tour AJTM ke TMII (Ist) Tanjung Lesung, Banten, destinasi wisata di Indonesia yang termasuk 10 Bali baru diperkirakan akan semakin dikenal di dunia, khususnya Eropa lantaran