Maumere, Surga Tersembunyi di NTT

ikat weaving (2)

Pengerjaan tenun ikat yang masih tradisional (Ist)

Indonesia memang menarik bagi wisatawan asing. Itu terbukti lantaran beragam potensi wisata di negeri ini tersebar mulai dari kawasan timur Indonesia hingga wilayah barat negeri ini sehingga destinasi yang sudah terkenal di dunia ini tak hanya sebatas Bali saja.

Ya, sebut saja Maumere yang terletak di Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur. Di Maumere, rupanya potensi wisata beragam. Semua ada di Maumere. Tak hanya Taman Laut di Teluk Maumere yang terkenal dengan keindahannya, ternyata Maumere juga punya potensi wisata religi.

Di Maumere, ada patung Bunda Maria Bunda Segala Bangsa. Tentu tak salah ada wisata religi pada Mei dan Oktober lantaran menjadi dua bulan tersebut menjadi devosi bagi Bunda Maria sebab bagi umat Katolik setiap Mei sebagai bulan Maria dan setiap Oktober sebagai bulan Rosario.

Bagi umat Katolik di Maumere ini tentu merupakan berkat yang tidak terhingga. Sampai sekarang mereka percaya, campur tangan Bunda Maria yang memungkinkan hal itu terjadi.

Maumere juga pernah menjadi tujuan Paus Yohanes Paulus II ketika mengunjungi Indonesia pada 1989 silam. Tak hanya itu, ada juga patung Kristus Raja. Kini Maumere tengah bangkit sejak dilanda gempa dan tsnami pada 1992 silam.

Sementara Taman Laut Teluk Maumere dianggap yang terindah di dunia sebab banyak biota laut yang beda dengan tempat lainnya. Taman Laut di Teluk Maumere ini diminati wisatawan mancanegara, khususnya turis dari Eropa, yakni Spanyol.

Teluk Maumere diperkirakan akan menjadi wisata bahari yang menarik. apalagi tahun depan direncanakan tahun depan aka nada Festival Teluk Maumere.

Menurut Priadi Wibisono, Marketing Manager PT Petrada Widya Radhasa, Maumere sebagai destinasi wisata akan meningkat selepas dilanda tsunami pada 1992 silam.

“Sekarang ada 3 penerbangan terbang ke Maumere dari Denpasar, Wings Air, NAM Air dan Kalstar. Garuda Indonesia akan terbang ke Maumere segera,” ucapnya kepada patainanews.com belum lama ini.

Wisata budaya di Maumere juga tak kalah menariknya sebab ada kain tenun khas yang bisa mempercantik orang yang memakainya. Pengerjaan kain tenun ini terlihat masih tradisional sehingga diperkirakan wisatawan akan terkesan melihat cara pengerjaan kain tenun ini.

Belum lagi legenda setempat yang akan menjadi daya tarik turis untuk datang ke Maumere. Menariknya infrastruktur di Maumere terbilang cukup bagus sehingga memudahkan wisatawan.

Keramahan warga setempat juga membuat Maumere akan menarik minar wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. (Gabriel Bobby)

 



About author



You might also like

Hotel

Indonesia Promosi Wisata di Selandia Baru

Jelang Natal 2016, Indonesia promosi pariwisata di Selandia Baru (Ist) Indonesia memboyong dan menampilkan mobil parade bertema ‘kapal Phinisi’ dalam event menyambut Natal terbesar di Kota Auckland, Selandia Baru, yakni

Destinations

Keraton Kasepuhan Cirebon Diminati Wisatawan

Wisatawan di Keraton Kasepuhan Cirebon (Ist) Keraton Kasepuhan Cirebon adalah keraton tertua di Indonesia yang bangunan dan arsitekturnya masih asli dan berfungsi hingga sekarang sehingga tidak salah Keraton Kasepuhan Cirebon

World Heritage

Sport Tourism BKT Fun Run 2017 Menuju ASIAN GAMES 2018

Ketua BPPI Yanti Soekamdani melepas peserta BKT Fun Run 2017 (Ist) Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BBPI), dan Walikota Jakarta Timur menggelar lomba lari BKT Fun

World Heritage

The Ranch yang Instagramable

The Ranch (Christabell)  Indonesia memang negeri eksotis yang tidak pernah berhenti membuat wisatawan berdecak kagum dengan berbagai keindahan alam yang disajikan. Indonesia yang disebut negara kepulauan ini tentu memiliki beragam

Cuisine

Jemput Pasar Wisatawan, PT Pelni Operasikan Express Bahari 3B di Kepulauan Seribu

Wisatawan di Kepulauan Seribu (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya memuji PT Pelni yang semakin agresif mengoperasikan kapal-kapalnya untuk mengeksplorasi destinasi wisata di Tanah Air. Salah satunya di Kepulauan Seribu, Jakarta.

Nature

Media Inggris Sebut Indonesia ‘Amazing’

Senja hari di Tanjung Lesung, Banten. Tanjung Lesung termasu 10 Bali baru, destinasi wisata prioritas yang dikembangkan dan dipromosikan pemerintah hingga ke mancanegara (Ist) Media massa mancanegara tak henti-hentinya memuji