Maumere, Surga Tersembunyi di NTT

ikat weaving (2)

Pengerjaan tenun ikat yang masih tradisional (Ist)

Indonesia memang menarik bagi wisatawan asing. Itu terbukti lantaran beragam potensi wisata di negeri ini tersebar mulai dari kawasan timur Indonesia hingga wilayah barat negeri ini sehingga destinasi yang sudah terkenal di dunia ini tak hanya sebatas Bali saja.

Ya, sebut saja Maumere yang terletak di Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur. Di Maumere, rupanya potensi wisata beragam. Semua ada di Maumere. Tak hanya Taman Laut di Teluk Maumere yang terkenal dengan keindahannya, ternyata Maumere juga punya potensi wisata religi.

Di Maumere, ada patung Bunda Maria Bunda Segala Bangsa. Tentu tak salah ada wisata religi pada Mei dan Oktober lantaran menjadi dua bulan tersebut menjadi devosi bagi Bunda Maria sebab bagi umat Katolik setiap Mei sebagai bulan Maria dan setiap Oktober sebagai bulan Rosario.

Bagi umat Katolik di Maumere ini tentu merupakan berkat yang tidak terhingga. Sampai sekarang mereka percaya, campur tangan Bunda Maria yang memungkinkan hal itu terjadi.

Maumere juga pernah menjadi tujuan Paus Yohanes Paulus II ketika mengunjungi Indonesia pada 1989 silam. Tak hanya itu, ada juga patung Kristus Raja. Kini Maumere tengah bangkit sejak dilanda gempa dan tsnami pada 1992 silam.

Sementara Taman Laut Teluk Maumere dianggap yang terindah di dunia sebab banyak biota laut yang beda dengan tempat lainnya. Taman Laut di Teluk Maumere ini diminati wisatawan mancanegara, khususnya turis dari Eropa, yakni Spanyol.

Teluk Maumere diperkirakan akan menjadi wisata bahari yang menarik. apalagi tahun depan direncanakan tahun depan aka nada Festival Teluk Maumere.

Menurut Priadi Wibisono, Marketing Manager PT Petrada Widya Radhasa, Maumere sebagai destinasi wisata akan meningkat selepas dilanda tsunami pada 1992 silam.

“Sekarang ada 3 penerbangan terbang ke Maumere dari Denpasar, Wings Air, NAM Air dan Kalstar. Garuda Indonesia akan terbang ke Maumere segera,” ucapnya kepada patainanews.com belum lama ini.

Wisata budaya di Maumere juga tak kalah menariknya sebab ada kain tenun khas yang bisa mempercantik orang yang memakainya. Pengerjaan kain tenun ini terlihat masih tradisional sehingga diperkirakan wisatawan akan terkesan melihat cara pengerjaan kain tenun ini.

Belum lagi legenda setempat yang akan menjadi daya tarik turis untuk datang ke Maumere. Menariknya infrastruktur di Maumere terbilang cukup bagus sehingga memudahkan wisatawan.

Keramahan warga setempat juga membuat Maumere akan menarik minar wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Tourism

Dukung Asian Games 2018, PM Tiongkok dan Presiden Jokowi Perlihatkan Tiga Maskot

Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang (kiri) Presiden Jokowi (Ist) Dukungan terhadap pelaksanaan Asian Games 2018 bertambah. Kali ini dukungan disuarakan Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang. Dukungan tersebut diungkapkan PM Li

Destinations

Aston Cirebon Hotel Diminati Wisatawan

Aston Cirebon Hotel (Ist) Potensi wisata yang terus berkembang di Cirebon, Jawa Barat membuat minat wisatawan semakin banyak yang tertarik datang ke Kota Wali ini sehingga daerah yang berbatasan langsung

Nature

VITO Perancis Promosi Indonesia

Pameran seni di Paris, Perancis (Ist) Promosi mengenai Indonesia di Perancis tidak akan pernah berhenti dan akan terus berjalan di setiap event berbeda dan di setiap kesempatan yang ada. Karenanya

Heritage

Astira Intan Vernadeina Suka Traveling ke Banyuwangi

Astira Intan Vernadeina Miss Eco International Indonesia 2018 Astira Intan Vernadeina mengaku suka traveling ke Banyuwangi di Jawa Timur. Astira mengemukakan hal tersebut ketika ditemui patainanews.com disela-sela buka puasa bersama

Destinations

Wisman Tetap Kunjungi Bali

Wisatawan menikmati Festival Nusa Penida 2017 (Ist) Pariwisata di Bali kembali bergejolak. Festival Nusa Penida 2017 menarik minat wisman untuk hadir dan dibuat takjub dengan show spektakuler yang melibatkan 1.500

Travel Operator

Ninik Irawan yang Tak Pernah Lelah dalam Pariwisata Indonesia

Ninik Irawan (tengah) dalam ‘Utusan Raja Sulaiman’ Sosok satu ini dikenal begitu aktif ikut serta dalam promosi pariwisata Indonesia. Perempuan berparas cantik ini juga begitu giat dalam melestarikan budaya khas