Maumere, Surga Tersembunyi di NTT

ikat weaving (2)

Pengerjaan tenun ikat yang masih tradisional (Ist)

Indonesia memang menarik bagi wisatawan asing. Itu terbukti lantaran beragam potensi wisata di negeri ini tersebar mulai dari kawasan timur Indonesia hingga wilayah barat negeri ini sehingga destinasi yang sudah terkenal di dunia ini tak hanya sebatas Bali saja.

Ya, sebut saja Maumere yang terletak di Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur. Di Maumere, rupanya potensi wisata beragam. Semua ada di Maumere. Tak hanya Taman Laut di Teluk Maumere yang terkenal dengan keindahannya, ternyata Maumere juga punya potensi wisata religi.

Di Maumere, ada patung Bunda Maria Bunda Segala Bangsa. Tentu tak salah ada wisata religi pada Mei dan Oktober lantaran menjadi dua bulan tersebut menjadi devosi bagi Bunda Maria sebab bagi umat Katolik setiap Mei sebagai bulan Maria dan setiap Oktober sebagai bulan Rosario.

Bagi umat Katolik di Maumere ini tentu merupakan berkat yang tidak terhingga. Sampai sekarang mereka percaya, campur tangan Bunda Maria yang memungkinkan hal itu terjadi.

Maumere juga pernah menjadi tujuan Paus Yohanes Paulus II ketika mengunjungi Indonesia pada 1989 silam. Tak hanya itu, ada juga patung Kristus Raja. Kini Maumere tengah bangkit sejak dilanda gempa dan tsnami pada 1992 silam.

Sementara Taman Laut Teluk Maumere dianggap yang terindah di dunia sebab banyak biota laut yang beda dengan tempat lainnya. Taman Laut di Teluk Maumere ini diminati wisatawan mancanegara, khususnya turis dari Eropa, yakni Spanyol.

Teluk Maumere diperkirakan akan menjadi wisata bahari yang menarik. apalagi tahun depan direncanakan tahun depan aka nada Festival Teluk Maumere.

Menurut Priadi Wibisono, Marketing Manager PT Petrada Widya Radhasa, Maumere sebagai destinasi wisata akan meningkat selepas dilanda tsunami pada 1992 silam.

“Sekarang ada 3 penerbangan terbang ke Maumere dari Denpasar, Wings Air, NAM Air dan Kalstar. Garuda Indonesia akan terbang ke Maumere segera,” ucapnya kepada patainanews.com belum lama ini.

Wisata budaya di Maumere juga tak kalah menariknya sebab ada kain tenun khas yang bisa mempercantik orang yang memakainya. Pengerjaan kain tenun ini terlihat masih tradisional sehingga diperkirakan wisatawan akan terkesan melihat cara pengerjaan kain tenun ini.

Belum lagi legenda setempat yang akan menjadi daya tarik turis untuk datang ke Maumere. Menariknya infrastruktur di Maumere terbilang cukup bagus sehingga memudahkan wisatawan.

Keramahan warga setempat juga membuat Maumere akan menarik minar wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Cuisine

The Magical Journey di Hotel Santika Premiere ICE BSD City

The Magical Journey (Ist) Tahun 2019 sudah didepan mata. Berbagai tempat dan destinasi wisata  mulai berlomba menawarkan berbagai acara perayaan tahun baru yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari pesta kembang

Nature

Diplomasi Kopi Ala Moeldoko

Moeldoko (kiri) (Ist) Kopi menjadi salah satu ujung tombak diplomasi ketika Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko memimpin delegasi Indonesia dalam pertemuan KTT OGP Summit di Georgia 15 hingga 17 Juli

World Heritage

Apresiasi Kinerja Gubernur NTB Bawa RI Berjaya dalam World Halal Travel Awards 2015

Indonesia berjaya dalam World Halal Travel Awards 2015 (Ist) Wakil Ketua PHRI Nusa Tenggara Barat (NTB) LA Hadi Faishal menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap kinerja Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi

Slideshow

Jangan Lupa Pempek Saat Melihat GMT 2016 di Palembang

Pempek Tince (Ist) Fenomena alam langka, gerhana matahari total (GMT) 2016 yang akan terjadi di Indonesia pada Rabu, 9 Maret mendatang tersebar di 12 provinsi. Salah satunya terjadi di Palembang,

Hotel

Garuda Indonesia Dukung Pengembangan Pariwisata Danau Toba

Garuda Indonesia (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya lagi-lagi menekankan 3A untuk membangun destinasi Dato alias Danau Toba. Tiga unsur yang tidak bisa ditunda-tunda dalam pengembangan destinasi itu adalah Atraksi, Akses

Slideshow

Festival Bale Nagi Larantuka Promosikan Wisata Religi di NTT

Wisata religi di Larantuka (Ist) Festival Bale Nagi yang menjadi rangkaian ritual religi Semana Santa di Larantuka Ibukota Kabupaten Flores Timur menjadi upaya tersendiri untuk mempromosikan wisata religi di Nusa