Media Asing Ceritakan Obama Mudik di Indonesia

WhatsApp Image 2017-06-30 at 20.20.28

Barack Obama (kiri) dan Presiden Jokowi (Ist)

Kunjungan Barack Obama ke Indonesia tak luput dari perhatian media massa asing. Perhatian mediia asing menambah lengkap informasi mengenai negeri ini sehingga bisa mendorong wisatawan mancanegara, termasuk dari Amerika Serikat tak perlu ragu untuk datang ke Indonesia.

Daily Mail Inggris menyebut Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama tampak rileks saat mengunjungi Borobudur. Bercelana jeans dan kaus berkerah yang dipadu sepatu kasual. Sementara New York Times juga mengabarkan liburan Obama di Indonesia dari rafting di Sungai Ayung sampai Borobudur.

“Obama and Family Move From Bali to Java on Indonesia Holiday,” tulis New York Times tentang liburan Obama di Yogyakarta dalam siaran pers yang diterima patainanes.com belum lama ini. Washington Post juga memajang artikel yang sama dengan New York Times.

Keduanya memang mengutip pemberitaan dari kantor berita Associated Press. “Terima kasih Obama, betul-betul meng-endors pariwisata Indonesia,” papar Menteri Pariwisata Arief Yahya. Menteri Pariwisata Arief Yahya memuji Presiden AS ke-44 itu yang hobi adventure.

Barack Obama bukan hanya hadir berlibur ke Bali dan Borobudur tapi juga menduniakan destinasi-destinasi buat liburan keluarga ke mancanegara. “Mr Obama adalah endorser yang kuat dan sukses mempromosikan terasering dan subak Jatiluwih Tabanan, rafting di Sungai Ayung Badung, Tirta Embul Tampaksiring Gianyar, Museum Arma di Ubud, Borobudur, Prambanan dan Wonderful Indonesia,” jelas Arief Yahya.

Destinasi itu oleh Menpar Arief langsung dikemas untuk paket-paket yang bisa dijual ke travelers Amerika dan Eropa, dan penggemar Obama yang masing sangat ngetop. Persis perlakuannya dengan Raja Salman Arab Saudi yang ditindak lanjuti dengan promosi ke pasar Timur Tengah, dengan menciptakan destinasi #NapakTilas.

Karena itu, menapak tilas destinasi liburan keluarga Obama di Bali dan Jogja-Jawa Tengah itu sangat strategis. “Sejauh ini, ketika dieksplorasi lebih dalam, napak tilas Obama selama di Indonesia itu sendiri sudah memiliki news value yang besar. Indirect Impact nya besar. Media valuenya besar,” tutur Arief Yahya.

“Kami berterima kasih yang tak terhingga pada Pak Obama. Khusus untuk ke Jogja dan Jakarta, sebenarnya kunjungan ini boleh dikatakan ‘pulang kampung’ , dan karena waktunya bersamaan dengan Lebaran, maka tidak salah kalau disebut wisata mudik,” kata Arief Yahya.

Selain itu, tema kunjungan mantan Presiden AS itu kali ini adalah liburan, wisata, bersama keluarga dan destinasinya Bali, Yogyakarta dan Jakarta, termasuk Borobudur dan Prambanan itu. “Pilihan Obama ke Indonesia saja itu sudah membanggakan kami! Diantara begitu banyak pilihan destinasi lain di dunia. Sebagai tokoh dunia, Obama betul-betul layak menjadi endorser bagi Borobudur, Prambanan, Bali dan Wonderful Indonesia,” urainya.

Coverage media massa internasional akan kegiatan Obama dan keluarga itu juga sangat kuat. Dari Bali, media Inggris, Amerika, Australia, Malaysia mengangkat dalam tema yang sangat bersahaja. “Yakni liburan adventure dengan trekking di Jatiluwih dan rafting di Sungai Ayung,” jelasnya.

Di Yogyakarta meskipun singkat, juga punya impact yang kuat. “Pesiarnya yang singkat di Yogyakarta membuktikan bahwa terkadang Anda hanya perlu pulang ke rumah lagi,” tulis Vogue dalam berita berjudul President Obama’s Trip to an Ancient Indonesian City Had a Deeply Personal Meaning. (http://www.vogue.com/article/president-obama-indonesia-visit).

Borobudur betul-betul menjadi tujuan pertama dalam jadwal liburan Obama di Yogyakarta. “First on their itinerary for the two-day visit was Borobudur, a ninth-century Buddhist temple complex,” tulis laman Guardian. (Gabriel Bobby)





About author



You might also like

Heritage

Turis Eropa Suka ke Bantaeng

Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah (kedua dari kiri) dan President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (ketiga dari kanan) (Ist) Wisatawan asal Eropa, seperti dari Belanda dan Jerman ternyata suka traveling ke

Destinations

Ramadan Tiba, Aceh Jual Destinasi Wisata Islami Dunia

Aceh tak berhenti mempromosikan sebagai destinasi wisata religius. Memanfaatkan momen bulan Ramadan, Pemerintah Kota Banda Aceh bersama PATA Indonesia Chapter yang didukung PATA Indonesia Chapter Aceh Regional semakin giat mengembangkan

Tour Package

Permintaan Tinggi, NIDA Rooms Perpanjang Program Diskon

Wisatawan bisa berlibur ke Pulau Dewata, termasuk melihat Keris Bali dengan menginap di hotel memanfaatkan hotel yang menjadi mitra NIDA Rooms di Indonesia (www.ninaflynnphotography.com) NIDA Rooms, ‘virtual hotel operator’ yang

Tour Package

Bengkulu Promosi Pariwisata

Launching Calendar of Events Pariwisata Bengkulu 2018 (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah melakukan launching Calendar of Events Pariwisata Bengkulu 2018 di Balairung Soesilo

Destinations

KLM Apresiasi JAS

Logo JAS Airport Services (Ist) Setelah menerima penghargaan beruntun dari maskapai Cathay Pacific, Cathay Dragon dan Eva Air atas kinerja perusahaan di 2016, kini giliran KLM memberikan tiga penghargaan sekaligus

Travel Operator

2016, Target 12 Juta Wisman Tercapai

Tabel Kunjungan Wisatawan Mancanegara (Wisman) ke Indonesia Sepanjang 2016 (Ist) Kementerian Pariwisata berhasil merealisasikan target 12 juta wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada 2016 lalu. Tak salah pemerintah menaikkan target