Mei, Yacht Australia ke Pulau Cinta

pulau cinta

Pulau Cinta di Gorontalo (Ist)

40 yacht dikabarkan bakal memasuki kawasan timur Indonesia. Mereka berasal dari Filipina dan Australia rencana menuju Pulau Cinta, Gorontalo.

“Kami terus berbenah, perbaiki destinasi menjelang kedatangan perahu yacht rally, yang jumlahnya 40 layar yang akan datang seminggu di Pulau Saronde Gorontalo. Mereka confirm akan datang Mei dan September,” ujar Kepala Dinas Gorontalo Jamal Nganro didampingi Kasi Promosi dan Informasi Gorontalo, Fahmi Ihsan dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Jamal menjelaskan, sekitar 120 orang akan mendarat dan singgah di Pulau Saronde yang terkenal berpasir putih itu. “Mereka akan juga akan berwisata ke Pulau Cinta yang terkenal di Gorontalo. Ini pulau sangat seksi karena pasirnya membentuk lambang love, seperti daun cinta,” tambah Fahmi.

Bukan itu saja, pada 12 Maret mendatang, kapal cruise dari Australia juga akan berlayar mendekat ke Pulau Saronde. “Ada pula cruise dari Darwin, Australia yang akan berlayar dan menurunkan sekocinya dan sekocinya terus bersandar ke Pulau Saronde. Kami tidak ada pelabuhan, namun kami punya pulau yang bagus. Makanya mereka hanya menurunkan sekoci saja, ini diprediksi penumpang lebih dari 500 orang,” ujarnya.

Setelah mendarat, mereka akan menikmati pantai dan pasir putih yang memukau, spot dive yang indah dan bermalam di cottage dan resto yang sudah dikelola profesional.

“Kami juga akan sambut dengan tarian budaya Longgo dan jamuan kuliner khas Gorontalo serta pagelaran tari-tarian dan tentunya mereka sambil menikmati istirahat berjemur,” ujar Fahmi.

Pemerintah kini memberikan kemudahan untuk masuknya kapal pesiar dan yacht yang membawa wisatawan mancanegara untuk berlibur ke Indonesia. Untuk mendukung langkah itu, pemerintah pun kini menyediakan 18 pelabuhan sebagai pintu keluar dan masuk kapal pesiar di Indonesia.

“Perpres No 105 Tahun 2015 yang dikeluarkan Presiden Jokowi ini diberlakukan untuk mempermudah kapal pesiar dan yacht asing yang membawa wisatawan mancanegara untuk masuk ke wilayah perairan Indonesia. Ini untuk meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara masuk ke Indonesia yang tentunya akan menambah devisa bagi Indonesia,” ungkap Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Wisata Alam dan Buatan Kemenpar Azwir Malaon.

Lebih lanjut dijelaskan Azwir, selain memberikan kemudahan masuk keperairan Indonesia, Perpres 105 Tahun 2015 juga mengatur kemudahan untuk pengurusan dokumen CIQP (Custom, Immigration, Quarantine, Port).

“Kemudahan mengurus dokumen CIQP di 18 pelabuhan juga akan dipermudah, sehingga dengan kebijakan ini bisa akan meningkatkan kunjungan kapal pesiar dan yacht ke Indonesia yang kita prediksi bisa mencapai 6.000 kapal pesiar dan yacht sehingga bisa mendatangkan devisa hingga 600 juta dollar AS pada 2018,” tandasnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut gembira rally perahu pesiar dari Australia itu. Lembaga-lembaga pemeringkat dunia sudah berkali-kali menempatkan Labuan Bajo, Raja Ampat, Lombok, Derawan, dan sekitarnya sebagai langganan pemenang.

“Saya tidak khawatir soal atraksi wisata bahari kita di Indonesia Timur, banyak spot diving, snorkeling, dan pantai-pantai indah,” kata Arief Yahya.

Tinggal soal aksesibilitas dan amenitas yang perlu percepatan di sana. Akses itu terkait dengan pelabuhan laut, dermaga, marina yacht, infrastruktur jalan, bandara, dan sarana transportasi menuju ke sana.

“Sedang amenitas itu terkait dengan fasilitas hotel, resto, cafe, convention hall, dan lainnya,” ujar Marketeer of The Year 2013 versi MarkPlus itu. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Heritage

Turis Australia Suka ke Mentawai

Kunjungan wisman ke Sumbar (Ist) Turis asal Australia ternyata suka mengunjungi Kepulauan Mentawai yang ada di Sumatera Barat untuk surfing. Informasi tersebut diperoleh patainanews.com ketika ada di Padang, Selasa (6/2/2018).

Airlines

Naga Lampion Terpanjang di Singkawang

Perayaan Imlek di Singkawang dengan pawai naga lampion terpanjang sebagai primadonanya (Ist) Pesona Indonesia tak pernah berhenti memancarkan atraksi kepariwisataannya. Setelah menampilkan Naga Batik terpanjang se-Asia di Pekan Budaya Tionghoa

SightSeeing

Tiga Strategi Pemulihan SDM Pariwisata Banten Pasca-Tsunami

Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Bupati Pandeglang Irna Narulita (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arieh Yahya menerapkan tiga strategi pemulihan sumber daya manusia (SDM) yang bergerak di sektor pariwisata Banten pasca-tsunami

Cuisine

Indonesia Serius Sambut GMT 2016

Press Conference GMT 2016 (Ist) Fenomena alam yang langka, gerhana matahari total (GMT) 2016 yang terjadi pada 9 Maret mendatang tidak hanya dapat dilihat di daratan, namun juga dari laut

SightSeeing

2019, Sascha Poespo Punya Galeri di Bali

Tim Metcalf, Creative Director TimiSachi (berdiri) dan Sascha Poespo, seorang Fashion Creator (Ist) Sascha Poespo, orang Indonesia yang menetap di Australia akan mengupayakan FashionArt Show diadakan rutin setiap tahun.Sascha Poespo, orang

All About Indonesia

Jogja Fashion Rendezvous 2017 akan Sukses

JFR 2017 (Ist) Penyelenggaraan Jogja Fashion Rendezvous (JFR) 2017 sudah di depan mata. Event besar yang beruapaya membawa Yogyakarta juga menuju destinasi wisata fashion di Indonesia sebab Jogja Fashion Rendzvous (JFR)