‘Melalui KRIJA Indonesia, Turis Malaysia akan Jalan-Jalan ke Nusantara’

enny kwan

KRIJA Indonesia, boneka yang menggunakan pakaian adat khas Nusantara (Ist)

Enny Kwan, pemilik Red Cherry Clay & Art Workshop menyatakan bahwa melalui KRIJA Indonesia, tak menutup kemungkinan turis asal negeri jiran, Malaysia akan berkunjung ke negeri ini.

“Turis asal Malaysia akan semakin mengetahui Indonesia setelah datang langsung ke Melaka di Malaysia untuk membeli suvenir dan handicraft khas Nusantara. Bahkan, mereka tak menutup kemungkinan bisa jalan-jalan ke Indonesia,” urainya ketika dihubungi patainanews.com, Selasa (30/1/2018).

Ia mengungkapkan, mulai awal tahun ini kesepakatan kerja sama ini sudah terealisasi. “Sebelumnya mulai akhir tahun 2017 kami sudah sepakat untuk kerja sama di Malaysia,” jelasnya.

Enny, demikian ia kerap disapa mengemukakan, produk Indonesia sering dipandang sebelah mata di dalam negeri. Sementara permintaan sangat tinggi datang dari market Asia Pasifik dan Eropa-Australia untuk produk kerajinan tangan negeri ini.

“Dari hasil meeting dan riset pasar di Malaysia, saya memutuskan untuk membuka kantor KRIJA INDONESIA edisi luar negeri di negara itu, yang akan menjadi pintu gerbang pemasaran dan keluarnya produk kraf tangan Indonesia ke Asia Pasifik dan Eropa,” paparnya.

Perempuan berparas cantik ini mengungkapkan bahwa dirinya bekerja sama dengan pihak galeri seni di Melaka sebagai partner. “KRIJA INDONESIA akan menjadi media antara crafter Indonesia dan klien internasional,” ucapnya.

Langkah pertama, lanjutnya hargailah produk kraf tangan buatan negeri sendiri. “Baru kita bisa membanggakannya pada dunia internasional yang justru berlomba-lomba memburu produk Indonesia,” katanya. Enny mengaku dirinya pernah menetap di negeri orang.

“Dan, tinggal lama di negara orang justru saya tahu bahwa produk Indonesia itu dengan desain unik dan kualitas bagus banyak dicari. Itu yang kadang bikin saya gemes dengan sikap orang yang justru malu memakai produk dalam negeri,” urainya.

Menurutnya, kalau bukan orang Indonesia yang bangga dengan produk lokal sehingga tidak perlu terjadi ada orang asing yang mengklaim itu milik mereka. “Indonesia itu surga, pusatnya rempah-rempah, tanah subur dan seni budaya yang tinggi,” ujarnya.

Enny dengan penuh semangat mengutarakan, Indonesia itu terlalu hebat dan sangat ditakuti dunia jika suatu waktu negeri ini bangkit sepenuhnya. Adapun pariwisata Indonesia selama tak bisa lepas dari budaya khas Nusantara dan kearifan lokal yang beragam terus dipromosikan hingga ke mancanegara.

Adalah Enny Kwan, perempuan berparas cantik ini diketahui ikut terlibat dalam upaya mempromosikan potensi pariwisata Indonesia ke negeri jiran, Malaysia. Rupanya Enny, begitu ia biasa disapa punya cara yang cukup unik untuk memperkenalkan pariwisata Indonesia di Malaysia, yakni melalui boneka yang dikemas dengan tampilan khas Indonesia.

“Saya diajak kerja sama dengan seorang teman di Melaka, Malaysia untuk mengisi dan memperindah galeri yang ada di sana dengan boneka yang memakai pakaian adat khas Nusantara, seperti dari Bali, Jawa, dan Padang,” katanya ketika ditemui patainanews.com di Jakarta, Selasa (23/1/2018).

Boneka adat khas Indonesia itu diberi label KRIJA Indonesia. Adapun Enny diberikan kesempatan untuk mengisi Calanthe Artisan Loft No 16 Jalan Tun Tan Cheng Lock, Melaka, Malaysia. “Galeri itu terletak di Jonker Street, kawasan wisata yang terkenal di Melaka dan banyak didatangi turis,” paparnya.

Enny mengaku bersyukur mendapat kesempatan untuk ambil bagian mempromosikan pariwisata Indonesia di negeri jiran, Malaysia. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Destinations

Pariwisata Swiss van Java Bakal Mendunia

Menteri Pariwisata Arief Yahya membuka Gebyar Pesona Budaya Garut 2018 didampingi Pjs Bupati Garut Koesmayadi Tatang Padmadinata dan Wakil Ketua Komisi X DPR Ferdiansyah di Garut, Kamis (22/2/2018) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya

Slideshow

Karnaval Jalan Cantik dan Keren Nusantara 2016

Menteri Pariwisata Arief Yahya (batik) (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggandeng Pemprov DKI Jakarta, Lions Clubs International, dan Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) menyelenggarakan Karnaval Jalan Cantik & Keren Nusantara 2016. Penyelenggaraan

Tour Package

SheTrades Workshop: Digital Marketing and E-Commerce

Irma Sustika (Ist) Womanpreneur Community (WPC), komunitas perempuan Indonesia mengenai entrepreneurship sekelas usaha UMKM mendapat kabar baik untuk menembus pasar dunia lantaran WPC menerima undangan khusus dari ITC UN (International

Culture

Perlu Dukungan Pemerintah untuk Pelaku Industri Perkenalkan Batik ke Dunia

Lindy Ann Umarhadi (tengah) diapit model Batik Lindy Ann (Ist) Para pelaku bisnis batik nasional meminta dukungan pemerintah untuk semakin giat memperkenalkan batik Indonesia agar semakin banyak masyarakat dunia yang

Destinations

Guruku, Pahlawanku dan Inspirasiku

Hotel Desa Wisata di TMII (Ist) Bagi bangsa Indonesia, Agustus adalah bulan spesial lantaran negeri ini setiap tahun tepatnya pada 17 Agustus masyarakat Indonesia selalu di seluruh dunia memeringati HUT

Hotel

Menanti Emirates Terbang ke Lombok

Wisatawan mancanegara di Pantai Kuta, Lombok  Kalau tidak punya background pebisnis, tidak mudah bernegosiasi dengan petinggi Emirates Airlines! Apalagi ‘mendikte’ maskapai penerbangan milik Uni Emirat Arab yang bermarkas di Dubai