Memaknai HUT RI ke-71 dengan PATA Travel Mart 2016

PATA HUT RI

Dirgahayu RI ke-47

Bangsa Indonesia dua hari lagi akan memeringati HUT RI ke-71. Dan, negeri ini kini dipimpin Presiden Jokowi yang memasang target 20 juta wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia hingga 2019 mendatang.

Ya, memang bukan perkara mudah. Kendati demikian, optimistime terus diperlihatkan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Tak tanggung-tanggung, mantan orang nomor satu di PT Telkom Tbk ini menargetkan tahun depan pariwisata Indonesia bisa mengalahkan negeri jiran, Malaysia.

Arief Yahya mengutarakan bahwa dalam sektor pariwisata, negeri jiran, Malaysia menjadi ‘musuh’ bersama negeri ini untuk dikalahkan lantaran potensi wisata Indonesia lebih bagus dan lebih banyak ketimbang yang dimiliki negeri jiran itu.

Dan, itu bukan pekerjaan mudah. Harus diakui tak semudah membalikkan telapak tangan. Meski demikian, asa itu masih tetap ada.

Presiden Jokowi juga dikenal concern dalam sektor pariwisata nasional. Menariknya nasib pariwisata di era pemerintahan Jokowi sepertinya mengalami perbaikan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Presiden Jokowi menomorsatukan pembangunan pariwisata. Kini pariwisata Indonesia menjadi leading sector pembangunan.

Patut bangga tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016 di venue Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten pada 7 hingga 9 September mendatang.

Sebagai tuan rumah, beragam keuntungan diperoleh Indonesia, yakni membangun network antara pelaku bisnis pariwisata di Indonesia dengan pelaku bisnis pariwisata anggota PATA.

Tak hanya itu, membangun citra dan reputasi pariwisata Indonesia di mata internasional, utamanya negara-negara anggota PATA dan memberikan kesempatan sekaligus edukasi kepada pelaku usaha dari seluruh provinsi di Indonesia untuk mengikuti ajang bursa pariwisata (travel mart) tingkat internasional.

Bahkan, Indonesia mendapat news value Indonesia sebagai tuan rumah PATA Travel Mart 2016 di venue ICE. Selain itu, Indonesia bakal menjadi fokus perhatian para pelaku industri pariwisata mancanegara dari 60 negara dengan menggelar PATA Travel Mart 2016 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten pada 7 hingga 9 September mendatang.

PATA Travel Mart merupakan bursa pariwisata yang bersifat murni B to B (business to business) yang bentuknyaappointment antara buyer dan seller (pre matched appointment) sehingga akan terjadi transaksi penjualan paket perjalanan wisata.

Adapun pelaku industri pariwisata nasional memanfaatkan ajang PATA Travel Mart 2016 untuk menjual paket wisata sehingga bisa meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia, terutama dari kawasan Asia Pasifik.

PATA Travel Mart 2016 akan diliput media massa nasional dan internasional sehingga memberikan dampak positif bagi Indonesia (value added) sehingga destinasi wisata Indonesia akan menjadi trending news yang tinggi.

Multiplier effect PATA Travel Mart 2016 membuka peluang bisnis bagi hotel, cendera mata, transportasi lokal, restoran, dan lainnya sehingga bisa membuat semakin maju pariwisata Indonesia yang akan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional yang dapat memberikan kesejahteraan masyarakat negeri ini. Dirgahayu RI ke-71! (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Tourism

Trusmi, Batik Kebanggaan Cirebon

Proses pembuatan batik Trusmi  Mengunjungi kawasan wisata batik Trusmi sepertinya tak boleh dilewatkan ketika berada di Cirebon, Jawa Barat. Desa Trusmi memang merupakan salah satu sentra industri batik di Tanah

Tour Package

Budi Daya Salak Tanjung, CSR BWJ untuk Masyarakat Desa Tanjung Jaya

Di Tanjung Lesung, wisatawan juga bisa menikmati wisata bahari, seperti diving (Ist) Sebagai salah satu bentuk komitmen untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat desa di sekitar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata

Destinations

Membangun Potensi Wisata Kepulauan Seribu

Imelda Budiman (Ist) Kepulauan Seribu yang termasuk wilayah DKI Jakarta kini tengah gencar mempromosikan potensi wisata yang ada, termasuk wisata bahari. Tak salah wisata bahari menjadi andalan Kepulauan Seribu sebab

Slideshow

HUT RI, Chef Chitra Suguhkan Talam Ubi Merah Putih

Negeri ini terus bertambah usia. Dan, tahun ini masyarakat Indonesia akan memeringati HUT RI ke-70. Sudah menjadi tradisi, masyarakat merayakan kemerdekaan dengan beragam cara. Tak ketinggalan sosok chef satu ini

Tourism

Perlu Dicarikan Solusi Transportasi untuk Wisatawan Jika Bandara Ditutup

Yoseph Umarhadi (kanan) (Ist) Pemerintah perlu memikirkan untuk mencari solusi transportasi alternatif bagi wisatawan jika bandar udara yang ada di sekitar destinasi wisata di Indonesia ditutup karena terjadi erupsi gunung

Festival

Murni Wisata Gelar Capacity Building Farmasi UI ke Cirebon

Goa Sunyaragi di Cirebon (Ist) PT Murni Wisata Mandiri yang tergabung dalam konsorsium Mutiara Indonesia dipercaya karyawan, dosen, dan dekan Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (UI) untuk menggelar ‘Capacity Building’ ke Cirebon,