Memaknai HUT RI ke-71 dengan PATA Travel Mart 2016

PATA HUT RI

Dirgahayu RI ke-47

Bangsa Indonesia dua hari lagi akan memeringati HUT RI ke-71. Dan, negeri ini kini dipimpin Presiden Jokowi yang memasang target 20 juta wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia hingga 2019 mendatang.

Ya, memang bukan perkara mudah. Kendati demikian, optimistime terus diperlihatkan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Tak tanggung-tanggung, mantan orang nomor satu di PT Telkom Tbk ini menargetkan tahun depan pariwisata Indonesia bisa mengalahkan negeri jiran, Malaysia.

Arief Yahya mengutarakan bahwa dalam sektor pariwisata, negeri jiran, Malaysia menjadi ‘musuh’ bersama negeri ini untuk dikalahkan lantaran potensi wisata Indonesia lebih bagus dan lebih banyak ketimbang yang dimiliki negeri jiran itu.

Dan, itu bukan pekerjaan mudah. Harus diakui tak semudah membalikkan telapak tangan. Meski demikian, asa itu masih tetap ada.

Presiden Jokowi juga dikenal concern dalam sektor pariwisata nasional. Menariknya nasib pariwisata di era pemerintahan Jokowi sepertinya mengalami perbaikan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Presiden Jokowi menomorsatukan pembangunan pariwisata. Kini pariwisata Indonesia menjadi leading sector pembangunan.

Patut bangga tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016 di venue Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten pada 7 hingga 9 September mendatang.

Sebagai tuan rumah, beragam keuntungan diperoleh Indonesia, yakni membangun network antara pelaku bisnis pariwisata di Indonesia dengan pelaku bisnis pariwisata anggota PATA.

Tak hanya itu, membangun citra dan reputasi pariwisata Indonesia di mata internasional, utamanya negara-negara anggota PATA dan memberikan kesempatan sekaligus edukasi kepada pelaku usaha dari seluruh provinsi di Indonesia untuk mengikuti ajang bursa pariwisata (travel mart) tingkat internasional.

Bahkan, Indonesia mendapat news value Indonesia sebagai tuan rumah PATA Travel Mart 2016 di venue ICE. Selain itu, Indonesia bakal menjadi fokus perhatian para pelaku industri pariwisata mancanegara dari 60 negara dengan menggelar PATA Travel Mart 2016 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten pada 7 hingga 9 September mendatang.

PATA Travel Mart merupakan bursa pariwisata yang bersifat murni B to B (business to business) yang bentuknyaappointment antara buyer dan seller (pre matched appointment) sehingga akan terjadi transaksi penjualan paket perjalanan wisata.

Adapun pelaku industri pariwisata nasional memanfaatkan ajang PATA Travel Mart 2016 untuk menjual paket wisata sehingga bisa meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia, terutama dari kawasan Asia Pasifik.

PATA Travel Mart 2016 akan diliput media massa nasional dan internasional sehingga memberikan dampak positif bagi Indonesia (value added) sehingga destinasi wisata Indonesia akan menjadi trending news yang tinggi.

Multiplier effect PATA Travel Mart 2016 membuka peluang bisnis bagi hotel, cendera mata, transportasi lokal, restoran, dan lainnya sehingga bisa membuat semakin maju pariwisata Indonesia yang akan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional yang dapat memberikan kesejahteraan masyarakat negeri ini. Dirgahayu RI ke-71! (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

World Heritage

Libur Imlek 2569, Turis Tiongkok ke Bali

Turis Tiongkok di Bali (Ist) Pesona pariwisata Bali tidak henti-hentinya menarik wisatawan mancanegara. Yang terbaru, Pulau Dewata dibanjiri 1000 wisatawan asal Tiongkok ketika ada perayaan Imlek 2018.  Kamis (15/2/2018), gelombang

SightSeeing

RI Berpartisipasi di Darkmofo Festival Tasmania

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kedua dari kanan) (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bekerja sama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Melboune berpartisipasi dalam Darkmofo Festival, yang berlangsung  di Kota Hobart, Tasmania,

Festival

Inovasi untuk Menarik Wisatawan Lebih Banyak

Turis asing di Indonesia (Ist) President University bekerja sama dengan PATA Indonesia Chapter mengadakan seminar yang bertemakan Smart Destination – Future Tourism yang bertempat di President Lounge, Menara Batavia. Seminar

Airlines

Solo ‘Dijual’ di Thailand

Bus Tingkat Werkudara di Solo (Ist) Tampilnya Solo pada festival Bo Sang Umbrella Festival 2017 yang digelar di Chiang Mai, Thailand pada 20 hingga 22 Januari mendatang diharapkan mampu semakin

Slideshow

Creating New Cities, Semangat Anak Bangsa Membangun Kota Baru di Indonesia

SD Darmono, Founder Jababeka Group PT Jababeka Tbk selama ini dikenal menjadi top of mind di bidang Kawasan Industri. Sudah lebih dari 27 tahun perusahaan ini berkiprah membangun negeri sehingga

World Heritage

Kampung Lawas Maspati Dipuji BUMN

Rapat kerja Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Kementerian BUMN (Ist) Kesuksesan Kampung Lawas Maspati Surabaya menjadi kampung binaan PT Pelindo III diapresiasi banyak pihak dalam rapat kerja Program Kemitraan