Membanggakan, ‘Wonderful Indonesia’ Berjaya di India

Wonderful-Indonesia-Logo-1 (1)

Logo ‘Wonderful Indonesia’ (Ist)

Country branding ‘Wonderful Indonesia’ menyabet penghargaan dari Outbond Travel Mart (OTM) di Mumbai, India. Padahal selama ini tidak ada penerbangan langsung dari India ke Indonesia, baik dari New Delhi, Mumbai, Bangalore, Chennai, Kalkuta, maupun kota kecil di Asia Selatan itu ke Soekarno Hatta (Jakarta), Ngurah Rai (Denpasar) dan Kuala Namu (Medan).

Semua penumpang dari dan ke India, transit di Singapura dan Kuala Lumpur. “Ini yang ajaib. Karena jumlah wisman asal India yang masuk ke Bali, Jakarta, dan Medan itu sudah di atas 250 ribu di 2015. Rata-rata per hari sudah dua flight. Kami sudah meminta Garuda Indonesia untuk terbang New Delhi-Jakarta, Chennai-Medan, dan Mumbai-Denpasar sejak 2015 lalu semoga direalisasi di tahun ini,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com pada akhir pekan lalu begitu mendengar ‘Wonderful Indonesia’ menyabet penghargaan pada Outbond Travel Mart di Mumbai, India.

Adapun ‘Wonderful Indonesia’ meraih award bergengsi dengan tittle ‘The Winner of The Comprehensive Integrated Participation’. Bursa OTM ini adalah travel market terbesar di India, diikuti oleh banyak negara yang mengincar pasar India.

Jumlah orang kaya India yang berpotensi outbond lebih dari 350 juta orang. Lebih besar dari penduduk Indonesia yang di kisaran 250 juta jiwa.

Critical success factor menggaet pasar turis India adalah direct flight. Itu saja dulu, concern yang harus dikebut,” kata Arief Yahya.

Dalam acara yang digelar di Bombay Exhibition Center itu, paviliun ‘Wonderful Indonesia’ tampak mencolok. Pemerintah memang memainkan konvergensi media untuk mendapatkan impact yang optimal.

Dari media cetak, media luar ruang, media online, media TV, venue pameran, dari tempat registrasi, baik untuk media, buyers, visitors, semua dibungkus dengan logo yang mirip garuda berwarna-warni itu.

Semua media promo, sampai touch screen, digital information screen, di-branding ‘Wonderful Indonesia’. Desain-desain destinasi Bali dengan pura dan pantai-pantai indah cukup mendominasi OTM Mumbai 2016 ini.

“Karena itu masuk akal, Kementerian Pariwisata raih award the winner of The Comprehensive Integrated Participation dari Outbound Travel Mart 2016-Mumbai,” ujar Arief Yahya.

Hanya Indonesia dan Filipina yang mendapatkan piala dan piagam penghargaan itu. Selain itu ada Jepang, Rusia dan Uni Emirat Arab (UEA) yang juga membawa pulang award dari India.

Sementara Malaysia dengan Truly Asia tidak berpartisipasi di Mumbai. “Malaysia tidak partisipasi di OTM Mumbai karena turis dari India yang ke Malaysia drop alias terjun bebas tahun 2015. Mereka menyebut hal itu karena tragedi di Ukraina yang membuat orang takut naik MAS dan ke Malaysia,” jelas Vinsensius Jemadu, Asdep Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kementerian Pariwisata. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Tourism

Tanjung Lesung Workshop Photography

Membuat Foto Layak Jual di Tanjung Lesung Pada 27 Juni lalu, PT Tanjung Lesung Leisure Industry kembali menyelenggarakan acara workshop fotografi yang bertajuk ‘Membuat Foto Layak Jual di Tanjung Lesung’

Airlines

Tas Cantik Batik Fractal Hadiah Kuis patainanews.com

Riana Megawati, Public Relations Officer Hotel Santika Premiere ICE BSD City  menjadi pembaca yang beruntung mendapat satu unit Batik Fractal setelah menjawab lima pertanyaan kuis di patainanews.com mengenai pariwisata Indonesia.

Slideshow

100.000 Turis Asing ke Indonesia Lihat GMT 2016

Jadwal Acara GMT 2016 (Ist) Pemerintah menargetkan bisa mendatangkan 100.000 wisatawan mancanengara (wisman) berkunjung ke Indonesia ketika fenomena alam, gerhana matahari total (GMT) 2016 pada 9 Maret mendatang melewati 12

Hotel

Wisata Bahari di Taman Laut Teluk Maumere

Capa Resort Maumere ikut promosikan Taman Laut di Teluk Maumere (Ist) Indonesia memang dikenal sebagai negara yang memiliki beragam destinasi wisata sehingga banyak orang yang memutuskan untuk berlibur di negeri

Airlines

Teknologi Canggih Pengaruhi Masa Depan Anak

Claudia Ingkiriwang tengah memberikan pemaparan Teknologi terus berkembang dan semakin canggih. Rupanya teknologi canggih itu bisa memberikan pengaruh kepada seorang anak dalam memilih profesi pada masa mendatang sebab pekerjaan orang

Festival

Long Weekend ke Tanjung Lesung Lihat Pengibaran Bendera di Bawah Laut

Bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia, PT Banten West Java Tourism Development (BWJ) sebagai pengembang kawasan pariwisata Tanjung Lesung yang telah diresmikan pengoperasiannya sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) oleh