Membanggakan, Wonderful Indonesia Tembus Gunung Aconcagua

sabar gorky

Sabar Gorky (ketiga dari kiri) (Ist)

Tim Ekspedisi Indonesia Raya membanggakan negeri ini yang membawa country branding, ‘Wonderful Indonesia’ telah menuntaskan misi pendakian Gunung Aconcagua di Mendoza, Argentina.

Para pendaki yang terdiri dari Sabar Gorky, lima anggota Marinir dan tiga pecinta alam termasuk seorang wartawati Kantor Berita Politik RMOL tiba di kaki Aconcagua hari Minggu petang waktu setempat (6/7/2016).

Informasi yang diterima patainanews.com, Kamis (10/3/2016), Sabar dkk disambut Promotor Ekspedisi Teguh Santosa, Manajer Ekspedisi Dar Edi Yoga, dan Asisten Manajer Feril Nawali di Jembatan Horcones pada ketinggian 2.950 mdpl sekitar pkl 19.00.

Adapun sembilan pendaki secara umum dilaporkan dalam keadaan baik. Ya, lelah di wajah mereka hilang setelah bersua dengan tim penjemput dari Jakarta.

Begitu melihat tim penjemput dari jarak 200 meter Sabar Gorky melambai-lambaikan bendera Merah Putih yang diikatkan di tongkat yang menjadi pengganti kaki kanannya.

Sabar Gorky pun tak kuasa menahan haru dan tangis saat berpelukan dengan Teguh Santosa. Begitu juga Widya Victoria, satu-satunya wanita dalam Ekspedisi Indonesia Raya.

Sebuah upacara kecil digelar di sisi jembatan gantung Horcones. Para pendaki dan tim penjemput berdiri dalam lingkaran dan merapatkan badan.

“Sudah selayaknya kita memanjatkan doa dan bersyukur karena atas izin Allah Yang Maha Kuasa kawan-kawan berhasil mendaki Aconcagua dan kembali dengan selamat,” ujar Teguh Santosa.

“Keselamatan itu lebih penting. Kawan-kawan kita di Jakarta juga menyampaikan hal serupa,” sambungnya. Teguh menyampaikan salam dari pendiri Yayasan Artha Graha Peduli Tomy Winata yang secara intensif mengikuti perkembangan pendakian dari hari pertama.

Yayasan AGP adalah pendukung utama ekspedisi ini. Pendukung lain adalah Kementerian Pariwisata, MatahariMall.com, PT Telkom, dan Kosgoro 1957.

Upacara ditutup dengan doa dan nyanyian lagu Indonesia Raya. Usai upacara, Sabar Gorky menyampaikan terima kasih atas perhatian dan kepercayaan para pendukung.

“Kepercayaan dan dukungan ini adalah modal besar bagi saya dan kawan-kawan,” kata Sabar. Komandan Pendakian Letkol Marinir Rivelson Saragih mengatakan para pendaki telah berupaya sekuat mungkin mencapai puncak Aconcagua, di tengah tantangan alam berupa badai dan perubahan suhu yang ekstrem.

Di awal pendakian cuaca cukup bersahabat. Namun memasuki ketinggian 5.000 mdpl para pendaki mulai menghadapi kondisi alam yang keras.

“Kawan-kawan berhasil kembali dengan selamat. Ini sesuai dengan harapan kita semua,” ujarnya. Pada kesempatan yang sama Manajer Pendakian Dar Edi Yoga mengatakan dirinya bangga atas perjuangan semua pendaki.

“Ini adalah kemenangan kita semua. Kita siap menghadapi tantangan dan misi pendakian berikutnya,” ujar Yoga. Setelah mendaki Aconcagua, Tim Ekspedisi Indonesia Raya masih akan berada di Argentina beberapa hari sebelum kembali ke Indonesia.

Tim Ekspedisi Indonesia Raya akan diterima Dubes RI untuk Argentina Jonny Sinaga dan Atase Pertahanan RI Kolonel (Pnb) Budhi Achmadi di Buenos Aires. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

World Heritage

Travel More, Explore More

Turis asing di Lombok (Ist) Kompas Travel Fair (KTF) 2016, sebuah pameran pariwisata persembahan harian Kompas kembali hadir tahun ini. Acara ini berlangsung di Main Lobby dan Plenary Hall, Jakarta

Tourism

Masyarakat NTB Apresiasi Presiden Jokowi Resmikan KEK Mandalika

LA Hadi Faishal (Ist) Masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) menanti pembangunan KEK Mandalika yang sempat terbengkalai selama 29 tahun. Masa penantian yang cukup panjang itu cukup sudah dan terbayar lunas

Heritage

Sumsel Siap Gelar International Musi Triboatton 2016

Jembatan Ampera di Palembang (Ist) Ajang sport tourism Internasional Musi Triboatton 2016 akan digelar pertengahan Mei mendatang, yakni 11 hingga 15 Mei 2016. Ajang ini akan diikuti 20 tim dari

Hotel

Di Lombok, Menteri Pariwisata Berbagi Semangat Digitalisasi Komunikasi Publik

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya kembali mengajak seluruh elemen masyarakat melompat jauh menuju target menjaring 20 juta wisatawan mancanegara pada 2019 mendatang. Caranya lewat Go

Travel Operator

Menanti Chef Degan Mempromosikan Kuliner Indonesia di Perancis

Chef Degan mempromosikan kuliner khas Indonesia di mancanegara (Ist) Degan Septoadji, seorang chef profesional asal Indonesia telah berpengalaman lebih dari 30 tahun di industri boga. Mengenyam pendidikan dan mengawali karirnya di Eropa,

Nature

Sumbar yang Kaya Potensi Wisata Jadi Tuan Rumah HPN 2018

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kanan) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut Sumatera Barat (Sumbar) kaya akan potensi wisata alam dengan ditambah masih kuatnya nilai adat leluhur yang dipegang masyarakatnya. “Sumatera