Membangun Netwoking Menuju Travel Mart Dunia

asita dan catur

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Catur Laswanto (duduk) berfoto bersama dengan Hasiyanna S Ashadi, Ketua ASITA DKI Jakarta dan delegasi AJTM (Ist)

Penyelenggaraan ASITA Jakarta Travel Mart (AJTM) di Jakarta pada 13 hingga 15 September 2016 menyusul PATA Travel Mart 2016 di venue Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten pada 7 hingga 9 September 2016 yang telah usai.

Menariknya AJTM memunyai harapan kedepannya kelak bisa menjadi ajang travel mart berskala internasional sekelas ITB Berlin.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Catur Laswanto berharap debut ASITA Jakarta menyelenggarakan Travel Mart bisa diselenggarakan konsisten setiap tahun sehingga tak menutup kemungkinan menjadi bursa wisata tingkat internasional.

Adapun Catur menghadiri jamuan makan malam bersama para Delegasi ASITA Jakarta Travel Mart (AJTM) 2016 mewakili Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau dikenal dengan panggilan Ahok mengatakan, Pempov DKI Jakarta mendukung inisiatif ASITA Jakarta karena promosi wisata secara gencar harus dilakukan secara konsisten pula.

“Kota Berlin, Jerman setiap tahun dikunjungi ribuan pelaku industri pariwisata dunia dengan terselenggaranya event bursa wisata terbesar di dunia yang dikenal dengan nama International Tourism Bourse (ITB) Berlin sejak puluhan tahun lalu. Bukan tidak mungkin ATJM kelak menjadi event dunia sekelas ITB Berlin,” kata Catur Laswanto di Jakarta, Selasa (13/9/206).

Catur mengaku optimistis bahwa liburan sudah menjadi gaya hidup (life style) warga Jakarta. “Kementerian Perhubungan bersama Kementerian Pariwisata sudah saatnya menghadapi libur panjang minimal tiga hari itu dengan menambah jadwal penerbangan karena warga Jakarta yang sehari-hari sudah jenuh dengan kemacetan lebih memilih berlibur dengan pesawat karena dalam satu-dua jam sudah sampai di berbagai daerah di Indonesia ketimbang dengan transportasi darat,” kata Catur.

Ya, gaya hidup ini perlu ditunjang dengan tersedianya variasi produk wisata yang dihasilkan kalangan industri wisata anggota dari ASITA Jakarta dan Kementrian Pariwisata yang gencar mempromosikan beragam festival budaya di Nusantara sehingga momen libur panjang bisa mendistribusikan wisatawan Nusantara ke berbagai destinasi yang tersebar di Tanah Air.

Sementara Hasiyanna S Ashadi, Ketua ASITA DKI Jakarta menjelaskan AJTM menjadi wadah untuk melakukan networking guna mendukung pemerintah mencapai target 275 juta pergerakan wisatawan Nusantara pada 2019 mendatang.

“Tidak kurang harapan Presiden Jokowi baru baru ini, yang menginginkan pariwisata menjadi salah satu sektor unggulan, tulang punggung penghasil devisa negara tercinta kita Indonesia. Oleh karena itu kalau bukan kita, siapa lagi yang bergerak untuk menjawab tantangan tersebut dan melakukan tindakan nyata dengan AJTM ini,” urainya. (Gabriel Bobby) 





About author



You might also like

Tour Package

Indonesia Promosi Pariwisata di Singapura

Danau Toba, destinasi wisata di Indonesia (Ist) Indonesia diketahui mengikuti ajang Travel Exchange ASEAN Tourism Forum (Travex ATF) 2017 di Singapura. Kementerian Pariwisata hadir di Negeri Singa itu pada 18

Heritage

Borobudur Jadi Centrum Events Pariwisata 2017

Candi Borobudur (Ist) Borobudur tak ingin tertinggal dari Banyuwangi, Solo, dan NTB dalam hal penyelenggaraan event dan festival. Memasuki bulan kedua 2017, destinasi yang sedang dikembangkan menjadi ’10 Bali Baru’

Travel Operator

Incar Wisman, Sumsel Siap Gelar BBTF 2017

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga (kanan) berpose bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Pemerintah provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) siap menjadi pelaksana Bali and Beyond Travel Fair (BBTF)

Slideshow

Kepulauan Seribu Jadi Lokasi Syuting VideoKlip

Jessica Xaviera (Ist) Jessica Xaviera adalah putri musisi senior Iwan Hasan (gitaris jazz dan harp guitar, pendiri dan bandleader band Discus dan Atmosfera, serta arranger musik di album-album band Ungu,

World Heritage

Menteri Pariwisata Janji Promosikan Pariwisata Banten

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya berjanji akan mempromosikan tiga agenda pariwisata unggulan di Banten secara nasional dan dunia. Hal tersebut diungkapkan Menteri Pariwisata saat membuka

SightSeeing

Lombok Harus Giat Jual Wisata Pulau Seribu Masjid

Pesona Lombok tak hanya sekadar alam yang indah. Destinasi wisata yang ada di Nusa Tenggara Barat (NTB) juga memiliki daya tarik tersendiri yang bisa meningkatkan kunjungan wisatawan, baik dalam negeri