Membangun Netwoking Menuju Travel Mart Dunia

asita dan catur

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Catur Laswanto (duduk) berfoto bersama dengan Hasiyanna S Ashadi, Ketua ASITA DKI Jakarta dan delegasi AJTM (Ist)

Penyelenggaraan ASITA Jakarta Travel Mart (AJTM) di Jakarta pada 13 hingga 15 September 2016 menyusul PATA Travel Mart 2016 di venue Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten pada 7 hingga 9 September 2016 yang telah usai.

Menariknya AJTM memunyai harapan kedepannya kelak bisa menjadi ajang travel mart berskala internasional sekelas ITB Berlin.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Catur Laswanto berharap debut ASITA Jakarta menyelenggarakan Travel Mart bisa diselenggarakan konsisten setiap tahun sehingga tak menutup kemungkinan menjadi bursa wisata tingkat internasional.

Adapun Catur menghadiri jamuan makan malam bersama para Delegasi ASITA Jakarta Travel Mart (AJTM) 2016 mewakili Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau dikenal dengan panggilan Ahok mengatakan, Pempov DKI Jakarta mendukung inisiatif ASITA Jakarta karena promosi wisata secara gencar harus dilakukan secara konsisten pula.

“Kota Berlin, Jerman setiap tahun dikunjungi ribuan pelaku industri pariwisata dunia dengan terselenggaranya event bursa wisata terbesar di dunia yang dikenal dengan nama International Tourism Bourse (ITB) Berlin sejak puluhan tahun lalu. Bukan tidak mungkin ATJM kelak menjadi event dunia sekelas ITB Berlin,” kata Catur Laswanto di Jakarta, Selasa (13/9/206).

Catur mengaku optimistis bahwa liburan sudah menjadi gaya hidup (life style) warga Jakarta. “Kementerian Perhubungan bersama Kementerian Pariwisata sudah saatnya menghadapi libur panjang minimal tiga hari itu dengan menambah jadwal penerbangan karena warga Jakarta yang sehari-hari sudah jenuh dengan kemacetan lebih memilih berlibur dengan pesawat karena dalam satu-dua jam sudah sampai di berbagai daerah di Indonesia ketimbang dengan transportasi darat,” kata Catur.

Ya, gaya hidup ini perlu ditunjang dengan tersedianya variasi produk wisata yang dihasilkan kalangan industri wisata anggota dari ASITA Jakarta dan Kementrian Pariwisata yang gencar mempromosikan beragam festival budaya di Nusantara sehingga momen libur panjang bisa mendistribusikan wisatawan Nusantara ke berbagai destinasi yang tersebar di Tanah Air.

Sementara Hasiyanna S Ashadi, Ketua ASITA DKI Jakarta menjelaskan AJTM menjadi wadah untuk melakukan networking guna mendukung pemerintah mencapai target 275 juta pergerakan wisatawan Nusantara pada 2019 mendatang.

“Tidak kurang harapan Presiden Jokowi baru baru ini, yang menginginkan pariwisata menjadi salah satu sektor unggulan, tulang punggung penghasil devisa negara tercinta kita Indonesia. Oleh karena itu kalau bukan kita, siapa lagi yang bergerak untuk menjawab tantangan tersebut dan melakukan tindakan nyata dengan AJTM ini,” urainya. (Gabriel Bobby) 

About author



You might also like

Tourism

Stakeholders Dialogue, Simpul Penggerak Pelabuhan dan Daya Saing Wisata Daerah

Narasumber Stakeholders Dialogue (Ist) Sebagai pintu gerbang perekonomian Jawa Timur dan kawasan timur Indonesia (KTI), Pelabuhan Tanjung Perak memiliki peran strategis dalam menciptakan benchmark pelayanan jasa kepelabuhanan yang prima. Tidak

Slideshow

Terapi Bambu di Bambu Spa Kelapa Gading

Berita Foto: Bambu Spa, perawatan tubuh tradisional yang dikelola secara modern kini hadir di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Bambu Spa ikut melestarikan budaya Indonesia sebab menggunakan produk berkualitas dari kekayaan

Indonesiaku

Nur Mahmudi Didukung Pengacara Spesialis Korupsi

Forum advokat spesialis (Ist) Dua orang pria yang mengaku dari forum advokat spesialis tindak pidana korupsi mendatangi kediaman mantan Wali Kota Depok, Nur Mahmudi Ismail di Perumahan Griya Tugu Asri,

All About Indonesia

ICE Jadi Venue GIIAS 2016

ICE (Ist) Menjelang penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016 pada 7 hingga 9 September mendatang, Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten dipercaya sebagai venue penyelenggaraan event berskala internasional, Gaikindo

World Heritage

Perkembangan Pariwisata di Banyuwangi Membanggakan

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (kemeja putih) dan Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) (Ist) Pengembangan pariwisata di Banyuwangi terus berkembang dan menunjukkan hasil yang membanggakan. Tiga unsur utama pariwisata, yaitu atraksi,

Slideshow

Prestasi Dunia, Kado Manis Satu Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Tidak sia-sia usaha keras Menteri Pariwisata Arief Yahya dan jajaran Kementerian Pariwisata (Kemenpar) selama ini. Tadi malam, dini hari WIB, Wonderful Indonesia menyabet tiga penghargaan