Membangun Potensi Wisata Kepulauan Seribu

imelda

Imelda Budiman (Ist)

Kepulauan Seribu yang termasuk wilayah DKI Jakarta kini tengah gencar mempromosikan potensi wisata yang ada, termasuk wisata bahari.

Tak salah wisata bahari menjadi andalan Kepulauan Seribu sebab kaya akan potensi wisata bahari sehingga menjadi daya tarik Kepulauan Seribu.

Promosi Kepulauan Seribu juga dilakukan melalui pembuatan film. Dalam Sosialisasi 1000 Movie Maker di Jakarta pada Rabu, 31 Agustus lalu, Safri Burhanuddin, Deputi Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya menyampaikan generasi muda perlu ikut mempromosikan potensi Kepulauan Seribu sebagai destinasi wisata bahari.

Ya, Kepulauan Seribu termasuk 10 Bali baru yang menjadi destinasi wisata prioritas pemerintah untuk dipromosikan hingga ke mancanegara sehingga turis asing akan semakin banyak ke Indonesia.

Adapun 10 Bali baru itu Danau Toba Sumatera Utara, Tanjung Kelayang Belitung, Tanjung Lesung Banten, Kepulauan Seribu dan Kota Tua Jakarta, Borobudur Jawa Tengah, Bromo Tengger Semeru Jawa Timur, Mandalika Lombok NTB, Labuan Bajo NTT, Wakatobi Sultra dan Morotai Maltara.

Menariknya promosi Kepulauan Seribu di DKI Jakarta dilakukan dengan film yang berjudul Elang. Adanya film tersebut merupakan upaya mengembangkan potensi pariwisata di Kepulauan Seiribu dilakukan dengan beragam cara.

Film ini akan mengisahkan mengenai potensi pariwisata di Kepulauan Seribu dan kehidupan masyarakat di Kepulauan Seribu.

Adapun Mrs Indonesia World Imelda Budiman juga ikut dalam film tersebut. Rencana film Elang akan tayang pada Maret 2017 mendatang.

Imelda menjelaskan, film Elang ini karya Sineas Muda Indonesia bercerita mengenai seorang anak muda berbakat yang harus berhadapan dengan dua pilihan, yakni ambisi dan moral.

Aktivitanya sebagai Mrs Indonesia World dan pengenalan budaya melalui pariwisata Kepulauan Seribu, makanan dan busana tradisional.

Perempuan berparas cantik ini berperan sebagai Ibunda dari Nabila. “Sejumlah nama menjadi pemain yang mendukung film ini, yakni Lukman Sardi, Maudy Koesnaedi, Nadine Chandrawinata, Ifan Fadillah yang berperan sebagai suami saya, dan Putri M sebaga putri saya,” tulisnya dalam akun media sosial facebook-nya yang dilihat patainanews.com, Selasa (4/10/2016).

Imelda mengatakan bahwa selain menjadi Ibunda Nabila, dirinya juga menjadi Executive Producer film Elang. “Shooting di Kepulauan Seribu akan dilakukan pada Februari 2017 mendatang”.

Imelda mengemukakan bahwa keterlibatan dalam film Elang merupakan kali pertama di Indonesia. Sebagai Mrs Indonesia World, Imelda diketahui aktif mengenalkan budaya melalui pariwisata Kepulauan Seribu, makanan dan busana tradisional.

Imelda menuturkan bahwa dirinya juga akan mengenalkan dan mempromosikan Kepulauan Seribu di luar negeri, khususnya di Amerika Serikat seiring ia terlibat dalam film Elang yang mengangkat mengenai kehidupan masyarakat dan pariwisata Kepulauan Seribu.

Untuk sekadar diketahui, sejumlah pihak, seperti PATA Indonesia Chapter, PT Jababeka Tbk, Sineas Muda Indonesia, Kementerian Pariwisata, Bank Indonesia, Kemenko Perekonomian, Badan Ekonomi Kreatif, Kemenko Maritim dan Sumber Daya, Kemendikbud, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, pemerintah provinsi DKI Jakarta, Kemenko PMK, Bupati Kepulauan Seribu, dan Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu turut mendukung pengembangan dan promosi pariwisata Kepulauan Seribu.

Untuk memperkuat pengembangan potensi pariwisata Kepulauan Seribu sudah dilakukan Gelar Peduli Gerakan 1000 di Jakarta, Senin (20/6/2016).

Sementara patainanews.com menjadi media partner. Dan, Canon pun ikut mendukung dengan berpartisipasi membantu anak-anak di Kepulauan Seribu memotret keindahan destinasi Kepulauan Seribu. (Gabriel Bobby)   

 

 

About author



You might also like

Hotel

Pentingnya SDM untuk Pengembangan Pariwisata Nasional

Langkawi, Malaysia (Ist) Universitas Taylor, Malaysia meraih PATA Grand Award 2015 untuk kategori Pendidikan dan Pelatihan melalui proyek ‘Akademi Pariwisata di Community College Langkawi, Malaysia’. Ini adalah Public Private Partnership

Culture

ITO, Optimisme Kunjungan 20 Juta Wisman

ITO 2018 (Ist) Indonesia Tourism Outlook (ITO) 2018 segera digelar di Jakarta pada 1 November mendatang sebagai upaya untuk menganalisis prospek, peluang, dan mengumpulkan masukkan dari berbagai pihak menuju optimisme

World Heritage

Homestay Membuat Wisatawan Semakin Dekat dengan Pariwisata Indonesia

Kementerian Pariwisata menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata II 2017 (Ist) Pariwisata Indonesia semakin diminati wisatawan Nusantara dan wisatawan mancanegara. Menariknya traveler kini ingin bisa bersentuhan langsung dengan masyarakat yang

Cuisine

Kementerian Pariwisata dan Pemerintah Provinsi Maluku Luncurkan Tour de Molvccas 2017

Launching Tour de Molvccas 2017 (Ist) Kementerian Pariwisata dan Pemeritah Provinsi Maluku meluncurkan Tour de Molvccas 2017, yaitu lomba balap sepeda bertaraf internasional yang akan diselenggarakan di sepanjang pulau Maluku mulai

Destinations

Garuda Indonesia Masuk 10 Besar Airlines Dunia

Maskapai penerbangan nasional, Garuda Indonesia mencetak prestasi membanggakan, ada di posisi 8 Top 20 Best Airlines ff The World 2015 (Ist)

Cuisine

Chairman PATA Indonesia Hadir dalam PATA Annual Summit 2016

Chairman PATA Indonesia Chapter Setyono Djuandi Darmono (kiri) hadir di Guam untuk mengikuti  PATA Annual Summit 2016 dan PATA Executive Board (Ist) Chairman PATA Indonesia Chapter Setyono Djuandi Darmono diketahui