Membangun UKM Dukung Pariwisata Indonesia

WhatsApp Image 2017-06-29 at 15.18.10

Irma Sustika (Ist)

Usaha kecil dan menengah (UKM) di negeri ini terus berkembang. Menariknya UKM di Tanah Air rupanya banyak yang mendukung sektor pariwisata Indonesia. Dukungan dari UKM untuk pariwisata Indonesia dianggap bisa memudahkan traveler untuk membeli oleh-oleh khas ketika berkunjung ke destinasi wisata di Tanah Air.

Seperti diketahui, wisatawan mancanegara ketika berkunjung ke Indonesia tertarik dengan kain khas tradisional Nusantara, seperti Batik. Womanpreneur Community (WPC) diketahui sebagai salah satu wadah UKM yang ikut mendorong pertumbuhan pariwisata di Indonesia melalui budaya khas Nusantara dan kearifan lokal yang dimiliki negeri ini. “UKM yang bergabung di WPC harus punya diferensiasi agar bisa segera berkembang,” kata Irma Sustika, CEO and Founder WPC ketika ditemui patainanews.com di kantornya, Senin (5/6/2017).

Sejumlah member WPC diketahui ada yang meyediakan Batik. Ia menuturkan, UKM yang bergabung di WPC harus mengembangkan kearifan lokal yang ada di daerahnya supaya UKM itu bisa membangun bisnis yang identik dengan daerah tersebut. Menariknya WPC mendapat kesempatan untuk menembus pasar dunia lantaran WPC menerima undangan khusus dari ITC UN (International Trade Center United Nation) bekerja sama dengan Facebook Indonesia dan #SheMeansBusiness, serta didukung Australian Aid, yakni ITC mengadakan pelatihan pemasaran digital dan e-commerce bagi usaha mikro, kecil dan menengah yang dimiliki atau dipimpin pengusaha perempuan di Indonesia.

Demikian diungkapkan Irma. Ia menuturkan, nama kegiatan tersebut adalah SheTrades Workshop: Digital Marketing and E-Commerce yang akan digelar di Jakarta pada 5 hingga 6 Juli mendatang. “Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari inisiatif ITC SheTrades melalui proyek ‘Pemberdayaan Ekonomi Perempuan di Negara-Negara Asosiasi Lingkar Samudera Hindia (IORA)”,” paparnya.

Irma menjelaskan mengenai ITC, yakni badan internasional yang didirikan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) dan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). “ITC membantu usaha kecil dan menengah di negara berkembang dan negara tertinggal untuk menjadi lebih kompetitif dalam pasar internasional, yang mana berkontribusi dalam pembangunan ekonomi yang berkelanjutan,” ucapnya.

“Siapa yang berkesampatan mengikuti Workshop ini ? Untuk kali ini, diutamakan peserta yang bisnisnya berbasis pariwisata dan tehnologi. Untuk bidang pariwisata bisa tour operator (penyelenggara tur), tour guides, penyewaan kendaraan, catering, restoran, event coordination (MICE), budaya, hotel/akomodasi , pariwisata berbasis dampak lingkungan dan pemberdayaan ekonomi, souvenir & handicraft, ecotourism, wisata edukasi, dan hal lain yang menjadi turunan untuk mendukung penguatan pariwisata Indonesia,” urainya.

Melalui seleksi ketat, Ayu Hermanu yang mengaku sejak 2015 silam telah berhasil mencetak ransel anak yang diberi label Cessbi dan diketahui bergabung di WPC termasuk yang terpilih untuk ikut SheTrades Workshop: Digital Marketing and E-Commerce.

Masih ada Tri Utami, pemilik Kedai Timteng Indonesia dan member WPC yang mengusung Tara Kahve, kopi bercita rasa rempah-rempah juga terpilih ikut SheTrades Workshop: Digital Marketing and E-Commerce. (Gabriel Bobby)

 

 

About author



You might also like

Slideshow

Menanti Menteri Pariwisata Hadir di Festival Budaya Lembah Baliem ke-27

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Festival Budaya Lembah Baliem di Wamena, Jayawijaya di Papua disebut sebagai festival tertua di bumi Cendrawasih. Hingga tahun lalu penyelenggaraan ke-26, ironisnya belum pernah satu

Slideshow

Jangan Ragu Menghabiskan Libur Lebaran di NTT

Idul Fitri 1436 H akan segera tiba. Dan, tentunya akan ada libur panjang. Kendati tidak ada persiapan khusus menyambut Lebaran tahun ini, traveler yang ingin menghabiskan waktu libur dan memilih

World Heritage

JAS Siap Sukseskan ASIAN GAMES 2018

Logo ASIAN GAMES 2018 (Ist) Penyelenggaraan event olahraga prestisius di kawasan Asia, ASIAN GAMES 2018 di Indonesia diketahui akan melibatkan tuan rumah bersama, yakni DKI Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan.

Festival

Presiden Jokowi Minta Promosi Wisata Sumba Dikelola Modern

Presiden Jokowi di Sumba Barat Daya, NTT (Ist) Presiden Jokowi menikmati langsung keunikan budaya di Sumba Barat Daya saat menghadiri Parade Kuda Sandelwood dan Festival Tenun Ikat Sumba 2017 di

Culture

Long Weekend Tanjung Lesung Penuh Wisatawan

Di Tanjung Lesung, wisatawan juga bisa menikmati wisata bahari, seperti diving (Ist) Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung, Banten tidak berbeda dengan destinasi wisata lain di Tanah Air. Penuh,

Culture

Indahnya Melestarikan Budaya Indonesia

Berita Foto: Kegiatan IWAPI di Kampung Budaya Ramah Anak di kawasan Megamendung, Bogor, Jawa Barat pada Senin (14/11/2-16) yang melestarikan kain khas tradisional, batik. Acara di Kampung Budaya Ramah Anak